Ayat Tentang Penciptaan Manusia

هَلْ أَتَىٰ عَلَى ٱلْإِنسَٰنِ حِينٌ مِّنَ ٱلدَّهْرِ لَمْ يَكُن شَيْـًٔا مَّذْكُورًا

Arab-Latin: hal atā 'alal-insāni ḥīnum minad-dahri lam yakun syai`am mażkụrā

Terjemah Arti: Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?

Tafsir Ayat Tentang Penciptaan Manusia

(Tafsir al-Muyassar)

Telah berlalu pada diri manusia masa yang panjang, sebelumnya ia tidak ada, tidak pernah disebut. (Tafsir al-Mukhtashar)

Dimana berawal dari setetes mani, kemudian menjadi segumpal darah, kemudian menjadi gumpalan daging, sehingga ditiupkan ruh, sampai bisa menjadi manusia yang sempurna. Fungsi hal yang bermakna apakah di sini adalah bermaksud mengungkapkan makna qad yang bermakna menegaskan kebenaran apa yang terjadi setelah itu (Tafsir al-Wajiz)

هَلْ أَتَىٰ عَلَى الْإِنسٰنِ (Bukankah telah datang atas manusia) Yakni telah datang kepada manusia saat masih dalam diri bapak mereka, Adam.حِينٌ مِّنَ الدَّهْرِ(satu waktu dari masa) Terdapat pendapat mengatakan: yakni empat puluh tahun sebelum ditiupkan ruh kepadanya, ia diciptakan dari tanah liat, kemudian dari tanah yang membatu dan kemudian dari tanah yang kering.لَمْ يَكُن شَيْـًٔا مَّذْكُورًا (sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?) Yakni sebelum ditiupkan nyawa kepadanya. Pendapat lain mengatakan: yakni telah berlalu masa yang panjang sedangkan Adam sama sekali belum diciptakan dan belum disebut oleh makhluk manapun. (Zubdatut Tafsir)