Surat At-Taubah Ayat 125

وَأَمَّا ٱلَّذِينَ فِى قُلُوبِهِم مَّرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا۟ وَهُمْ كَٰفِرُونَ

Arab-Latin: Wa ammallażīna fī qulụbihim maraḍun fa zādat-hum rijsan ilā rijsihim wa mātụ wa hum kāfirụn

Artinya: Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir.

« At-Taubah 124At-Taubah 126 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Terkait Dengan Surat At-Taubah Ayat 125

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 125 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah berharga dari ayat ini. Ada beberapa penafsiran dari kalangan pakar tafsir mengenai isi surat At-Taubah ayat 125, sebagiannya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sedangkan orang-orang yang didalam hati mereka terdapat kemunafikan dan keragu-raguan terhadap agama Allah, maka sesungguhnya turunnya surat itu akan menambah kemunafikan dan keragu-raguan pada mereka dari sebelumnya dari kemunafikan dan keragu-raguan yang ada pada mereka. Dan binasalah orang-orang tersebut.Dan mereka adalah orang-orang yang mengingkari Allah dan ayat-ayatNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

125. Sedangkan orang-orang munafik yang hatinya dipenuhi dengan keraguan, turunnya ayat ini hanya menambah keraguan dan kesesatan mereka. Dan mereka akan dibinasakan dalam keadaan mendustakan Allah dan ayat-ayat-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

125. Sementara bagi orang-orang munafik turunnya ayat-ayat Al-Qur`ān yang berisi ketentuan-ketentuan hukum dan kisah-kisah nyata justru membuat mereka bertambah sakit hati dan keji, karena mereka mendustakan ayat-ayat tersebut. Maka sakit hati mereka akan bertambah dengan bertambahnya ayat-ayat Al-Qur`ān yang turun. Karena setiap ada ayat Al-Qur`ān yang turun mereka selalu meragukan apa yang terkandung di dalamnya dan mereka mati dalam kekafiran.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

125. وَأَمَّا الَّذِينَ فِى قُلُوبِهِم مَّرَضٌ (Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit)
Mereka adalah orang-orang munafik.

فَزَادَتْهُمْ(maka dengan surat itu bertambahlah)
Yakni dengan surat yang diturunkan ini.

رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ(kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada))
Yakni menambah kekafiran dan rusaknya kepercayaan mereka sehingga mereka semakin kokoh dalam kekafiran dan terus berlanjut didalamnya sampai mereka mati dalam keadaan kafir dan munafik.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Sesungguhnya hati orang-orang munafiq tidak akan menerima nasehat apapaun melainkan mereka akan semakin menjauh dari nasehat itu : { وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ } "Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada)".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

125. Adapun orang-orang munafik, maka surah yang turun itu menambah keraguan, kekufuran dan kemunafikan, serta kedengkian mereka, lalu mereka mati dalam kekufuran.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit} keraguan dan kemunafikan {maka itu akan menambah kekufuran} keraguan dan kekufuran {disamping kekufuran mereka (yang telah ada)} keraguan dan kekufuran mereka {dan mereka mati dalam keadaan kafir


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

125. “Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit”, yakni kebimbangan dan kemunafikan “maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, di samping kekafirannya (yang telah ada).” Yakni menambahkan penyakit pada penyakit mereka (yang sudah ada), keraguan pada keraguan mereka (yang sudah ada), di mana mereka kufur kepadanya, menentangnya, dan berpaling darinya. Oleh karena itu penyakit mereka bertambah, yang menghantarkan mereka kepada kebinasaan, dan menjadikan hati mereka terkunci, sehingga “mereka mati dalam keadaan kafir.” Ini adalah hukuman bagi mereka karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah, dan mendurhakai RasulNya, maka Dia menimpakan kemunafikan ke dalam hati mereka sampai hari di mana mereka bertemu denganNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 124-125
Allah SWT berfirman: (Dan apabila diturunkan suatu surah) maka dari orang-orang munafik (ada yang berkata, "Siapakah di antara kalian yang bertambah imannya dengan (turunnya) surah ini?”) yaitu sebagian dari mereka berkata kepada sebagian lain,"Siapakah di antara kalian yang bertambah keimanannya karena surah ini?" Lalu Allah SWT berfirman: (Adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini menambah imannya, sedangkan mereka merasa gembira)
Ayat ini merupakan dalil paling besar yang menunjuk­kan bahwa keimanan itu dapat bertambah dan berkurang, (Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka) yaitu keraguan dan kebimbangan mereka bertambah mereka, sebagaimana Allah berfirman (Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian (82)) (Surah Al-Isra’) Demikianlah kecelakaan mereka, bahwa apa memberikan petunjuk kepada hati menjadi penyebab kesesatan dan kehancuran mereka. Sebagaimana orang yang sakit, seandainya disuguh­kan makanan tidak akan menambahkan apapun melainkan kerusakan dan kekurangan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 125: Maksudnya penyakin batin seperti kekafiran, kemunafikan, keragu-raguan dan sebagainya

Menambah penyakit yang telah ada dan menambah keraguan yang telah ada.

Setelah sebelumnya hati mereka dicap. Yang demikian merupakan hukuman bagi mereka, karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan mendurhakai Rasul-Nya, maka Allah tanamkan kemunafikan di hati mereka sampai mereka bertemu dengan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 125

Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit batin, seperti kekafiran, kemunafikan, keragu-raguan, dan sebagainya, maka dengan turunnya surah itu akan menambah kekotoran rohani, yakni kekafiran mereka yang telah ada selama ini dalam hati mereka dan mereka akan mati dalam keadaan kafir. Dan tidakkah mereka orang-orang munafik dan kafir itu memperhatikan dengan saksama bahwa mereka diuji berupa penyakit, paceklik dan bencana alam yang terjadi sekali atau dua kali setiap tahun, namun mereka tidak juga bertobat dari kemunafikan dan kekafiran, dan tidak pula mengambil pelajaran dari berbag.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penafsiran dari banyak mufassirun terhadap kandungan dan arti surat At-Taubah ayat 125 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita. Bantulah dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dilihat

Telaah ratusan halaman yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: Dua (2) Terakhir al-Baqarah, An-Naas, Al-Fatihah 6, Maryam, Al-Baqarah 285-286, Al-Ma’idah 32. Termasuk Yasin 9, Luqman 13, Al-Hujurat 10, At-Taubah 40, Al-Lail, ‘Abasa.

  1. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  2. An-Naas
  3. Al-Fatihah 6
  4. Maryam
  5. Al-Baqarah 285-286
  6. Al-Ma’idah 32
  7. Yasin 9
  8. Luqman 13
  9. Al-Hujurat 10
  10. At-Taubah 40
  11. Al-Lail
  12. ‘Abasa

Pencarian: al-a'raf, al hajj ayat 22, surat ali imran ayat 26 27 latin, al imran ayat 56, albaqarah ayat 41

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: