Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat At-Taubah Ayat 125

وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ كَافِرُونَ

Arab-Latin: Wa ammallażīna fī qulụbihim maraḍun fa zādat-hum rijsan ilā rijsihim wa mātụ wa hum kāfirụn

Terjemah Arti: Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sedangkan orang-orang yang didalam hati mereka terdapat kemunafikan dan keragu-raguan terhadap agama Allah, maka sesungguhnya turunnya surat itu akan menambah kemunafikan dan keragu-raguan pada mereka dari sebelumnya dari kemunafikan dan keragu-raguan yang ada pada mereka. Dan binasalah orang-orang tersebut.Dan mereka adalah orang-orang yang mengingkari Allah dan ayat-ayatNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

125. Sementara bagi orang-orang munafik turunnya ayat-ayat Al-Qur`ān yang berisi ketentuan-ketentuan hukum dan kisah-kisah nyata justru membuat mereka bertambah sakit hati dan keji, karena mereka mendustakan ayat-ayat tersebut. Maka sakit hati mereka akan bertambah dengan bertambahnya ayat-ayat Al-Qur`ān yang turun. Karena setiap ada ayat Al-Qur`ān yang turun mereka selalu meragukan apa yang terkandung di dalamnya dan mereka mati dalam kekafiran.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

125. وَأَمَّا الَّذِينَ فِى قُلُوبِهِم مَّرَضٌ (Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit)
Mereka adalah orang-orang munafik.

فَزَادَتْهُمْ(maka dengan surat itu bertambahlah)
Yakni dengan surat yang diturunkan ini.

رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ(kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada))
Yakni menambah kekafiran dan rusaknya kepercayaan mereka sehingga mereka semakin kokoh dalam kekafiran dan terus berlanjut didalamnya sampai mereka mati dalam keadaan kafir dan munafik.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

Sesungguhnya hati orang-orang munafiq tidak akan menerima nasehat apapaun melainkan mereka akan semakin menjauh dari nasehat itu : { وَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ } "Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada)".

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim

125. Adapun orang-orang munafik, maka surah yang turun itu menambah keraguan, kekufuran dan kemunafikan, serta kedengkian mereka, lalu mereka mati dalam kekufuran.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Maksudnya penyakin batin seperti kekafiran, kemunafikan, keragu-raguan dan sebagainya

Menambah penyakit yang telah ada dan menambah keraguan yang telah ada.

Setelah sebelumnya hati mereka dicap. Yang demikian merupakan hukuman bagi mereka, karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan mendurhakai Rasul-Nya, maka Allah tanamkan kemunafikan di hati mereka sampai mereka bertemu dengan-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit batin, seperti kekafiran, kemunafikan, keragu-raguan, dan sebagainya, maka dengan turunnya surah itu akan menambah kekotoran rohani, yakni kekafiran mereka yang telah ada selama ini dalam hati mereka dan mereka akan mati dalam keadaan kafir. Dan tidakkah mereka orang-orang munafik dan kafir itu memperhatikan dengan saksama bahwa mereka diuji berupa penyakit, paceklik dan bencana alam yang terjadi sekali atau dua kali setiap tahun, namun mereka tidak juga bertobat dari kemunafikan dan kekafiran, dan tidak pula mengambil pelajaran dari berbag.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Taubah Ayat 126 Arab-Latin, Surat At-Taubah Ayat 127 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat At-Taubah Ayat 128, Terjemahan Tafsir Surat At-Taubah Ayat 129, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 1, Makna Surat Yunus Ayat 2

Category: Surat At-Taubah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!