Surat Al-An’am Ayat 106

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ٱتَّبِعْ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ ۖ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ وَأَعْرِضْ عَنِ ٱلْمُشْرِكِينَ

Arab-Latin: Ittabi' mā ụḥiya ilaika mir rabbik, lā ilāha illā huw, wa a'riḍ 'anil-musyrikīn

Artinya: Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu; tidak ada Tuhan selain Dia; dan berpalinglah dari orang-orang musyrik.

« Al-An'am 105Al-An'am 107 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Tentang Surat Al-An’am Ayat 106

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 106 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai hikmah menarik dari ayat ini. Ditemukan pelbagai penjabaran dari beragam pakar tafsir berkaitan kandungan surat Al-An’am ayat 106, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Ikutilah (Wahai rasul), apa yang kami wahyukan kepadamu berupa perintah-perintah dan larangan-larangan dimana yang paling agung ialah mentauhidkan Allah dan mendakwahkannya. Dan jangan pedulikan penentangan keras kaum usyrikin dan klaim batil mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

106. Hai Muhammad, Ikutilah wahyu yang datang dari Tuhanmu berupa al-Qur'an. Dia yang mengatur alam semesta tanpa ada sekutu bagi-Nya. Dan janganlah kamu menyibukkan hati dan pikiranmu untuk memikirkan mereka, namun sibukkanlah diri untuk beribadah dan berzikir kepada-Nya. Dan berpalinglah dari orang-orang musyrik dan perkataan-perkataan mereka yang penuh dengan kebatilan dan kedustaan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

106. Ikutilah -wahai Rasul- kebenaran yang diwahyukan Rabb-mu kepadamu. Karena Dia lah satu-satunya Rabb yang berhak disembah. Dan jangan menyibukkan hatimu dengan penolakan yang ditunjukkan orang-orang kafir. Serahkanlah urusan mereka kepada Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

106. اتَّبِعْ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ ۖ (Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu)
Allah memerintahkan Rasulullah agar tidak menyibukkan pikirannya dengan urusan mereka, namun menyibukkan diri dalam mengikuti apa yang telah diperintahkan Allahkepadanya.

وَأَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِينَ (dan berpalinglah dari orang-orang musyrik)
Dan hukum ini berlaku sebelum diturunkannya ayat yang mewajibkan memerangi mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

106. Wahai Nabi, ikutilah apa yang diwahyukan Allah kepadamu, dan bersaksilah bahwa tiada Tuhan selain Dia, dan hindarilah perdebatan dan permusuhan dengan orang-orang musyrik


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ikutilah apa yang telah diwahyukan dari Tuhanmu kepadamu. Tidak ada tuhan selain Dia. dan berpalinglah dari orang-orang musyrik


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 106-107
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada Rasulallah SAW dan orang yang mengikuti jalannya: (Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu) yaitu ikuti dan amalkanlah jejaknya, karena apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu adalah kebenaran, yang tidak ada keraguan padanya, karena sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Dia. (dan berpalinglah dari orang-orang musyrik)
yaitu maafkanlah dan biarkanlah mereka, serta bersabarlah atas gangguan mereka sampai Allah memberi kemenangan, pertolongan dan keberhasilan kepadamu atas mereka. Ketahuilah bahwa Allah memiliki hikmah dalam menyesatkan mereka. Sesungguhnya jika Dia berkehendak, sungguh Dia memberikan petunjuk kepada semua manusia (Kalau Allah menghendaki, tentu saja Allah menjadikan mereka semua dalam petunjuk) (Surah Al-An’am: 35).
(Dan kalau Allah menghendaki, niscaya mereka tidak mempersekutukan-(Nya)) yaitu bahkan milikNyalah kehendak dan hikmah dalam apa yang Dia kehendaki dan Dia pilih, (Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai (23)) (Surah Al-Anbiya’)
Firman Allah SWT: (Dan Kami tidak menjadikan kamu pemelihara bagi mereka) yaitu penjaga yang menjaga ucapan dan perbuatan mereka (dan kamu sekali-kali bukanlah pemelihara bagi mereka) yaitu orang yang bertanggung jawab atas rezeki dan urusan mereka. Sesungguhnya kewajibanmu tidak lain hanya menyampaikan saja, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan (21) Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka (22)) (Surah Al-Ghasyiyah) dan (karena sesungguhnya tugasmu hanya menyampaikan saja, sedangkan Kamilah yang menghisab amalan mereka) (Surah Ar-Ra'd: 40)


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 106

Sungguh luar biasa wahyu dari Allah, sehingga kaum musyrik pun menuduh nabi mengambilnya dari sumber lain. Maka wajar kalau Allah memerintahkan kepada nabi dan kaum mukmin untuk mengikuti wahyu-Nya. Ikutilah apa yang telah diwahyukan tuhanmu kepadamu, wahai nabi Muhammad, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain dia; dan berpalinglah dari orang-orang musyrik, yakni dengan cara tidak mempedulikan gangguan dari mereka. Sikap kaum musyrik yang menolak dakwah nabi Muhammad menjadikan beliau bersedih. Ayat ini dimaksudkan untuk menghibur nabi Muhammad. Dan sekiranya Allah menghendaki, niscaya mereka tidak mempersekutukan-Nya, dan itu mudah bagi-Nya. Namun Allah tidak menghendaki manusia beriman karena dipaksa, melainkan memberikan pilihan agar manusia beriman karena kesadarannya. Dan Allah kemudian menegaskan kembali dengan berfirman, kami tidak menjadikan engkau penjaga mereka karena kamilah yang mengawasi mereka; dan engkau bukan pula pemelihara mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penafsiran dari para mufassir terkait kandungan dan arti surat Al-An’am ayat 106 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita semua. Support perjuangan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Tersering Dikunjungi

Terdapat berbagai konten yang tersering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Maidah, Ali Imran 190-191, Al-Balad, Al-Baqarah 185, Al-Insyirah 5-6, Al-Baqarah 153. Ada juga Al-Fajr, Luqman 14, Juz al-Qur’an, Ar-Ra’d 11, Al-An’am, Al-‘Adiyat.

  1. Al-Maidah
  2. Ali Imran 190-191
  3. Al-Balad
  4. Al-Baqarah 185
  5. Al-Insyirah 5-6
  6. Al-Baqarah 153
  7. Al-Fajr
  8. Luqman 14
  9. Juz al-Qur’an
  10. Ar-Ra’d 11
  11. Al-An’am
  12. Al-‘Adiyat

Pencarian: terjemahan ayat 1-7 surah al-muddassir, innallaha ma ashobirin allah bersama orang yang sabar, surat ay yusuf ayat 4, surat untuk menenangkan hati, al baqarah 100

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: