Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-An’am Ayat 39

وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا صُمٌّ وَبُكْمٌ فِي الظُّلُمَاتِ ۗ مَنْ يَشَإِ اللَّهُ يُضْلِلْهُ وَمَنْ يَشَأْ يَجْعَلْهُ عَلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Arab-Latin: Wallażīna każżabụ bi`āyātinā ṣummuw wa bukmun fiẓ-ẓulumāt, may yasya`illāhu yuḍlil-hu wa may yasya` yaj'al-hu 'alā ṣirāṭim mustaqīm

Terjemah Arti: Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami adalah pekak, bisu dan berada dalam gelap gulita. Barangsiapa yang dikehendaki Allah (kesesatannya), niscaya disesatkan-Nya. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah (untuk diberi-Nya petunjuk), niscaya Dia menjadikan-Nya berada di atas jalan yang lurus.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Orang-orang yang mendustakan hujjah-hujjah Allah adalah orang-orang yang tuli, yang tidak dapat mendengarkan yang bermanfaat bagi mereka, orang-orang bisu yang tidak bicara atas dasar kebenaran. Mereka dilanda kebingungan dalam kegelapan yang bertumpuk-tumpuk. Tidak mau memilih jalan istiqamah (yanglurus). Barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, maka dia akan tersesat, Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah (untuk diberi petunjuknya), niscaya Dia menjadikannya berada di atas jalan yang lurus.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

39. Orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami laksana orang-orang tuli yang tidak bisa mendengar dan orang-orang bisu yang tidak bisa berbicara. Di samping itu mereka juga berada di dalam kegelapan yang membuat mereka tidak bisa melihat apa-apa. Jadi mana mungkin orang-orang seperti itu bisa menemukan jalan yang benar? Siapa saja yang Allah kehendaki dari kalangan manusia untuk disesatkan, Dia pasti akan menyesatkannya. Dan siapa saja yang Dia kehendaki untuk diberi petunjuk, Dia pasti memberinya petunjuk dengan menempatkannya di jalan lurus yang tidak berkelok-kelok.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

39. وَالَّذِينَ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايٰتِنَا صُمٌّ (Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami adalah pekak)
Yakni yang tidak mendengar dengan pendengaran mereka.

وَبُكْمٌ (bisu)
Yakni yang tidak berbicara degan lisan-lisan mereka.

فِى الظُّلُمٰتِ ۗ (berada dalam gelap gulita)
Yakni dalam kegelapan kekafiran, kejahilan, dan kebingungan. Yakni mereka bagaikan orang buta dan bisu dalam gelap gulita, tidak dapat melihat jalan dan tidak memanggil orang untuk menuntunnya kejalan yang benar, dan tidak pula dilihat oleh orang lain untuk menuntunnya; maka bagaimana ia akan sampai pada tujuannya dan dapat menempuh jalan keselamatan?

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

39 Orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami yaitu Alquran adalah tuli untuk mendengarkan apa yang bermanfaat untuk mereka dengan pendengaran menelaah dan tadabbur dan bisu untuk mengatakan kebenaran. Mereka berada dalam kegelapan kekufuran dan kebodohan. Mereka tidak mendapat petunjuk kebenaran dan kemanfaatan untuk mereka sedikitpun. Barangsiapa yang dikehendaki Allah menjadi sesat, niscaya dia disesatkan-Nya, dan barangsiapa yang dikehendaki Allah untuk mendapat petunjuk, niscaya Dia menjadikan-Nya berada di atas jalan yang lurus yaitu agama Islam. Penyesatan dan petunjuk sesuai dengan ketetapan azali Allah atas makhluk-Nya. Barangsiapa yang disesatkan maka dia akan dijadikan menolak seruan-Nya, begitu juga barangsiapa yang duberi petunjuk maka dia akan dijadikan melihat dan menelaah dengan fikirannya, bukan dengan meniru tanpa ilmu.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ayat ini menerangkan keadaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah lagi mendustakan rasul-Nya, bahwa mereka telah menutup pintu hidayah terhadap diri mereka dan membuka pintu kebinasaan. Telinga mereka tuli dari mendengarkan kebenaran dan mulut mereka bisu dari menyebutkannya sehingga yang mereka sebut adalah kebatilan.

Yakni tenggelam dalam gelapnya kebodohan, kekufuran, kezaliman, sikap membangkang, dan berbuat maksiat. Hal ini termasuk penyesatan Allah untuk mereka.

Disesatkan Allah berarti bahwa orang itu sesat karena keingkarannya dan tidak mau memahami petunjuk-petunjuk Allah.

Yaitu Islam. Allah yang sendiri memberi hidayah dan menyesatkan sesuai karunia dan hikmah (kebijaksanaan)-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah bukti kekuasaan Allah sedemikian jelas seperti dijelaskan pada ayat sebelumnya, orang-orang yang beriman pasti dapat mengambil pelajaran, namun tidak demikian dengan orang-orang yang tidak beriman. Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami yang sudah sedemikian jelas lagi mulia adalah orang yang tuli, tidak bisa mendengar, dan juga bisu, tidak dapat berbicara, dan berada dalam gelap gulita tanpa cahaya penuntun hidup. Barang siapa dikehendaki Allah dalam kesesatan, niscaya disesatkan-Nya dengan membiarkannya tetap berada di jalan yang sesat. Dan barang siapa dikehendaki Allah untuk diberi petunjuk karena berusaha maksimal untuk meraihnya, niscaya dia menjadikannya berada di atas jalan yang lurus. Begitulah janji Allah. Pada ayat 37 diinformasikan bahwa para pendurhaka mempertanyakan kemampuan Allah menurunkan bukti kebenaran risalah nabi Muhammad, maka ayat ini memerintahkan nabi Muhammad untuk menantang mereka. Katakanlah, wahai nabi, kepada mereka yang masih saja enggan untuk beriman, terangkanlah kepadaku jika siksaan Allah sampai kepadamu pada saat hidup di dunia ini, atau hari kiamat sampai kepadamu dengan segala situasi dan keadaannya yang amat berat, apakah kamu akan menyeru tuhan selain Allah, jika kamu orang yang benar dengan ucapanmu bahwa Allah memiliki sekutu, maka serulah tuhan-tuhan kamu itu!

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-An’am Ayat 40 Arab-Latin, Surat Al-An’am Ayat 41 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-An’am Ayat 42, Terjemahan Tafsir Surat Al-An’am Ayat 43, Isi Kandungan Surat Al-An’am Ayat 44, Makna Surat Al-An’am Ayat 45

Category: Surat Al-An'am

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!