Surat Hud Ayat 45

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَنَادَىٰ نُوحٌ رَّبَّهُۥ فَقَالَ رَبِّ إِنَّ ٱبْنِى مِنْ أَهْلِى وَإِنَّ وَعْدَكَ ٱلْحَقُّ وَأَنتَ أَحْكَمُ ٱلْحَٰكِمِينَ

Arab-Latin: Wa nādā nụḥur rabbahụ fa qāla rabbi innabnī min ahlī, wa inna wa'dakal-ḥaqqu wa anta aḥkamul-ḥākimīn

Artinya: Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya".

« Hud 44Hud 46 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Tentang Surat Hud Ayat 45

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 45 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir penting dari ayat ini. Ada bermacam penjelasan dari banyak ahli ilmu terhadap makna surat Hud ayat 45, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Nuh menyeru Tuhanya, sambil berkata, ”Wahai Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menjanjikan kepadaku untuk menyelamatkan keluargaku dari tenggelam dan kebinasaan, dan sesungguhnya putraku termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janjiMu itu benar yang tidak ada penggingkaran padanya, dan Engkau adalah sebaik-baik yang Memutuskan perkara dan yang paling adil. ”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

45. Lalu Nabi Nuh berdoa kepada Allah dengan penuh ketundukan: “Ya Tuhanku, Anakku adalah bagian dari keluargaku, dan aku percaya terhadap janjimu dan berserah diri kepadamu, sedangkan Engkau adalah Dzat yang paling bijaksana dalam menentukan ketetapan-Mu.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

45. Dan Nuh -'alaihissalām- mengadu kepada Tuhannya, "Ya Tuhanku! Sesungguhnya putraku adalah bagian dari keluargaku. Sedangkan Engkau telah berjanji kepadaku untuk menyelamatkan mereka. Dan janji-Mu adalah kebenaran yang tidak mungkin diingkari. Sementara Engkau adalah Tuhan Yang Maha Adil dan Maha Mengetahui."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45. فَقَالَ رَبِّ إِنَّ ابْنِى مِنْ أَهْلِى (Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku)
Dan ia merupakan termasuk orang-orang yang Engkau janjikan untuk Engkau selamatkan sesuai firman-Mu: “serta keluargamu”

وَإِنَّ وَعْدَكَ الْحَقُّ (dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar)
Yang tidak mungkin diingkari.

وَأَنتَ أَحْكَمُ الْحٰكِمِينَ (Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya)
Yakni Yang paling Mengetahui dan Adil.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

45 Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku, sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah seadil-adilnya Hakim”.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Nuh memohon kepada Tuhannya, lalu berkata,“Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku} orang-orang yang engkau janjikan kepadaku akan engkau selamatka dari bencana tenggelam {dan sesungguhnya janjiMu itu pasti benar} kebenaran yang tidak mungkin ada kesalahan di dalamnya {Engkau adalah hakim yang paling adil.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

45. “dan Nuh berseru kepada Rabbnya sambil berkata ’ya Rabbku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janjiMu adalah benar", yakni, Engkau telah berkata kepadaku, ”angkutlah dari masing masing hewan (jantan dan betina) dan keluargamu” dan engau tidak akan menelisihi janjiMu kepadaku. Boleh jadi Nuh terbawa oleh rasa kasih sayangnya, dan bahwa Allah menjanjikan keselamatan keluarganya, sehingga dia mengira bahwa janjiNya berlaku umum kepada keluarganya yang beriman dan yang tidak beriman. Oleh karena itu, dia berdoa kepada Allah dengan doa itu meski begitu dia menyerahkan urusannya kepada hikmah Allah yang mendalam.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 45-47
Ini adalah permintaan dengan berserah diri dan terbuka dari nabi Nuh tentang keadaan anaknya yang ditenggelamkan (Nuh berkata,"Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku") yaitu, Engkau menjanjikan kepadaku keselamatan keluargaku, dan janjiMu itu benar dan tidak akan diingkari, maka bagaimana bisa Engkau menenggelamkannya, sedangkan Engkau adalah hakim yang paling bijaksana (Allah berfirman, "Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu") manahkah yang Aku janjikan terkait keselamatan mereka, sesungguhnya Aku hanya menjanjikan kepadamu keselamatan orang-orang yang beriman dari keluargamu. Oleh karena itu Allah berfirman (dan (juga) keluargamu, kecuali orang yang telah lebih dahulu ditetapkan (akan ditimpa azab) di antara mereka) (Surah Hud: 40) anak nabi Nuh ini termasuk di antara mereka yang telah ditakdirkan untuk ditenggelamkan karena kekafiran dan pertentangannya terhadap perintah ayahnya, yang merupakan nabi Allah, nabi Nuh
FirmanNya: (sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu) yaitu orang-orang yang Aku janjikan kepadamu keselamatan mereka.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata dia adalah anaknya, namun dia menentang ayahnya dalam amal dan niatnya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(من أهلي) min ahlii: dari kalangan keluargaku, yaitu istri-istri dan anak-anakku.
(وإن وعدك الحق) Wa inna wa’dakal haqq : janji yang benar, tidak akan diingkari.

Makna ayat :
Ayat ini masih menjelaskan kisah Nabi Nuh beserta kaumnya, Allah berfirman-Nya (ونادى نوح ربه) berdoa kepada-Nya meminta (رب إن ابني من أهلي و إن وعدك الحق و أنت أحكم الحاكمين) “Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku, termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya."—kejadian ini terjadi ketika Nuh memasukkan semua makhluk dan manusia yang beriman ke dalam kapal dan enggan Kan’an anak Nabi Nuh untuk naik—“Wahai Rabb, sesungguhnya anakku Kan’an lahir dari istriku, dan termasuk dalam keluargaku, Engkau telah menjanjikan akan menyelamatkanku, keluargaku, dan orang-orang yang beriman bersamaku, (و إن وعدك الحق) dan sesungguhnya janji-Mu adalah benar, tidak akan diingkari selamanya, (و أنت أحكم الحاكمين) Engkau lah yang paling mengetahui dan paling adil. Anakku tidak mentaatiku, enggan naik ke dalam kapal, dan akan segera binasa bersama mereka jika Engkau tidak merahmatinya wahai Rabb semesta alam.

Pelajaran dari ayat :
• Ikatan iman dan takwa lebih agung dari ikatan nasab.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 45: Dan Engkau telah berjanji menyelelamatkan mereka (keluargaku).

Yang tidak mungkin diingkari. Nabi Nuh ‘alaihis salam karena rasa kasihan yang begitu dalam, dan karena Allah telah berjanji akan menyelamatkan keluarganya, ia mengira bahwa janji itu mengena kepada seluruh anggota keluarganya; yang mukmin maupun yang kafir. Oleh karena itu, Beliau mengucapkan kata-kata di atas.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 45

Dan setelah nabi nuh beserta orang-orang beriman selamat dan kapal berlabuh, lalu nabi nuh memohon kepada tuhannya sambil berkata, ya tuhanku, sesungguhnya anakku adalah termasuk keluargaku, sedang engkau telah memerintahkan kepadaku mengajak keluargaku masuk ke dalam kapal agar selamat, dan aku yakin bahwa janji-Mu akan menyelamatkan mereka itu pasti benar. Engkau adalah hakim yang paling adil dalam menentukan ketetapan. Mengabarkan perihal putra nabi nuh yang ikut tenggelam, dia yang mahaadil dan bijaksana berfirman, wahai nuh! sesungguhnya putramu (kan'an), dia bukanlah termasuk keluargamu yang dijanjikan akan diselamatkan, karena dalam pengetahuan-ku, dia tidak beriman, berlaku jahat, durhaka, bahkan mengingkarimu sendiri. Perbuatan yang ia lakukan sungguh tidak baik. Oleh sebab itu, jangan engkau memohon kepada-ku sesuatu yang tidak engkau ketahui hakikatnya. Aku menasihatimu agar tidak meminta sesuatu yang belum diketahui dengan yakin bahwa permohonan itu benar atau wajar, agar engkau tidak termasuk golongan orang yang bodoh.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penafsiran dari berbagai mufassir berkaitan makna dan arti surat Hud ayat 45 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita bersama. Support perjuangan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dikaji

Nikmati berbagai halaman yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Muthaffifin, Al-Fatihah 4, At-Taubah, An-Nahl 114, At-Tin 4, Ali ‘Imran 190. Termasuk Al-Humazah, Al-Fatihah 5, Al-A’raf 54, An-Nisa, Al-Ma’idah 48, Al-Anbiya 30.

  1. Al-Muthaffifin
  2. Al-Fatihah 4
  3. At-Taubah
  4. An-Nahl 114
  5. At-Tin 4
  6. Ali ‘Imran 190
  7. Al-Humazah
  8. Al-Fatihah 5
  9. Al-A’raf 54
  10. An-Nisa
  11. Al-Ma’idah 48
  12. Al-Anbiya 30

Pencarian: surah yusuf ayat 111, surat al-hasyr ayat 7, ayat al fatihah latin, ibrahim 37, ayat ayat sajadah beserta artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: