Surat Al-Humazah Ayat 6

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

نَارُ ٱللَّهِ ٱلْمُوقَدَةُ

Arab-Latin: Nārullāhil-mụqadah

Artinya: (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,

« Al-Humazah 5Al-Humazah 7 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Humazah Ayat 6

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Humazah Ayat 6 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir mendalam dari ayat ini. Didapatkan aneka ragam penjelasan dari kalangan mufassirun terhadap makna surat Al-Humazah ayat 6, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

6-7. Ia adalah api Allah yang menyala dan berkobar dahsyat, Yang karena sangat panasnya menembus tubuh hingga kedalam hati.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

6. Itu merupakan api Allah yang menyala-nyala selamanya. Api ini dinisbahkan kepada Allah, karena dengannya Allah memberi siksaan, dan tidak ada yang dapat memberi azab dengan azab api neraka selain-Nya. itu merupakan azab yang adil, dan azab mereka setara dengan amal perbuatan mereka; karena mereka adalah orang-orang yang suka menghina, sedangkan hinaan dapat menghancurkan seseorang. Maka mereka mendapat balasan yang sesuai dengan amalan, bahkan dari sisi namanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

6. Itulah Neraka Allah yang menyala-nyala.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

6-8
1 ). Akhlaq yang buruk adalah racun yang membunuh, dan kebinasaan yang berbekas, juga kehinaan yang tersingkap, akhlaq yang buruk adalah kejahatan nampak, akhlaq yang buruk adalah syaithon-syaiton yang dijauhkan dari rahmat Tuhan semesta alam, akhlaq yang buruk dapat membawa tuannya kepada buruknya perilaku syaithon, dia juga yang akan membawa sesoang kepada pintu-pintu neraka .

2 ). { الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ } Maka ketika hati mereka dijadikan tempat keyakinan-keyakinan bathil, dan sumber ucapan-ucapan keji dan dengki terhadap orang-orang beriman, sesungguhnya mereka sedang menanti balasan yang akan mengancurkan dan membakar tubuh mereka dengan api neraka.

3 ). { إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ } Pintu-pintu neraka yang tertutup rapat tidak ada harapan sedikit pun bagi mereka untuk lolos, kesempatan bagi penghuni neraka untuk memohon perlindungan kepada Allah telah tiada, perhatikanlah jika seseorang berada dalam sebuah ruangan atau mobil, kemudian tanpa ia sadari tiba-tiba api menyala, dan tidak ada baginya jalan keluar untul meloloskan diri, bagaimana dengan keadaannya setelah itu ? , sungguh itu adalah kesialan yang tak terobati, dan Allah telah mengabarkan kepada hamba-hamba Nya tentang jalan keluar dari segala kesialan dan malapeta dunia dan akhirat, Allah mengirimkan kepada kita wahyunya melalui Nabi Muhammad tidak sekedar untuk dibaca, tetapi agar kita waspada dari sifat-sifat yang buruk yang dijelaskan dalam surah ini !.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

6. (Yaitu) Neraka Allah yang menyala-nyala sangat besar dan tidak akan pernah padam selamanya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

(yaitu) api Allah yang dinyalakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

4-7. “Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan,” yakni, akan dilemparkan, “Ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?” ini adalah ungkapan sebagai pengagungan kondisinya . Kemudian Allah menjelaskannya FirmanNya, “(Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,” yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan, “yang” karena dahsyatnya, “naik sampai ke hati,” yakni merasuk dari tubuh hingga ke hati.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-9
“Al-hammaz” dilakukan dengan ucapan dan “al-lammaz”dilakukan dengan perbuatan. yaitu mencela dan merendahkan orang lain. Penjelasan tentang hal itu telah disebutkan dalam firmanNya: (yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur hasutan (11)) (Surah Al-Qalam)
Ibnu Abbas berkata bahwa (humazah lumazah) adalah orang yang suka mencela dan membuka aib.
Ar-Rabi' bin Anas berkata bahwa “al-humazah” adalah orang yang mencela di depan, sedangkan “al-lumazah” adalah mencela dari belakang.
Qatadah berkata bahwa itu adalah mencela orang lain dengan lisan dan matanya, dan suka mengumpat serta menjatuhkan orang lain.
Mujahid berkata bahwa “Al-humazah” itu dilakukan tangan dan mata, sedangkan “Al-lumazah” itu dengan lisan. Demikian juga dikatakan Ibnu Zaid.
Mujahid berkata bahwa ayat ini umum.
Firman Allah: (yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya (2)) yaitu mengumpulkan sebagiannya atas sebagian lain dan menghitung jumlahnya, sebagaimana firmanNya: (Serta mengumpulkan (harta benda), lalu menyimpannya (18)) (Surah Al-Ma'arij) Pendapat itu dikatak Ibnu Jarir.
Firman Allah: (dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya (3)) yaitu, mengira bahwa dengan mengumpulkan harta, maka itu akan membuatnya kekal di dunia ini, (Sekali-kali tidak!) yaitu perkaranya tidak seperti yang dia kira dan duga. Kemudian Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Hutamah) yaitu, sungguh orang yang menghimpun dan menghitung-hitung harta akan dicampakkan ke dalam Hutamah. Itu adalah salah satu nama neraka, karena ia meremuk redamkan orang yang dimasukkan ke dalamnya. Oleh karena itu Allah berfirman: (Dan tahukah kamu apa Hutamah itu? (5) (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan (6) yang (membakar) sampai ke hati (7)) Tsabit Al-Bannani berkata bahwa itu membakar mereka sampai ke hati, sedangkan mereka dalam keadaan hidup.
Firman Allah: (Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka (8)) yaitu ditutup rapat, sebagaimana yang dijelaskan dalam tafsir surah Al-Balad.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ((sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang (9)) yaitu pintu-pintu yang merupakan tiang–tiang panjang
Abu Shalih berkata tentang firmanNya: ((sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang (9)) yaitu belenggu-belenggu yang memanjang.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Neraka huthomah adalah nereka yang apinya telah dinyalakan sejak pertama kali diciptakan, api huthomah dinyalakan oleh Malaikat penjaga neraka, dan bahan bakar yang dipakai adalah dari tubuh-tubuh otrang kafir dan batu-batu yang besar, neraka huthomah yang diciptakan oleh Allah - عز وجل - dengan sendirinya, maka siapakah yang mampu untuk mematikan apinya ? tidak satupun yang mampu untuk melakukan hal itu, dan itu adalah perkara yang mustahil, walau sekalipun manusia seluruhnya saling menolong untuk memadamkan apai neraka sungguh hal itu tidak akan mampu mereka lakukan selamanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

5-6. Allah Ta'ala berfirman: وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ " Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?" Bentuk ungkapan kalimat ini bertuajuan pengagungan dan pembesaran. نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ "(yaitu) api neraka Allah yang dinyalakan," Inilah jawabannyayaitu: al-Huthomah adalah nerakan Allah yang dinyalakan, Allah Subhaanahu Wa Ta'ala menyandarkannya kepada diri-Nya, karena Allah mengazab dengannya orang yang berhak untuk mendapat asab. Ini adalah hukuman keadilan bukan hukuman kezaliman. Karena membakar dengan api bisa berupa kezaliman, bisa juga berupa keadilan, seperti mengazab orang-orang kafir dengan api neraka, tidak diragukan lagi hukuman ini adalah bentuk keadilan, dengannya Rabb 'Azza Wa Jalla dipuji, di mana Dia membalas orang-orang kafir dengan yang sesuai.

Dan cermatilah firman Allah : الْحُطَمَةُ [Al-Huthomah] dengan perbuatan pelaku ini هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ [Humazah lumazah]. Huthomah dan humazah lumazah dalam bentuk wazan yang serupa, agar gancarannya sebanding dengan perbuatan, sampai pada lafaz نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ "Neraka Allah yang dinyalakan" maknanya: Dikobarkan dinyalakan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Humazah ayat 6: Allah mesifatkan Al Huthamah dan menjelaskan bahwa maksudnya adalah neraka milik Allah yang menyambar-nyambar apinya, yang tidak redup selamanya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Humazah Ayat 6

Hutamah ialah api azab Allah yang dinyalakan, 7. Yang panasnya menembus dada manusia sampai ke hati lalu membakarnya. Hati adalah organ yang paling sensitif terhadap rasa sakit dalam kadar kecil sekalipun, lalu bagaimana bila api neraka itu sampai membakarnya hingga lebur'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjabaran dari para mufassirin terhadap isi dan arti surat Al-Humazah ayat 6 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita semua. Bantulah kemajuan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dikunjungi

Tersedia ratusan topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Bayyinah, Al-Fath, Inna Lillahi, Al-Insyirah, At-Tin, Al-Ma’un. Ada pula Al-Baqarah 183, Yusuf 4, Ali ‘Imran 159, Al-Fil, Alhamdulillah, Al-‘Alaq.

  1. Al-Bayyinah
  2. Al-Fath
  3. Inna Lillahi
  4. Al-Insyirah
  5. At-Tin
  6. Al-Ma’un
  7. Al-Baqarah 183
  8. Yusuf 4
  9. Ali ‘Imran 159
  10. Al-Fil
  11. Alhamdulillah
  12. Al-‘Alaq

Pencarian: surah ali imran ayat 26-27, arti almaun, al balad artinya, surat al-kautsar beserta artinya, arti surat an nasr

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: