Surat Hud Ayat 39

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَن يَأْتِيهِ عَذَابٌ يُخْزِيهِ وَيَحِلُّ عَلَيْهِ عَذَابٌ مُّقِيمٌ

Arab-Latin: Fa saufa ta'lamụna may ya`tīhi 'ażābuy yukhzīhi wa yaḥillu 'alaihi 'ażābum muqīm

Artinya: Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan ditimpa oleh azab yang menghinakannya dan yang akan ditimpa azab yang kekal".

« Hud 38Hud 40 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Berkaitan Surat Hud Ayat 39

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 39 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka tafsir berharga dari ayat ini. Didapati beraneka penafsiran dari berbagai ahli ilmu berkaitan makna surat Hud ayat 39, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kalian akan mengetahui bila ketetapan Allah telah tiba terkait ancaman tersebut, siapakah orang yang akan terkena siksaan Allah di dunia yang akan menghinakannya dan selanjutnya akan diturunkan kepadanya siksaan abadi ahirat tanpa putus?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

39. Kelak kalian akan mengetahui siapa yang akan ditimpa azab yang menghinakan dan mengantarkannya menuju azab yang kekal.

Nabi Nuh mengancam mereka bahwa azab di dunia merupakan awal dari azab akhirat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

39. Kelak kalian akan tahu bahwa orang yang mendapatkan azab Allah di dunia akan terhina dan celaka. Dan di Hari Kiamat nanti ia akan mendapatkan azab yang kekal dan tidak terputus."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

39. عَذَابٌ يُخْزِيهِ (azab yang menghinakannya)
Yakni azab ditenggelamkan di dunia.

وَيَحِلُّ عَلَيْهِ عَذَابٌ مُّقِيمٌ(dan yang akan ditimpa azab yang kekal)
Yakni azab neraka yang kekal.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

39. Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan ditimpa oleh azab yang menghinakan dan juga siapa yang akan ditimpa azab yang kekal yaitu azab neraka”.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka kalian akan mengetahui siapa yang akan ditimpa azab yang menghinakan} yang merendahkan dan menghinakannya {dan yang akan ditimpa} yang akan diturunkan kepadanya {azab yang kekal.”} kekal dan tidak ada hentinya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

39 “kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan ditimpa oleh azab yang menghinakannya dan siapa yang akan ditimpa azab yang kekal” kami atau kamu? mereka mengetahuinya ketika azab turun menimpa mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 36-39
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia telah memberikan wahyu kepada nabi Nuh ketika kaumnya meminta agar pembalasan dan azab Allah disegerakan terhadap mereka. Lalu nabi Nuh berdoa kepada Allah yang disebutkan Allah SWT seraya memberitahukan tentangnya: (Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi) (Surah Nuh: 26) dan (Maka dia mengadu kepada Tuhannya, bahwasanya aku ini adalah orang yang dikalahkan. Oleh sebab itu, menangkanlah (aku) (10)) (Surah Al-Qamar) Maka pada saat itu, Allah menurunkan wahyu kepadanya: (bahwasanya sekali-kali tidak akan beriman di antara kaummu, kecuali orang yang telah beriman (saja)) Maka janganlah bersedih atas mereka dan jangan menjadi sibuk dengan urusan mereka (Dan buatlah bahtera itu) yaitu bahtera (dengan pengawasan Kami) dengan perngawasan dari Kami (dan petunjuk wahyu Kami) yaitu pengajaran Kami kepadamu tentang sesuatu yang kamu lakukan (dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan) Sebagian ulama salaf berkata bahwa Allah memerintahkan nabi Nuh agar menanam pohon-pohonan, menebangnya, dan mengeringkannya.
Firman Allah: (Dan mulailah Nuh membuat bahtera. Dan setiap kali pemimpin kaumnya berjalan melewati Nuh, mereka mengejeknya) yaitu mengolok-olok dan mendustakan apa yang diancamkan kepada mereka, yaitu banjir bandang (Berkatalah Nuh, "Jika kalian mengejek kami, maka sesungguhnya kami (pun)) yaitu ancaman dan peringatan yang dikuatkan (siapa-siapa yang akan ditimpa oleh azab yang menghinakannya) yaitu menghinakannya di dunia (dan yang akan ditimpa azab yang kekal) yaitu azab yang kekal dan abadi


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(يخزيه) Yukhziih : merendahkan dan menghinakan.
(و يحل عليه عذاب مقيم) Wa yahillu ‘alaihi ‘adzabum muqiim : jatuh kepadanya azab neraka pada hari kiamat, dan tidak akan bisa lolos.

Makna ayat :
(فسوف تعلمون) kalian akan mengetahui nanti (من يأتيه عذاب يخزيه) siapa yang akan tertimpa azab yang menghinakan dan menghancurkan kesombongan kalian. (و يحل عليه عذاب مقيم) azab neraka hari kiamat kelak, azab yang kekal tidak ada akhirnya.

Pelajaran dari ayat :
• Penjelasan akan benarnya janji Allah bagi para rasulNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 39

Maka kelak kamu akan mengetahui siapa di antara kita yang akan ditimpa azab yang menghinakan di dunia ini dan siapa pula yang akan ditimpa azab yang kekal di akhirat nanti. Demikianlah kaum nabi nuh yang terus-menerus mengejeknya dalam pembuatan kapal. Hingga apabila perintah kami datang untuk membinasakan para pendurhaka dan tiba perintah kami kepada nabi nuh beserta pengikutnya menaiki kapal dan air dari dalam tanur, yakni periuk telah mendidih dan bergejolak hingga memancarkan air dengan sangat deras, lalu kami berfirman kepada nabi nuh, muatkanlah ke dalamnya segala jenis hewan, dari masing-masing sepasang jantan dan betina, dan muatkan juga keluargamu yang beriman kepada Allah kecuali orang yang telah terkena ketetapan terdahulu sebagai orang yang akan diazab karena kedurhakaan mereka, dan muatkan pula orang yang beriman dari mereka. Ternyata orang-orang beriman yang ikut bersama dengan nabi nuh hanya sedikit. Meskipun nabi nuh sudah berdakwah kurang lebih 950 tahun lamanya, mengajak umatnya beriman kepada Allah dan meyakinkan bahwa mereka yang tidak mengikuti ajakannya akan ditenggelamkan, tetapi mereka tetap durhaka. (lihat: surah al- 'ankabut/29:14).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penafsiran dari para ahli tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Hud ayat 39 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dikaji

Kaji berbagai topik yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 190, An-Nisa, Al-Ma’idah 48, An-Nahl 114, Al-Muthaffifin, Al-A’raf 54. Ada juga Al-Fatihah 4, Al-Humazah, Al-Fatihah 5, At-Taubah, Al-Anbiya 30, At-Tin 4.

  1. Ali ‘Imran 190
  2. An-Nisa
  3. Al-Ma’idah 48
  4. An-Nahl 114
  5. Al-Muthaffifin
  6. Al-A’raf 54
  7. Al-Fatihah 4
  8. Al-Humazah
  9. Al-Fatihah 5
  10. At-Taubah
  11. Al-Anbiya 30
  12. At-Tin 4

Pencarian: warafana laka zikrak surah, qs al qari ah, surat al kahfi surat ke 18, suruh yasin, surah albaqarah ayat 1-5

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: