Surat Hud Ayat 26

أَن لَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّا ٱللَّهَ ۖ إِنِّىٓ أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ أَلِيمٍ

Arab-Latin: Al lā ta'budū illallāh, innī akhāfu 'alaikum 'ażāba yaumin alīm

Terjemah Arti: Agar kamu tidak menyembah selain Allah. Sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa azab (pada) hari yang sangat menyedihkan".

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Hud Ayat 26

Diketemukan kumpulan penjabaran dari kalangan ahli tafsir mengenai makna surat Hud ayat 26, antara lain sebagaimana berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Aku memerintahkan kalian untuk tidak menyembah kecuali kepada Allah. Sesungguhnya aku takut akan menimpa kalian (bila kalian tidak mengesakan Allah dengan ibadah) azab pada hari yang pedih.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

26. Dan aku mengajak kalian menyembah kepada Allah saja. Maka janganlah kalian menyembah selain Dia. Sesungguhnya aku khawatir kalian akan ditimpa azab yang pedih."


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

26. Janganlah kalian menyembah kecuali kepada Allah semata. Sungguh aku khawatir terhadap kalian dari azab pada hari yang menyakitkan, yaitu azab di dunia dan di akhirat yang berhak diberikan kepada orang-orang yang mendustakan.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

26. إِنِّىٓ أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ أَلِيمٍ (Sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa azab (pada) hari yang sangat menyedihkan)
Ia tidak menjelaskan hari apa itu. Dan maksudnya adalah hari kiamat atau hari terjadinya banjir bandang.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

26. “Agar kalian tidak menyembah selain Allah dengan sekutu lain. Sesungguhnya aku takut jika kalian akan ditimpa azab pada hari yang sangat menyedihkan, atau di dunia dengan banjir bandang.”


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

26 “agar kamu tidak menyembah kecuali Allah” maksudnya, ikhlaskanlah ibadah hanya kepada Allah semata, tinggalkan semua yang disembah selain Allah. ”sesungguhnya aku mengkhawatirkanmu akan ditimpa azab (pada) hari yang sangat menyedihkan” jika kamu tidak mentauhidkan Allah dan menaatiku.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(عذاب يوم أليم) Adzaabu yaumin aliim : Yaitu adzab-Nya pada hari kiamat.

Makna ayat :
Firman-Nya (أن لا تعبدوا إلا الله) peringatan agar kalian tidak beribadah kecuali hanya kepada Allah saja, dan tinggalkanlah peribadatan kepada selain-Nya berupa berhala-berhala. Firman-Nya (إني أخاف عليكم عذاب يوم أليم) sebab ajakan untuk bertauhid dan meninggalkan syirik, karena Nuh khawatir sendainya mereka terus kafir dan ingkar, mereka akan tertimpa azab yang pedih di hari kiamat.

Pelajaran dari ayat :
• Firman-Nya (ألا تعبدوا إلا الله) “agar kamu tidak menyembah selain Allah” bermakna tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah.
• Peringatan akan azab hari kiamat.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 26: Jika kamu menyembah selain-Nya dan tidak menaatiku.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 26

Nabi nuh memperingatkan akan beratnya siksaan yang akan menimpa orang-orang kafir, seraya menyarankan agar kamu tidak menyembah selain Allah tuhan yang maha esa dan mahakuasa. Aku benar-benar khawatir jika kalian tetap dalam kekafiran dan kemusyrikan itu kamu akan ditimpa azab pada hari yang sangat pedih, yaitu hari di mana Allah menurunkan azab-Nya di dunia maupun kelak di akhirat. Ketika azab itu datang, kalian tidak mampu menghindar dari azab itu dan tidak ada pula seorang penolong pun. Mendengar ajakan nabi nuh untuk mengesakan Allah dan tidak menyekutukan-Nya, maka berkatalah para pemuka yang kafir dari kaumnya seraya mengemukakan beberapa alasan, kami tidak melihat engkau sebagai seorang utusan Allah, melainkan hanyalah seorang manusia biasa yang tidak punya kelebihan dan keistimewaan seperti kami yang memiliki kedudukan tinggi dan status sosial di masyarakat. Dan kami pun tidak melihat orang yang mengikuti engkau, melainkan orang yang kedudukannya hina dina di antara kami yang tidak memiliki harta kekayaan dan kedudukan di masyarakat sehingga mudah dibujuk dan lekas percaya menerima ajakanmu. Kami juga tidak melihat engkau memiliki suatu kelebihan apa pun baik ilmu pengetahuan, kekayaan, atau keistimewaan yang luar biasa yang dapat kamu banggakan atas kami sehingga dapat memikat dan mendorong kami mengikuti seruanmu. Bahkan atas alasan itu semua, kami menganggap engkau adalah orang pendusta.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah bermacam penjelasan dari banyak ulama tafsir terhadap makna surat Hud ayat 26, moga-moga membawa faidah untuk kita. Sokonglah perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Hud Ayat 27 Arab-Latin, Hud Ayat 28 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Hud Ayat 29, Terjemahan Tafsir Hud Ayat 30, Isi Kandungan Hud Ayat 31, Makna Hud Ayat 32

Kategori: Surat Hud

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi