Surat Al-Baqarah Ayat 52

ثُمَّ عَفَوْنَا عَنْكُمْ مِنْ بَعْدِ ذَٰلِكَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Terjemah Arti: Kemudian sesudah itu Kami maafkan kesalahanmu, agar kamu bersyukur.

TAFSIR AYAT

Kemudian Kami pun memaafkan perbuatan mungkar ini, dan Kami menerima Taubat kalian sepulangnya Musa, dengan harapan kalian Mau Bersyukur kepada Allah atas nikmat nikmat dan keutamaan- Nya kepada kalian, dan janganlah kalian terus menerus dalam kekafiran dan kesewenang-wenangan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kemudian kami menghapus dosa-dosa kalian dan memaafkan kalian setelah kalian menyembah anak sapi supaya kalian bersyukur atas anugerah dan ampunan Tuhan kepada kalian

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

52. مِنْ بَعْدِ ذَٰلِكَ
Yakni setelah kalian menyembah anak lembu, kami mengutamakan kalian dengan ampunan atas dosa besar yang kalian kerjakan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar

Makna kata :
Asy-Syukru : Syukur adalah menampakkan kenikmatan dengan mengakuinya dan memuji Allah Ta’ala atas pemberiannya, kemudian mempergunakannya dalam hal yang Allah ridhoi.

Makna ayat :
Maka Allah mengampuni kesalahan itu dan tidak menghukumnya dengan adzab agar mereka bersyukur dengan beribadah kepada Allah saja, tidak menyekutukanNya.

Aisarut Tafasir / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pengajar di Masjid Nabawi

Walaupun kedurhakaan bani israil sudah berlipat-lipat, namun Allah memberikan maaf kepada mereka. Kemudian kami memaafkan kamu atas berbagai kedurhakaan dan ketidaksyukuran yang kamu lakukan setelah itu, agar kamu kembali ke jalan lurus dan bersyukur atas nikmat yang telah dicurahkan oleh Allah. Dengan demikian, semoga kamu dapat memperbaiki diri. Nikmat berikut yang diberikan kepada bani israil adalah kitab taurat dan al-furqa'n. Dan ingatlah lagi, ketika kami memberikan kepada musa kitab kumpulan dari wahyu dan berfungsi sebagai furqa'n, pembeda antara yang hak dengan yang batil, agar kamu memperoleh petunjuk untuk memperoleh kebahagiaan hidup dunia dan akhirat.

Tafsir Ringkas Kemenag

Surat Al-baqarah Ayat 52