Surat Al-Hijr Ayat 62

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ مُّنكَرُونَ

Arab-Latin: Qāla innakum qaumum mungkarụn

Artinya: Ia berkata: "Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang tidak dikenal".

« Al-Hijr 61Al-Hijr 63 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Surat Al-Hijr Ayat 62

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 62 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah berharga dari ayat ini. Didapatkan beberapa penjelasan dari kalangan mufassir terhadap isi surat Al-Hijr ayat 62, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

61-62. Maka para malaikat yang diutus kepada Luth datang, dia berkata kepada mereka, “ Sesungguhnya kalian orang-orang asing bagiku.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

62. Lūṭ berkata kepada mereka, “(Kalian) kaum yang tidak dikenal.”


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

62. Luth berkata: “Sesungguhnya aku tidak mengenal kalian”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dia berkata} Luth berkata kepada mereka {“Sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang tidak kami kenal”} yang tidak dikenal


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

61-62. “maka tatkala para utusan itu datang kepada kaum luth berkata kepada mereka, ”sesungguhnya kamu adalah orang orang yang tidak dikenal“ maksudnya aku tidak mengenal kalian dan tidak mengetahui siapakah gerangan kalian itu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 61-64
Allah SWT memberitahukan tentang nabi Luth ketika datang kepadanya para malaikat dalam wujud pemuda yang tampan wajahnya, lalu mereka masuk ke rumahnya. lalu nabi Luth berkata: ("Sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang tidak dikenal” Para utusan menjawab, "Sebenarnya kami ini datang kepadamu dengan membawa azab yang selalu mereka dustakan” (63)) yang mereka maksud adalah dengan mengazab, membinasakan, dan menghancurkan mereka yang sebelumnya mereka meragukan terjadinya azab itu atas mereka, dan membinasakan kampung halaman mereka (Dan Kami datang kepadamu dengan membawa kebenaran) sebagaimana Allah SWT berfirman: (Kami tidak menurunkan malaikat melainkan dengan benar) (Surah Al-Hijr: 8) Firman Allah: (dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang yang benar) yaitu menegaskan pemberitaan tentang mereka kepada­nya, yaitu bahwa mereka memberitahukan tentang keselamatannya dan pembinasaan kaumnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (قَوۡمٞ مُّنكَرُونَ) qaumum munkaruun : “orang-orang yang tidak dikenal.” Yaitu, aku tidak mengenali kalian.

Makna ayat: Telah sampai kepada mereka dan masuk ke dalam rumah, Luth berkata kepada mereka : “Sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang tidak dikenali.” Yaitu, aku tidak mengenali kalian.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 62

Usai mengisahkan dialog antara nabi ibrahim dengan para malaikat yang bertamu ke kediamannya, pada ayat-ayat berikut Allah mengisahkan pembinasaan kaum nabi lut. Allah menyatakan, maka ketika utusan yang sebelumnya bertamu ke rumah nabi ibrahim itu datang kepada para pengikut lut, dia berkata, sesungguh-Nya kamu, wahai para tamu, adalah orang yang tidak kami kenal. (lihat: surah al-'ankabut/29: 23)menerangkan maksud kedatangan mereka, para utusan itu menjawab, sebenarnya kami ini datang kepadamu tidak untuk berbuat jahat kepadamu, wahai nabi lut. Kami datang kemari tidak lain untuk membawa kabar buruk berupa azab pedih yang akan Allah timpakan kepada kaummu yang durhaka. Itulah azab yang selama ini selalu mereka dustakan ketika engkau menyampaikan dakwahmu kepada mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penafsiran dari para pakar tafsir terhadap isi dan arti surat Al-Hijr ayat 62 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita bersama. Sokong kemajuan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dibaca

Ada berbagai materi yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Maryam, Al-Ma’idah 32, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Lail, Luqman 13, An-Naas. Ada juga Al-Baqarah 285-286, Al-Fatihah 6, ‘Abasa, At-Taubah 40, Yasin 9, Al-Hujurat 10.

  1. Maryam
  2. Al-Ma’idah 32
  3. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  4. Al-Lail
  5. Luqman 13
  6. An-Naas
  7. Al-Baqarah 285-286
  8. Al-Fatihah 6
  9. ‘Abasa
  10. At-Taubah 40
  11. Yasin 9
  12. Al-Hujurat 10

Pencarian: al kahfi ayat 1-5, kursi latin, nikmat mana lagi yg kamu dustakan, al ashr ayat 2-3, surah 10 ayat 11

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: