Surat Al-An’am Ayat 105

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَكَذَٰلِكَ نُصَرِّفُ ٱلْءَايَٰتِ وَلِيَقُولُوا۟ دَرَسْتَ وَلِنُبَيِّنَهُۥ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Wa każālika nuṣarriful-āyāti wa liyaqụlụ darasta wa linubayyinahụ liqaumiy ya'lamụn

Artinya: Demikianlah Kami mengulang-ulangi ayat-ayat Kami supaya (orang-orang yang beriman mendapat petunjuk) dan supaya orang-orang musyrik mengatakan: "Kamu telah mempelajari ayat-ayat itu (dari Ahli Kitab)", dan supaya Kami menjelaskan Al Quran itu kepada orang-orang yang mengetahui.

« Al-An'am 104Al-An'am 106 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-An’am Ayat 105

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 105 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa kandungan mendalam dari ayat ini. Didapati beberapa penafsiran dari kalangan ahli tafsir berkaitan kandungan surat Al-An’am ayat 105, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebagiamana dalam al-qur’an ini kami telah menjelaskan kepada kaum musyrikin bukti-bukti nyata dalam perkara tauhid, kenabian dan tempat kembali (akhirat), kami (juga) menerangkan bukti-bukti kepada mereka tentang segala yang tidak mereka ketahui, tetapi mereka justru mengatakan dengan berdusta , ”Engkau telah belajar dari ahli kitab” Dan agar kami menjelaskan kebenaran melalui pengulangan ayat-ayat yang kami lakukan, kepada kaum yang mengetahuinya, kemudian mereka terima dan ikuti. Mereka itu adalah orang-orang yang beriman kepada Rasulullah, Muhammad dan wahyu yang diturunkan kepadanya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

105. Demikianlah Kami mengulang-ulang ayat-ayat al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia yang mencari petunjuk dan jalan yang lurus. Adapun orang-orang yang telah buta hati mereka dan tidak mendapat manfaat dari ayat-ayat tersebut maka mereka akan berkata: "Hai Muhammad, Sebenarnya kamu mempelajari ayat-ayat ini dari ahli kitab."

Dan dengan pengulangan ayat-ayat ini kami menjelaskan petunjuk dan kebenaran bagi orang-orang yang beriman.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

105. Di samping memberikan beragam dalil dan bukti yang menunjukkan kekuasaan Allah, Kami juga memberikan beragam ayat yang berisi janji, ancaman, serta peringatan. Dan orang-orang musyrik akan mengatakan, “Ini bukan wahyu, tetapi kamu mempelajarinya dari kitab yang ada sebelumnya.” Dan Kami hendak menjelaskan fakta yang benar kepada umat manusia melalui beragam ayat yang Kami berikan kepada orang-orang mukmin dari kalangan umat Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-. Karena merekalah yang bisa menerima dan mengikuti kebenaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

105. وَكَذٰلِكَ نُصَرِّفُ الْءَايٰتِ (Demikianlah Kami mengulang-ulangi ayat-ayat Kami)
Dengan janji pemberian balasan dan ancaman, pengajaran dan peringatan.

وَلِيَقُولُوا۟ دَرَسْتَ(dan supaya orang-orang musyrik mengatakan: “Kamu telah mempelajari ayat-ayat itu (dari Ahli Kitab)”)
Dan orang-orang musyrik apabila mendengar penjelasan ini akan mengatakan bahwa kamu hai Muhammad tidak mendatangkan hal ini (dari Tuhanmu), namun kamu mempelajari ilmu ahli kitab dan belajar dari mereka.

وَلِنُبَيِّنَهُۥ (dan supaya Kami menjelaskannya)
Yakni menjelaskan al-qur’an.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

105. Seperti halnya penjelasan yang telah disebutkan itu, Kami akan menerangkan ayat-ayat itu (lagi) dengan cara yang berbeda-beda sesuai janji dan peringatan itu supaya mereka belajar. Dan sungguh akibat perkara tersebut, orang-orang kafir akan berkata: “Wahai Muhammad, sesungguhnya kamu telah mempelajari ilmu-ilmu ahli kitab, sehingga kamu (bisa membawa Al-Qur’an ini” dan supaya Kami akan menjelaskan Al-Qur’an bagi kaum yang mengerti tentang kebenaran lalu mengikutinya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pengawas yang menghitung amal kalian {Demikianlah Kami menjelaskan} merincikan {ayat-ayat Kami dan agar mereka mengatakan,“Kamu telah mempelajari} kamu telah mempelajari orang-orang sebelummu yaitu Ahlul kitab dan telah mengambil pelajaran dari mereka {dan agar Kami menjelaskannya} supaya Kami menjelaskan kebenaran {kepada kaum yang mengetahui


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 104-105
“Al-Bashair” adalah bukti dan hujjah yang terkandung di dalam Al-Qur'an dan apa yang dibawa oleh Rasulullah SAW (maka barang siapa melihat (kebenaran itu), maka (manfaatnya) bagi dirinya sendiri)
sebagaimana firmanNya: (Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat, maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri) (Surah Al-Isra: 15) Oleh karena itu Allah berfirman (dan barang siapa buta (tidak melihat kebenaran itu), maka kemudaratannya kembali kepadanya) ketika Dia menyebut “Al-Bashair” (dan barang siapa buta (tidak melihat kebenaran itu), maka kemudaratannya kembali kepadanya)
yaitu sesungguhnya bencananya akan menimpa dirinya; sebagaimana firmanNya: (Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada) (Surah Al-Hajj: 46)
(Dan aku (Muhammad) sekali-kali bukanlah pemelihara (kalian)) yaitu bukan pemelihara, dan bukan juga sebagai pengawas, melainkan aku hanya sebagai orang yang menyampaikan; dan Allah itu memberi petunjuk kepda siapa saja yang Dia kehendaki dan menyesatkan siapa saja yang Dia kehendaki.
Firman Allah: (Demikianlah Kami mengulang-ulangi ayat-ayat Kami) yaitu sebagaimana Kami menjelaskan secara rinci ayat-ayat itu di surat ini berupa penjelasan tentang keesaan bahwa itu tidak ada Tuhan selain Dia. Demikian juga Kami menjelaskan, menafsirkan, dan menerangkan ayat-ayat itu pada setiap tempatnya, karena ketidaktahuan orang-orang yang bodoh, dan agar orang-orang musyrik dan orang-orang kafir yang berdusta itu berkata,"Wahai Muhammad, kamu telah belajar dari orang-orang Ahli Kitab sebelummu, dan kamu telah membaca serta mengetahuinya dari mereka" Demikianlah yang dikatakan oleh Ibnu Abbas, Mujahid, Sa'id bin Jubair, Adh-Dhahhak, dan lainnya.
Ini sebagaimana firman Allah SWT yang memberitahukan tentang kedustaan dan keingkaran mereka: (Dan orang-orang kafir berkata, "Al-Qur’an ini tidak lain hanyalah kebohongan yang diada-adakan oleh Muhammad, dan dia dibantu oleh kaum yang lain "; maka sesungguhnya mereka telah berbuat suatu kezaliman dan dusta yang besar (4) Dan mereka berkata, "Dongengan-dongengan orang-orang dahulu, dimintanya supaya dituliskan”) (Surah Al-Furqan: 4, 5)
Firman Allah SWT: (dan supaya Kami menjelaskan Al-Qur’an itu kepada orang-orang yang mengetahui)
yaitu agar Kami menerangkannya kepada kaum yang mengetahui kebenaran, lalu mereka mengikutinya, dan mereka menjauhi kebathilan. Maka hanya milik Allahlah ketentuan tentang kesesatan mereka, dan penjelasan tentang kebenaran kepada mereka. sebagaimana firman Allah SWT: (Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk) (Surah Al-Baqarah: 26) dan (agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh setan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan yang kasar hatinya. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu benar-benar dalam permusuhan yang sangat) (Surah Al-Hajj: 53) dan ayat-ayat lain yang menunjukkan bahwa Allah SWT menurunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Dan dengan itu Dia menyesatkan orang-orang yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki.
Oleh karena itu Allah berfirman di sini: (Demikianlah Kami mengulang-ulangi ayat-ayat Kami supaya (orang-orang yang beriman mendapat petunjuk) dan supaya orang-orang yang musyrik mengatakan, "Kamu telah mempelajari ayat-ayat itu (dari Ahli Kitab), "dan supaya Kami menjelaskan Al-Qur'an itu kepada orang-orang yang mengetahui) At-Tamimi meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa "Darasta" maknanya adalah kamu telah membaca dan kamu telah mempelajari”. Demikian juga yang dikatakan oleh Mujahid dan As-Suddi


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 105

Setelah mengingatkan tugas nabi Muhammad, kelompok ayat ini ditutup dengan pernyataan Allah sebagai berikut. Dan demikianlah kami menjelaskan berulang-ulang ayat-ayat sebagai bukti-bukti kekuasaan kami, baik berupa fenomena yang tergelar di alam semesta maupun yang tertulis di dalam Al-Qur'an, agar orang beriman dapat meraih petunjuk. Hal tersebut mengakibatkan orang-orang musyrik mengatakan, engkau telah mempelajari ayat-ayat itu dari ahli kitab atau siapa pun. Dan hal itu juga bertujuan agar kami menjelaskan Al-Qur'an itu kepada orang-orang yang mengetahui. Sungguh luar biasa wahyu dari Allah, sehingga kaum musyrik pun menuduh nabi mengambilnya dari sumber lain. Maka wajar kalau Allah memerintahkan kepada nabi dan kaum mukmin untuk mengikuti wahyu-Nya. Ikutilah apa yang telah diwahyukan tuhanmu kepadamu, wahai nabi Muhammad, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain dia; dan berpalinglah dari orang-orang musyrik, yakni dengan cara tidak mempedulikan gangguan dari mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjelasan dari beragam ahli tafsir terkait isi dan arti surat Al-An’am ayat 105 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita. Sokong dakwah kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Sering Dicari

Nikmati banyak materi yang sering dicari, seperti surat/ayat: Al-An’am, Al-Fajr, Juz al-Qur’an, Al-‘Adiyat, Luqman 14, Ali Imran 190-191. Ada juga Al-Maidah, Al-Baqarah 153, Ar-Ra’d 11, Al-Balad, Al-Baqarah 185, Al-Insyirah 5-6.

  1. Al-An’am
  2. Al-Fajr
  3. Juz al-Qur’an
  4. Al-‘Adiyat
  5. Luqman 14
  6. Ali Imran 190-191
  7. Al-Maidah
  8. Al-Baqarah 153
  9. Ar-Ra’d 11
  10. Al-Balad
  11. Al-Baqarah 185
  12. Al-Insyirah 5-6

Pencarian: quran surat al-ahzab ayat 70, yasin ayat 4, quran surah almujadilah ayat 11, bacaan surah ar rahman, almaidah ayat 8

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: