Surat Al-Hijr Ayat 60

إِلَّا ٱمْرَأَتَهُۥ قَدَّرْنَآ ۙ إِنَّهَا لَمِنَ ٱلْغَٰبِرِينَ

Arab-Latin: Illamra`atahụ qaddarnā innahā laminal-gābirīn

Artinya: Kecuali istrinya. Kami telah menentukan, bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal (bersama-sama dengan orang kafir lainnya)".

« Al-Hijr 59Al-Hijr 61 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Mengenai Surat Al-Hijr Ayat 60

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 60 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan berharga dari ayat ini. Tersedia variasi penjabaran dari berbagai ahli ilmu berkaitan makna surat Al-Hijr ayat 60, misalnya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

58-60. Mereka berkata, “ Sesungguhnya Allah telah mengutus kami untuk menghancurkan kum Luth yang menyekutukan Allah lagi sesat jalan, kecuali Luth dan keluarganya yang beriman kepadanya. Kami tidak akan membinasakan mereka dan akan menyelamatkan mereka semua. Akan tetapi, istrinya yang kafir, kami telah menetapkan berdasarkan perintah Allah untuk membinasakannya dan orang-orang lain yang ada dalam siksaan.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

60. Kecuali istrinya, Kami memutuskannya termasuk orang-orang yang tinggal terkena azab pembinasaan."


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

60. إِلَّا امْرَأَتَهُۥ قَدَّرْنَآ ۙ إِنَّهَا لَمِنَ الْغٰبِرِينَ (kecuali istrinya. Kami telah menentukan, bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal)
Kami telah tetapkan bahwa ia termasuk orang-orang yang kekal dalam azab bersama orang-orang kafir lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

60. Kecuali istrinya. Kami telah menentukan, bahwa sesungguhnya ia termasuk orang-orang yang tertinggal bersama-sama dengan orang kafir lainnya dan akan kekal dalam azab atas kekufurannya.”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kecuali istrinya} kecuali istri Luth {Kami telah menentukan} Kami telah memutuskan {bahwa sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang tertinggal”} orang-orang yang terkena azab


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

59-60. “kecuali luth beserta pengikut pengikutnya” maksudnya kecuali nabi luth dan keluarganya ”kecuali istrinya, kami telah menentukan bahwa sesungguhnya ia termasuk orang orang yang tertinggal (bersama sama dengan orang kafir lainnya”, maksudnya termasuk orang orang yang tetap dirundung oleh siksa. Adapun nabi luth, maka kami benar benar mengeluarkannya dan anggota keluarganya, dan menyelamatkan mereka dari hukuman itu. Maka mulailah Ibrahim beradu argumentasi dengan para utusan itu (malaikat ) mengenai pemusnahan kaum Nabi luth, dan beliau melakukan lobby (agar siksaan itu tidak terealisasi).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 57-60
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang nabi Ibrahim setelah rasa takutnya lenyap dan mendapat berita gembira bahwa sesungguhnya dia bertanya kepada mereka tentang apa yang mereka bawa kepadanya. Lalu mereka menjawab: (Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa) yang mereka maksud adalah kaum nabi Luth. Lalu mereka memberitahukan kepadanya bahwa mereka akan menyelamatkan keluarga nabi Luth dari kalangan kaumnya, kecuali istrinya, karena sesungguhnya istrinya termasuk orang-orang yang binasa. Oleh karena itu mereka berkata: (kecuali istrinya. Kami telah menentukan bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal (60)) yaitu orang-orang yang tertinggal dan dibinasakan.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (ٱلۡغَٰبِرِينَ) Al-ghaabiriin : yang tertinggal terkena azab.

Makna ayat: Makna ayat: Firman-Nya ta’ala “kecuali keluarga Luth.” Keluarganya dan orang-orang yang beriman bersamanya. “Kami akan menyelamatkan mereka seluruhnya, kecuali istrinya, kami telah menentukan.” Kami putuskan “bahwa ia termasuk orang-orang yang tertinggal.” Yang tertinggal di dalam azab, yaitu Allah telah menentukan dan menetapkan kebinasaannya bersamaan dengan orang-orang yang binasa, karena ia kafir sebagaimana mereka, sampai sini percakapan mereka bersama Ibrahim.

Pelajaran dari ayat:
• Tidak ada gunanya keturunan, hubungan pernikahan, dan kekerabatan, jika kekufuran dan kemaksiatan memisahkan antara keturunan dan kekerabatan, istri Luth binasa bersama orang yang binasa, dan ia tidak memberinya pertolongan padahal dia adalah istri dari seorang nabi dan rasul ‘alaihissalam.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 60: Maka Ibrahim berdialog cukup lama dengan para malaikat, hingga akhirnya mereka meminta Ibrahim agar dialog tidak dilanjutkan, mereka berkata, “Wahai Ibrahim, tinggalkanlah soal jawab ini, sesungguhnya telah datang ketetapan Tuhanmu, dan Sesungguhnya mereka itu akan didatangi azab yang tidak dapat ditolak.” (Terj. Huud: 76) Mereka pun kemudian pergi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 60

Allah menyatakan bahwa kami akan membinasakan kaum nabi lut yang berdosa, kecuali para pengikut lut. Sesungguhnya kami pasti menyelamatkan mereka semuanya dari kebinasaan itu, kecuali istrinya. Dia dibinaskan bersama kaum nabi lut lainnya. Kami telah menentukan keputusan sesuai perintah Allah kepada kami bahwa sesungguhnya dia termasuk orang yang tertinggal bersama orang kafir lainnya. Usai mengisahkan dialog antara nabi ibrahim dengan para malaikat yang bertamu ke kediamannya, pada ayat-ayat berikut Allah mengisahkan pembinasaan kaum nabi lut. Allah menyatakan, maka ketika utusan yang sebelumnya bertamu ke rumah nabi ibrahim itu datang kepada para pengikut lut, dia berkata, sesungguh-Nya kamu, wahai para tamu, adalah orang yang tidak kami kenal. (lihat: surah al-'ankabut/29: 23).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjelasan dari kalangan ulama berkaitan makna dan arti surat Al-Hijr ayat 60 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita bersama. Support usaha kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dicari

Kami memiliki banyak materi yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 285-286, Luqman 13, An-Naas, Al-Lail, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Hujurat 10. Juga Maryam, Al-Fatihah 6, Yasin 9, ‘Abasa, Al-Ma’idah 32, At-Taubah 40.

  1. Al-Baqarah 285-286
  2. Luqman 13
  3. An-Naas
  4. Al-Lail
  5. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  6. Al-Hujurat 10
  7. Maryam
  8. Al-Fatihah 6
  9. Yasin 9
  10. ‘Abasa
  11. Al-Ma’idah 32
  12. At-Taubah 40

Pencarian: latin al fil, surat al hujurat ayat 11 latin, surah al baqarah 255-257, surat al hijr ayat 94-96, kandungan surat asy syura ayat 38

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: