Surat Ali Imran Ayat 26-27

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُلِ ٱللَّهُمَّ مَٰلِكَ ٱلْمُلْكِ تُؤْتِى ٱلْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ ٱلْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ ۖ بِيَدِكَ ٱلْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Arab-Latin: qulillāhumma mālikal-mulki tu`til-mulka man tasyā`u wa tanzi'ul-mulka mim man tasyā`u wa tu'izzu man tasyā`u wa tużillu man tasyā`, biyadikal-khaīr, innaka 'alā kulli syai`ing qadīr

Artinya: Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

تُولِجُ ٱلَّيْلَ فِى ٱلنَّهَارِ وَتُولِجُ ٱلنَّهَارَ فِى ٱلَّيْلِ ۖ وَتُخْرِجُ ٱلْحَىَّ مِنَ ٱلْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ ٱلْمَيِّتَ مِنَ ٱلْحَىِّ ۖ وَتَرْزُقُ مَن تَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Arab-Latin: tụlijul-laila fin-nahāri wa tụlijun-nahāra fil-laili wa tukhrijul-ḥayya minal-mayyiti wa tukhrijul-mayyita minal-ḥayyi wa tarzuqu man tasyā`u bigairi ḥisāb

Artinya: Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)".

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Tentang Surat Ali Imran Ayat 26-27

Didapati bermacam penjelasan dari para ulama terhadap isi surat ali imran ayat 26-27, di antaranya sebagaimana tercantum:

Dan diantara bukti-bukti kuasa Mu adalah bahwa sesungguhnya engkau memasukkan malam kedalam siang, dan memasukkan siang kedalam malam, Maka menjadikan yang ini lebih lama dan yang lain menjadi lebih pendek, dan Dia mengeluarkan yang hidup dari benda mati yang tidak ada unsur kehidupan sama sekali padanya, seperti mengeluarkan tanaman dari biji, dan dilahirkannya orang mukmin dari orang kafir, dan Dia mengeluarkan yang mati dari yang hidup, seperti mengeluarkan telur dari seekor ayam, dan Engkau memberikan rezeki kepada siapa saja yang Engkau kehendaki dari makhluk Mu tanpa hitungan. (Tafsir al-Muyassar)

Salah satu wujud kekuasaan-Mu ialah Engkau memasukkan malam ke dalam siang sehingga waktunya menjadi panjang, dan memasukkan siang ke dalam malam sehingga waktunya menjadi panjang. Engkau mengeluarkan sesuatu yang hidup dari sesuatu yang mati. Seperti mengeluarkan orang mukmin dari orang kafir dan mengeluarkan tanaman dari biji. Dan Engkau mengeluarkan sesuatu yang mati dari sesuatu yang hidup. Seperti mengeluarkan orang kafir dari orang mukmin, dan mengeluarkan telur dari induk ayam. Dan Engkau memberikan rezeki yang luas kepada siapa saja yang Engkau kehendaki tanpa perkiraan dan hitungan. (Tafsir al-Mukhtashar)

27 Engkau masukkan sebagaian malam ke dalam siang sehingga malam menjadi pendek dan siang menjadi panjang. Dan Engkau masukkan sebagian siang ke dalam malam sehingga malam menjadi panjang dan siang menjadi pendek. Dan juga cuaca dan musim yang menaungi, jumlah siang dan malam yang mencapai 24 jam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati seperti tumbuhan dan hewan dari debu, pepohonan dari biji-bijian, atau juga Engkau keluarkan orang alim dari orang bodoh, atau juga mukmin dari kafir., Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup, seperti biji-bjian dari pepohonan, susu dari hewan, kebodohan dari orang-orang alim atau kekufuran dari orang beriman. Dan Engkau beri rezeki siapapun yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan dan batas”. (Tafsir al-Wajiz)

تُولِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ ۖ ( Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam) Yakni Engkau memasukkan kekurangan dari salah satunya kedalam yang lain, yakni dengan perbedaan panjang pendek waktu malam dan siang tergantung musim dan keadaan. Sehingga apabila salah satunya berkurang maka yang lainnya akan bertambah, dan lama waktu keduanya adalah 24 jam tak ada perbedaan di musim apapun dan di tempat manapun. وَتُخْرِجُ الْحَىَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَىِّ ۖ ( Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup) Yakni Allah mengeluarkan seseorang yang hidup dari air mani yang mati, kemudian mengeluarkan air mani yang mati dari seseorang yang hidup, lalu mengeluarkan seseorang yang hidup dari air mani yang mati dan begitu seterusnya. Dan Allah mengeluarkan seekor ayam dari telur dan telur dari ayam, begitu juga pohon kurma dari bijinya dan biji kurma dari pohonnya. Dan pendapat lain mengatakan makna dari ayat ini adalah mengeluarkan orang mukmin dari orang kafir dan orang kafir dari orang mukmin. Ibnu Jarir meriwayatkan bahwa seorang wanita shalihah mendatangi Rasulullah, maka beliau bertanya: siapakah ini? Wanita ini menjawab: Saya Khalidah binti Aswad. Maka Rasulullah bersabda: “Maha Suci Allah yang telah mengeluarkan yang hidup dari yang mati”. Dan ayah dari wanita ini dulunya adalah kafir. (Zubdatut Tafsir)

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penjelasan dari para ulama tafsir terhadap isi dan arti surat ali imran ayat 26-27 (arab, latin, artinya), semoga membawa faidah bagi ummat. Sokonglah syi'ar kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dikaji

Baca berbagai materi yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Luqman 13-14, Al-A’raf, Yunus 41, Assalaamualaikum, Al-Fatihah 2, Al-Fatihah 7. Juga Al-Baqarah 216, Ali ‘Imran 191, Al-Baqarah 284-286, Yasin 40, Al-Fatihah 1, Ali ‘Imran 104.

  1. Luqman 13-14
  2. Al-A’raf
  3. Yunus 41
  4. Assalaamualaikum
  5. Al-Fatihah 2
  6. Al-Fatihah 7
  7. Al-Baqarah 216
  8. Ali ‘Imran 191
  9. Al-Baqarah 284-286
  10. Yasin 40
  11. Al-Fatihah 1
  12. Ali ‘Imran 104

Pencarian: surat yasin ayat 25, berdasarkan quran surah almukmin ayat 78 bahwa rasul allah itu, yas alunaka anil khamri, bagaimana bunyi surat al-maun ayat ke-5, wa'budullaha wala

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: