Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-An’am Ayat 106

اتَّبِعْ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنْ رَبِّكَ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ وَأَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِينَ

Arab-Latin: Ittabi' mā ụḥiya ilaika mir rabbik, lā ilāha illā huw, wa a'riḍ 'anil-musyrikīn

Terjemah Arti: Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu; tidak ada Tuhan selain Dia; dan berpalinglah dari orang-orang musyrik.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Ikutilah (Wahai rasul), apa yang kami wahyukan kepadamu berupa perintah-perintah dan larangan-larangan dimana yang paling agung ialah mentauhidkan Allah dan mendakwahkannya. Dan jangan pedulikan penentangan keras kaum usyrikin dan klaim batil mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

106. Ikutilah -wahai Rasul- kebenaran yang diwahyukan Rabb-mu kepadamu. Karena Dia lah satu-satunya Rabb yang berhak disembah. Dan jangan menyibukkan hatimu dengan penolakan yang ditunjukkan orang-orang kafir. Serahkanlah urusan mereka kepada Allah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

106. اتَّبِعْ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ ۖ (Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu)
Allah memerintahkan Rasulullah agar tidak menyibukkan pikirannya dengan urusan mereka, namun menyibukkan diri dalam mengikuti apa yang telah diperintahkan Allahkepadanya.

وَأَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِينَ (dan berpalinglah dari orang-orang musyrik)
Dan hukum ini berlaku sebelum diturunkannya ayat yang mewajibkan memerangi mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

106. Wahai Nabi, ikutilah apa yang diwahyukan Allah kepadamu, dan bersaksilah bahwa tiada Tuhan selain Dia, dan hindarilah perdebatan dan permusuhan dengan orang-orang musyrik

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Sungguh luar biasa wahyu dari Allah, sehingga kaum musyrik pun menuduh nabi mengambilnya dari sumber lain. Maka wajar kalau Allah memerintahkan kepada nabi dan kaum mukmin untuk mengikuti wahyu-Nya. Ikutilah apa yang telah diwahyukan tuhanmu kepadamu, wahai nabi Muhammad, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain dia; dan berpalinglah dari orang-orang musyrik, yakni dengan cara tidak mempedulikan gangguan dari mereka. Sikap kaum musyrik yang menolak dakwah nabi Muhammad menjadikan beliau bersedih. Ayat ini dimaksudkan untuk menghibur nabi Muhammad. Dan sekiranya Allah menghendaki, niscaya mereka tidak mempersekutukan-Nya, dan itu mudah bagi-Nya. Namun Allah tidak menghendaki manusia beriman karena dipaksa, melainkan memberikan pilihan agar manusia beriman karena kesadarannya. Dan Allah kemudian menegaskan kembali dengan berfirman, kami tidak menjadikan engkau penjaga mereka karena kamilah yang mengawasi mereka; dan engkau bukan pula pemelihara mereka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-An’am Ayat 107 Arab-Latin, Surat Al-An’am Ayat 108 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-An’am Ayat 109, Terjemahan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 110, Isi Kandungan Surat Al-An’am Ayat 111, Makna Surat Al-An’am Ayat 112

Category: Surat Al-An'am

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!