Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Maryam Ayat 62

لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا إِلَّا سَلَامًا ۖ وَلَهُمْ رِزْقُهُمْ فِيهَا بُكْرَةً وَعَشِيًّا

Arab-Latin: Lā yasma'ụna fīhā lagwan illā salāmā, wa lahum rizquhum fīhā bukrataw wa 'asyiyyā

Terjemah Arti: Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam surga, kecuali ucapan salam. Bagi mereka rezekinya di surga itu tiap-tiap pagi dan petang.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Para penghuni surga tidak mendengar perkataan batil di dalamnya. Namun mereka itu mendengar ucapan salam sebagai penghormatan bagi mereka. Dan di dalamnya, mereka memperoleh rizki mereka berupa makanan dan minuman secara terus-menerus, tiap kali mereka menghendakinya pagi dan sore, tidak terbatas dan tidak terhingga.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

62. Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan sia-sia, apalagi kata-kata keji, bahkan hanya mendengar ucapan salam antara satu dengan lainnya, juga ucapan salam para Malaikat kepada mereka, dan di dalamnya mereka senantiasa didatangi makanan yang sesuai selera mereka setiap pagi dan sore hari.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

62. لَّا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا (Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam surga)
Makna (اللغو) adalah perkataan yang tidak membawa faidah. Pendapat lain mengatakan maknanya adalah segala ucapan yang tidak mengandung zikir kepada Allah.

إِلَّا سَلٰمًا ۖ (kecuali ucapan salam)
Akan tetapi mereka mendengar ucapan salam yang mereka sampaikan satu sama lain, atau salam dari malaikat kepada mereka.

وَلَهُمْ رِزْقُهُمْ فِيهَا بُكْرَةً وَعَشِيًّا (Bagi mereka rezekinya di surga itu tiap-tiap pagi dan petang)
Makanan yang mereka inginkan akan mendatangi mereka sesuai yang mereka kehendaki pada pagi dan sore hari.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

62. Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam surga, kecuali ucapan salam. Bagi mereka rezekinya di surga itu tiap-tiap pagi dan petang

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Demikian pula perkataan yang menimbulkan dosa, mereka tidak mendengar caci-maki dan celaan di sana, serta ucapan yang terdapat maksiat kepada Allah.

Dari malaikat atau dari sesama mereka. Bisa juga maksud “salam” di ayat ini adalah selamatnya ucapan dari setiap cacat, seperti ucapan dzikrullah, salam penghormatan, ucapan yang menyenangkan, berita gembira, pembicaraan yang baik di antara sesama, mendengar firman Ar Rahman, mendengarkan suara-suara yang merdu, dan sebagainya, karena surga merupakan tempat kesejahteraan, oleh karenanya tidak ada di sana selain kesejahteraan yang sempurna dari berbagai sisi.

Di surga tidak ada malam dan siang, yang ada hanyalah sinar dan cahaya selamanya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Surga yang kami janjikan itu penuh kesenangan. Di dalamnya mereka tidak pernah berbicara atau mendengar perkataan yang tidak berguna, kecuali ucapan salam yang menyejukkan dan mendamaikan. Banyak nikmat Allah di dalamnya, dan di dalamnya bagi mereka ada rezeki pagi dan petang, yang telah Allah tetapkan sebagai pahala atas kebaikan mereka. 63. Itulah surga yang kami janjikan kepada mereka yang taat. Surga itu akan kami wariskan kepada hamba-hamba kami yang selalu bertakwa dengan sepenuh hati.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Maryam Ayat 63 Arab-Latin, Surat Maryam Ayat 64 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Maryam Ayat 65, Terjemahan Tafsir Surat Maryam Ayat 66, Isi Kandungan Surat Maryam Ayat 67, Makna Surat Maryam Ayat 68

Category: Surat Maryam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!