Surat Hud Ayat 48

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قِيلَ يَٰنُوحُ ٱهْبِطْ بِسَلَٰمٍ مِّنَّا وَبَرَكَٰتٍ عَلَيْكَ وَعَلَىٰٓ أُمَمٍ مِّمَّن مَّعَكَ ۚ وَأُمَمٌ سَنُمَتِّعُهُمْ ثُمَّ يَمَسُّهُم مِّنَّا عَذَابٌ أَلِيمٌ

Arab-Latin: Qīla yā nụḥuhbiṭ bisalāmim minnā wa barakātin 'alaika wa 'alā umamim mim mam ma'ak, wa umamun sanumatti'uhum ṡumma yamassuhum minnā 'ażābun alīm

Artinya: Difirmankan: "Hai Nuh, turunlah dengan selamat sejahtera dan penuh keberkatan dari Kami atasmu dan atas umat-umat (yang mukmin) dari orang-orang yang bersamamu. Dan ada (pula) umat-umat yang Kami beri kesenangan pada mereka (dalam kehidupan dunia), kemudian mereka akan ditimpa azab yang pedih dari Kami".

« Hud 47Hud 49 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat Hud Ayat 48

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 48 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan penting dari ayat ini. Didapati sekumpulan penjabaran dari berbagai mufassirin berkaitan kandungan surat Hud ayat 48, misalnya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah berfirman, ”Wahai nuh, turunlah kamu dari kapal itu menuju permukaan tanah dengan aman dan keselamatan dari Kami, dan limpahan kebaikan-kebaikan dan nikmat-nikmat yang abadi padamu dan pada kumpulan orang-orang yang bersamamu. Disisi lain, ada umat-umat dan golongan-golongan lain yang juga celaka, kami akan memberikan kesenangan kepada mereka di kehidupan dunia, hingga mereka mencapai ajal-ajal mereka, kemudian mereka tertimpa siksaan pedih dari kami pada hari kiamat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

48. Nabi Nuh diseru: “Turunlah dari perahu dengan keselamatan dari Kami, dan keberkahan menyertaimu. Banjir bandang telah berakhir, dan bumi bersih dari orang-orang kafir. Keberkahan ini melimpah kepadamu dan menyertai orang-orang beriman dari keturunanmu, dan mereka akan menjadi banyak sehingga menjadi banyak umat. Dan orang yang memiliki kekafiran maka dia akan diberi kenikmatan di dunia hingga ajalnya tiba, kemudian dia akan mendapat azab yang pedih.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. Allah berfirman kepada Nuh -'alaihissalām-, "Wahai Nuh! Turunlah dari kapal dengan selamat dan aman, dengan membawa banyak anugerah dari Allah untukmu dan untuk keturunan yang akan datang dari orang-orang mukmin yang berada di atas kapal bersamamu. Dan di sana ada umat-umat lain dari keturunan mereka yang menjadi kafir. Maka Kami akan memberi mereka kesempatan untuk menikmati hidup mereka di dunia ini. Kami akan memberi mereka rezeki untuk bekal hidup mereka di dunia. Kemudian mereka akan mendapatkan azab yang pedih dari Kami di Akhirat nanti."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. قِيلَ يٰنُوحُ اهْبِطْ (Difirmankan: “Hai Nuh, turunlah)
Yakni turunlah dari perahu menuju dataran yang rendah. Atau turunlah dari gunung menuju dataran rendah. Karena air telah masuk ke dalam bumi dan telah mengering.

بِسَلٰمٍ مِّنَّا (dengan selamat sejahtera dari Kami)
Dengan keselamatan dan keamanan.

وَبَرَكٰتٍ (dan penuh keberkatan)
Yakni kenikmatan-kenikmatan yang terus menerus.

وَعَلَىٰٓ أُمَمٍ مِّمَّن مَّعَكَ ۚ (dan atas umat-umat (yang mukmin) dari orang-orang yang bersamamu)
Mereka adalah suku-suku yang berasal dari keturunan orang-orang yang bersama Nabi Nuh di atas perahu. Dan yang berada di perahu merupakan kaum yang beragam, dan hewan-hewan dengan berbagai jenis.

وَأُمَمٌ سَنُمَتِّعُهُمْ(Dan ada (pula) umat-umat yang Kami beri kesenangan pada mereka)
Yaitu keturunan mereka yang menjadi kafir hingga hari kiamat, mereka akan Kami beri kesenangan di dunia dan Kami berikan sebagiannya sebagai penghidupan mereka.

ثُمَّ يَمَسُّهُم مِّنَّا(kemudian mereka akan ditimpa dari Kami)
Di akhirat dengan azab yang pedih.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

48. Difirmankan kepada Nuh: “Hai Nuh, turunlah dengan selamat sejahtera dan penuh keberkatan dari Kami atasmu dan umat-umatmu yang mukmin yaitu orang-orang yang bersamamu. Dan ada pula umat-umat yang Kami beri kesenangan pada mereka dalam kehidupan dunia, kemudian mereka akan ditimpa azab yang pedih dari Kami”. Yang dimaksud dengan mereka adalah cucu-cucu kafir dari orang yang bersamanya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dikatakan,“Wahai Nuh, turunlah} turunlah dari bahteramu menuju daratan {dengan penuh keselamatan dari Kami} dengan aman dan selamat dari Kami {dan penuh keberkahan atasmu} dan dengan kebaikan dan kenikmatan yang tetap atas dirimu {serta umat-umat yang bersamamu}keturunan umat yang bersamamu dalam bahtera {dan umat-umat yang Kami beri kesenangan, kemudian mereka akan ditimpa azab yang sangat pedih dari Kami.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

48. “difirmankan ’hai Nuh turunlah dengan selamat sejahtera dan penuh keberkahan dari kami atasmu dan atas umat umat (yang mukmin) dari orang orang yang bersamamu” dari kalangan manusia dan pasangan binatang yang dia bawa bersamanya. Allah memberkahi semuanya sehingga mereka memenuhi seluruh penjuru bumi. ”dan akan ada (pula) umat umat yang kami beri kesenangan pada mereka” dalam kehidupan dunia ”kemudian mereka akan ditimpa azab yang pedih dari kami” penyelamatan ini tidak menghalangi kami untuk menghukum orang yang kafir setelah itu meskipun dia diberi kenikmatan sesaat, dia tetap akan dihukum setelah itu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT memberitahukan tentang firmanNya kepada nabi Nuh. ketika bahtera itu berlabuh di atas Bukit Al-Judi, berupa ucapan salam yang ditujukan kepadanya, orang-orang mukmin yang bersamanya, dan setiap orang mukmin dari keturunannya sampai hari kiamat. Sebagaimana yang dikatakan Muhammad bin Ka'b, setiap mukmin laki-laki dan perempuan sampai hari kiamat termasuk dalam ucapan salam ini. Demikian juga azab dan kesenangan itu untuk setiap orang kafir laki-laki dan perempuan sampai hari kiamat.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(سنمتعهم) Sanumatti’uhum : Memberikan mereka rizki dan kesenangan hingga akhir ajal mereka, kemudian mereka akan ditimpa azab-Ku sedang mereka dalam keadaan kafir.

Makna ayat :
Kemudian Allah berfirman (يا نوح اهبط) “Wahai Nuh, turunlah dari kapal engkau dan orang-orang beriman bersamamu dengan keselamatan, penghormatan dari Kami, dan keberkahan atasmu dan keturunan umatmu, maka janganlah khawatir akan kelaparan tidak pula sengsara, dan sebagian dari keturunan umat yang bersamamu, akan Kami berikan mereka kenikmatan di dunia dengan rizki, kemudian Kami siksa mereka dengan azab yang pedih pada hari kiamat, karena mereka melenceng dari Islam dan hidup di atas kesyirikan dan kekufuran.” Ini adalah kabar tentang perkara gaib yang Allah kabarkan, dan pasti akan terjadi. Telah muncul generasi-generasi dari keturunan Nuh: ada yang kafir dan ada yang beriman, dan hukum Allah akan terlaksana, dan ditetapkan bagi masing-masing janji dan ancaman-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 48: Allah memberkahi mereka semua, sehingga mereka menempati berbagai penjuru bumi.

Di akhirat. Mereka ini adalah orang-orang kafir.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 48

Setelah nabi nuh memohon ampunan kepada Allah, dan Allah menerima ampunan nabi nuh serta menyelamatkannya dari bencana, lalu difirmankan kepadanya, wahai nabi nuh! turunlah bersama keluarga dan pengikutmu dari kapal ini dengan selamat sejahtera dan penuh keberkahan dari kami, bagimu dan bagi semua umat mukmin yang ikut bersamamu maupun umat-umat yang datang sesudahmu sampai hari kiamat. Dan ada pula umat-umat yang datang sesudahmu akan kami beri kesenangan dalam kehidupan dunia, tetapi karena mereka durhaka, maka tidak memperoleh keselamatan dan keberkahan, kemudian mereka akan ditimpa azab kami di dunia dan akhirat atau di akhirat saja dengan siksa yang pedih. Itulah kisah nabi nuh dan umatnya. Kisah yang dipaparkan adalah sebagian dari berita-berita gaib yang kami wahyukan kepadamu, wahai nabi Muhammad; tidak pernah engkau mengetahui informasi kisah itu sebelumnya dan tidak pula kaummu mengetahui kisah itu sebelum informasi Al-Qur'an ini datang. Karena itu, maka bersabarlah dalam menyampaikan tuntunan Al-Qur'an dan tabahlah dalam menghadapi gangguan kaummu, sebagaimana nabi nuh bersabar. Sungguh, kesudahan yang baik adalah bagi orang yang bertakwa. Kebaikan dan kesabaran akan membuahkan kemenangan dan pahala. Kebaikan didapat manakala seseorang mengerjakan ketaatan, sedang kesabaran akan diperoleh dengan meninggalkan hal-hal yang dilarang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjelasan dari beragam ahli ilmu mengenai isi dan arti surat Hud ayat 48 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Support dakwah kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dilihat

Tersedia ratusan konten yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 5, Al-Muthaffifin, At-Taubah, Al-Humazah, An-Nahl 114, An-Nisa. Serta Al-Fatihah 4, Al-A’raf 54, Ali ‘Imran 190, Al-Ma’idah 48, At-Tin 4, Al-Anbiya 30.

  1. Al-Fatihah 5
  2. Al-Muthaffifin
  3. At-Taubah
  4. Al-Humazah
  5. An-Nahl 114
  6. An-Nisa
  7. Al-Fatihah 4
  8. Al-A’raf 54
  9. Ali ‘Imran 190
  10. Al-Ma’idah 48
  11. At-Tin 4
  12. Al-Anbiya 30

Pencarian: surah al baqarah terakhir, maryam ayat 33, ibrahim ayat 34, surat al kautsar ayat 2, ali imran 30

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: