Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 77

قَالَ مُوسَىٰ أَتَقُولُونَ لِلْحَقِّ لَمَّا جَاءَكُمْ ۖ أَسِحْرٌ هَٰذَا وَلَا يُفْلِحُ السَّاحِرُونَ

Arab-Latin: Qāla mụsā a taqụlụna lil-ḥaqqi lammā jā`akum, a siḥrun hāżā, wa lā yufliḥus-sāḥirụn

Terjemah Arti: Musa berkata: "Apakah kamu mengatakan terhadap kebenaran waktu ia datang kepadamu, sihirkah ini?" padahal ahli-ahli sihir itu tidaklah mendapat kemenangan".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Musa berkata kepada mereka lantaran merasa aneh dengan perkataan mereka, ”apakah kalian berkata terhadap kebenaran yang datang kepada kalian bahwa ia merupakan sihir yang nyata? perhatikanlah ciri-ciri dari risalah yang datang kepada kalian dan apa yang terkandung padanya, niscaya kalian akan mendapatinya sebagai kebenaran. Dan tukang-tukan sihir tidak akan beruntung dan tidak memperoleh kemenangan di dunia maupun akhirat.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

77. Musa membantah ucapan mereka dengan mengatakan, "Apakah ketika kebenaran datang kepada kalian maka kalian berkata bahwa itu adalah sihir?! Sekali-kali tidak! Itu sama sekali bukan sihir. Dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa seorang penyihir tidak akan beruntung. Jadi bagaimana mungkin aku melakukannya?!"

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

77. أَتَقُولُونَ لِلْحَقِّ لَمَّا جَآءَكُمْ ۖ أَسِحْرٌ هٰذَا (Apakah kamu mengatakan terhadap kebenaran waktu ia datang kepadamu, sihirkah ini?)
Apakah kalian mengatakan bahwa kebenaran itu merupakan sihir? Janganlah kalian mengatakan hal itu karena kebenaran sangat jauh dari kata sihir.

وَلَا يُفْلِحُ السّٰحِرُونَ(padahal ahli-ahli sihir itu tidaklah mendapat kemenangan)
Mereka tidak akan meraih apa yang diinginkan dan tidak akan mendapat kebaikan serta tidak akan selamat dari keburukan. Lalu bagaimana ini akan terjadi bagi orang yang diutus oleh Allah.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

77 Musa berkata kepada mereka: “Apakah kamu mengatakan atas kebenaran yang aku bawa kepadamu ini dengan perkataan: sihirkah ini?” padahal ahli-ahli sihir itu tidaklah mendapat kemenangan”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yakni lihatlah sifatnya dan apa yang ada di dalamnya, kamu akan mengetahui bahwa ia merupakan kebenaran.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Mendengar tuduhan firaun dan pengikutnya, maka nabi musa berkata, pantaskah kamu mengatakan terhadap kebenaran ketika ia datang kepadamu, 'sihirkah ini' sungguh sangat tidak pantas. Padahal kamu sudah tahu bahwa para pesihir itu tidaklah mendapat kemenangan, kapan pun dan di manapun. Setelah firaun dan kaumnya mendengar jawaban nabi musa, lalu mereka berkata, apakah engkau, wahai musa, datang kepada kami untuk memalingkan kami dari apa yang kami dapati nenek moyang kami mengerjakannya, yakni menyembah berhala, dan agar kamu berdua mempunyai kekuasaan di bumi, yakni di negeri mesir' kami tidak akan mempercayai kamu berdua.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 78 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 79 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 80, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 81, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 82, Makna Surat Yunus Ayat 83

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!