Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Surat Al-Hijr Ayat 61

فَلَمَّا جَآءَ ءَالَ لُوطٍ ٱلْمُرْسَلُونَ

Arab-Latin: Fa lammā jā`a āla lụṭinil-mursalụn

Artinya: Maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum Luth, beserta pengikut pengikutnya,

« Al-Hijr 60Al-Hijr 62 »

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Hijr Ayat 61

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 61 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdapat beragam penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 61, sebagiannya sebagaimana tertera:

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

61-62. Maka para malaikat yang diutus kepada Luth datang, dia berkata kepada mereka, “ Sesungguhnya kalian orang-orang asing bagiku.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

61. Manakala para Malaikat datang kepada keluarga Lūṭ dalam wujud lelaki.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

61-62. Ketika para malaikat itu sampai di rumah Luth, Luth berkata dengan penuh keheranan: “Kalian adalah kaum yang tidak aku kenali, apa sebenarnya yang kalian inginkan?”


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

61-62. فَلَمَّا جَآءَ ءَالَ لُوطٍ الْمُرْسَلُونَ قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ مُّنكَرُونَ (Maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum Luth, beserta pengikut pengikutnya. ia berkata: “Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang tidak dikenal)
Yakni Nabi Luth berkata kepada mereka “aku tidak mengenal kalian.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

61. Maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum Luth, beserta pengikut pengikutnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka ketika para utusan itu datang kepada para pengikut Luth


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

61-62. “maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum luth berkata kepada mereka, ”sesungguhnya kamu adalah orang orang yang tidak dikenal“ maksudnya aku tidak mengenal kalian dan tidak mengetahui siapakah gerangan kalian itu.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat: Kemudian mereka berpindah menuju negeri Luth ‘alaihissalam, Allah berfirman “Maka ketika para utusan datang kepada keluarga Luth.”


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 61

Usai mengisahkan dialog antara nabi ibrahim dengan para malaikat yang bertamu ke kediamannya, pada ayat-ayat berikut Allah mengisahkan pembinasaan kaum nabi lut. Allah menyatakan, maka ketika utusan yang sebelumnya bertamu ke rumah nabi ibrahim itu datang kepada para pengikut lut, dia berkata, sesungguh-Nya kamu, wahai para tamu, adalah orang yang tidak kami kenal. (lihat: surah al-'ankabut/29: 23)usai mengisahkan dialog antara nabi ibrahim dengan para malaikat yang bertamu ke kediamannya, pada ayat-ayat berikut Allah mengisahkan pembinasaan kaum nabi lut. Allah menyatakan, maka ketika utusan yang sebelumnya bertamu ke rumah nabi ibrahim itu datang kepada para pengikut lut, dia berkata, sesungguh-Nya kamu, wahai para tamu, adalah orang yang tidak kami kenal. (lihat: surah al-'ankabut/29: 23).


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Demikian beberapa penjelasan dari para mufassirun mengenai makna dan arti surat Al-Hijr ayat 61 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dicari

  1. Ar-Ra’d 28
  2. Al-Baqarah 183
  3. Apa Itu Idgham?
  4. Al-Hujurat 11
  5. Ali ‘Imran 173
  6. Al-Mu’minun
  7. Al-Jin
  8. An-Nahl 78
  9. Al-Mu’min
  10. Pembagian Juz Dalam al-Qur’an
  11. Al-Baqarah 255
  12. Al-Insyirah 8

Dapatkan amal jariyah dengan berbagi ilmu bermanfaat. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Surat dan Ayat Rezeki

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Silahkan nikmati kemudahan dari Allah Ta’ala untuk membaca al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yang mau dibaca, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:
 
🔗 tafsirweb.com/start
 
*Mari beramal jariyah dengan berbagi ilmu bermanfaat ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: