Surat az-Zalzalah Ayat 7-8

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

Arab-Latin: fa may ya'mal miṡqāla żarratin khairay yarah

Artinya: Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ

Arab-Latin: wa may ya'mal miṡqāla żarratin syarray yarah

Artinya: Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat az-Zalzalah Ayat 7-8

Ditemukan pelbagai penjabaran dari para ulama tafsir berkaitan makna surat az-zalzalah ayat 7-8, misalnya seperti berikut:

Dan barangsiapa berbuat kejahatan seberat semut kecil pula, maka ia pun akan melihatnya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Dan barangsiapa melakukan keburukan di dunia seberat dzarrah, maka dia akan mengetahui balasannya di akhirat. Ibnu Abu Hatim dari Sa’id bin Jubair berkata: “Saat ayat ini turun {wa yuth’imuunath tha’aama ‘ala hubbihi …} orang-orang muslim beranggapan bahwa mereka tidak menerima pahala atas sesuatu yang sedikit bila memberikannya (kepada orang lain), sedangkan yang lain beranggapan bahwa mereka tidak akan disalahkan atas dosa yang remeh, yaitu berbohong, mengintip, mengumpat dan dosa-dosa lain yang serupa, sesungguhnya Allah hanya menjanjikan neraka bagi orang-orang yang berdosa besar, maka Allah menurunkan dua ayat ini [ayat 7 dan 8]” (Tafsir al-Wajiz)

وَمَن يَعْمَلْ (Dan barangsiapa yang mengerjakan) Ketika di dunia. مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ(kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula) Yakni dia akan melihatnya di hari kiamat, sehingga dia akan merasa sedih; dan bisa jadi Allah akan mengampuninya. Makna (الذر) yakni debu yang beterbangan yang terlihat saat terkena sinar matahari. (Zubdatut Tafsir)

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penjabaran dari banyak mufassir terhadap makna dan arti surat az-zalzalah ayat 7-8 (arab, latin, artinya), semoga bermanfaat bagi kita. Dukung usaha kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Tersering Dibaca

Kami memiliki berbagai halaman yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Insyirah, Al-Baqarah 183, Ali ‘Imran 159, Al-Fil, Al-‘Alaq, Alhamdulillah. Termasuk Yusuf 4, Al-Bayyinah, Inna Lillahi, Al-Fath, At-Tin, Al-Ma’un.

  1. Al-Insyirah
  2. Al-Baqarah 183
  3. Ali ‘Imran 159
  4. Al-Fil
  5. Al-‘Alaq
  6. Alhamdulillah
  7. Yusuf 4
  8. Al-Bayyinah
  9. Inna Lillahi
  10. Al-Fath
  11. At-Tin
  12. Al-Ma’un

Pencarian: terjemahan surat an nisa ayat 59, surat al a raf, al maidah 116, al maidah 91, al baqarah ayat 44

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: