Surat Yusuf Ayat 71

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالُوا۟ وَأَقْبَلُوا۟ عَلَيْهِم مَّاذَا تَفْقِدُونَ

Arab-Latin: Qālụ wa aqbalụ 'alaihim māżā tafqidụn

Artinya: Mereka menjawab, sambil menghadap kepada penyeru-penyeru itu: "Barang apakah yang hilang dari pada kamu?"

« Yusuf 70Yusuf 72 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Surat Yusuf Ayat 71

Paragraf di atas merupakan Surat Yusuf Ayat 71 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan aneka ragam penjabaran dari beragam ulama mengenai isi surat Yusuf ayat 71, antara lain sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Putra-putra Ya’qub berkata dengan mendatangi orang yang berteriak itu, “Apa yang hilang dari kalian?”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

71. Mereka menuju orang yang berseru tersebut dan berkata: “Kalian kehilangan apa?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

71. Saudara-saudara Yusuf mendatangi orang yang berteriak itu dan kawan-kawannya yang ada di belakang mereka dan berkata, "Apa yang hilang dari kalian sehingga kalian menuduh kami mencuri?"


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

71. قَالُوا۟ (Mereka menjawab)
Yakni para saudara Yusuf menjawab.

وَأَقْبَلُوا۟ عَلَيْهِم(sambil menghadap kepada penyeru-penyeru itu)
Yakni kepada para penyeru yang murupakan utusan kerajaan.

ماذا تفقدون (apa yang kalian cari?)
Yakni kehilangan apa kalian?


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

71. Saudara-saudara Yusuf, berkata menyauti pengikut raja: “Apakah kalian kehilangan sesuatu?”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka bertanya dan menghadap kepada mereka,“Apa yang hilang dari kalian”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

71. “Mereka menjawab”, yaitu para saudara Yusuf “ sambil menghadap kepada penyeru-penyeru itu”, untuk menepis tuduhan. Karena seorang pencuri, tidak ada pikiran pada dirinya kecuali menjauh dan bergegas pergi dari orang yang dia curi supaya hasil curiannya aman. Sedangkan mereka itu datang menghadap penyeru. Tidak ada tujuan lain kecuali untuk menghilangkan tuduhan yang menjerat mereka. Mereka berkata dalam kondisi ini, “Barang apakah yang hilang darimu”, tidak mengatakan, ‘Apakah yang telah kami curi?’ karena mereka yakin tidak terlibat pencurian.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 70-72
Setelah disiapkan bahan makanan mereka, lalu dimuatkan ke atas unta-unta mereka, nabi Yusuf memerintahkan kepada beberapa pelayannya untuk menaruh tempat minum dari perak,
Lalu dia meletakkannya di tempat saudara kandungnya tanpa diketahui siapa pun. Kemudian penyeru menyeru di antara mereka: (Hai kafilah, sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang mencuri) Lalu mereka menoleh kepada penyeru itu, dan berkata: ("Barang apakah yang hilang dari kalian?” (72) Penyeru-penyeru itu berkata, "Kami kehilangan piala raja”) Yakni sa' yang digunakan untuk menakar (dan siapa yang dapat mengembalikannya akan memperoleh bahan -makanan (seberat) beban unta) ini termasuk ke dalam bagian dari janji pemberian imbalan (dan aku menjamin terhadapnya) Dalam hal ini termasuk ke dalam bagian penjaminan.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat :
Lalu firman-Nya menjelaskan jawaban mereka : (قَالُواْ وَأَقۡبَلُواْ عَلَيۡهِم مَّاذَا تَفۡقِدُونَ) “Mereka menghadap kepada mereka seraya bertanya, ‘Kalian kehilangan apa?’”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yusuf ayat 71: Mereka menghadap dengan tujuan untuk menolak tuduhan, karena pencuri biasanya menjauh dan segera pergi.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 71

Mereka, anak-anak nabi yakub, sangat terkejut mendengar seruan itu. Segera mereka bertanya sambil menghadap kepada mereka, para pembantu nabi yusuf, kamu kehilangan apa'mereka, para pembantu nabi yusuf, menjawab, kami kehilangan piala raja, dan siapa yang mengakui piala itu ada padanya dan dapat mengembalikannya tanpa harus kami geledah, maka dia akan memperoleh bahan makanan seberat beban unta, dan aku jamin hadiah itu pasti akan dia terima.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjabaran dari kalangan mufassir mengenai makna dan arti surat Yusuf ayat 71 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk ummat. Support usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dilihat

Kami memiliki banyak konten yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 190, Al-Muthaffifin, Al-A’raf 54, Al-Anbiya 30, Al-Fatihah 5, At-Taubah. Serta At-Tin 4, An-Nisa, An-Nahl 114, Al-Humazah, Al-Fatihah 4, Al-Ma’idah 48.

  1. Ali ‘Imran 190
  2. Al-Muthaffifin
  3. Al-A’raf 54
  4. Al-Anbiya 30
  5. Al-Fatihah 5
  6. At-Taubah
  7. At-Tin 4
  8. An-Nisa
  9. An-Nahl 114
  10. Al-Humazah
  11. Al-Fatihah 4
  12. Al-Ma’idah 48

Pencarian: ayat pengusir jin, al quran surah yasin, <8 artinya, surah ke 12, kulya al kafirun

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: