Surat Al-Humazah Ayat 5

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู…ูŽุงู“ ุฃูŽุฏู’ุฑูŽู‰ูฐูƒูŽ ู…ูŽุง ูฑู„ู’ุญูุทูŽู…ูŽุฉู

Arab-Latin: Wa mฤ adrฤka mal-แธฅuแนญamah

Artinya: Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?

ยซ Al-Humazah 4 โœต Al-Humazah 6 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat Al-Humazah Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Humazah Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir berharga dari ayat ini. Didapatkan bermacam penjelasan dari berbagai ahli tafsir terhadap makna surat Al-Humazah ayat 5, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Tahukah kamu (wahai rasul), apa itu hakikat api neraka?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

5. Dan apa yang kamu ketahui tentang hakikat neraka yang menghancurkan setiap orang yang dimasukkan ke dalamnya ini?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Tahukah kamu -wahai Rasul- apakah Neraka yang menghancurkan segala yang dilemparkan ke dalamnya?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

5-6. Allah Ta'ala berfirman: ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽุฏู’ุฑูŽุงูƒูŽ ู…ูŽุง ุงู„ู’ุญูุทูŽู…ูŽุฉู " Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?" Bentuk ungkapan kalimat ini bertuajuan pengagungan dan pembesaran. ู†ูŽุงุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ู…ููˆู‚ูŽุฏูŽุฉู "(yaitu) api neraka Allah yang dinyalakan," Inilah jawabannyayaitu: al-Huthomah adalah nerakan Allah yang dinyalakan, Allah Subhaanahu Wa Ta'ala menyandarkannya kepada diri-Nya, karena Allah mengazab dengannya orang yang berhak untuk mendapat asab. Ini adalah hukuman keadilan bukan hukuman kezaliman. Karena membakar dengan api bisa berupa kezaliman, bisa juga berupa keadilan, seperti mengazab orang-orang kafir dengan api neraka, tidak diragukan lagi hukuman ini adalah bentuk keadilan, dengannya Rabb 'Azza Wa Jalla dipuji, di mana Dia membalas orang-orang kafir dengan yang sesuai.

Dan cermatilah firman Allah : ุงู„ู’ุญูุทูŽู…ูŽุฉู [Al-Huthomah] dengan perbuatan pelaku ini ู‡ูู…ูŽุฒูŽุฉู ู„ูู…ูŽุฒูŽุฉู [Humazah lumazah]. Huthomah dan humazah lumazah dalam bentuk wazan yang serupa, agar gancarannya sebanding dengan perbuatan, sampai pada lafaz ู†ูŽุงุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุงู„ู’ู…ููˆู‚ูŽุฏูŽุฉู "Neraka Allah yang dinyalakan" maknanya: Dikobarkan dinyalakan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5. Apakah kamu mengetahui apa itu Huthamah atau Neraka Jahanam? Pertanyaan ini untuk menakut-nakuti. Makna lainnya yaitu apa itu huthamah? Seakan akan hal itu asing bagi akal pikiran (mereka)


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan apakah kamu tahu apa itu Huthamah}


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

4-7. โ€œSekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan,โ€ yakni, akan dilemparkan, โ€œKe dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?โ€ ini adalah ungkapan sebagai pengagungan kondisinya . Kemudian Allah menjelaskannya FirmanNya, โ€œ(Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,โ€ yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan, โ€œyangโ€ karena dahsyatnya, โ€œnaik sampai ke hati,โ€ yakni merasuk dari tubuh hingga ke hati.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Dan tahukah kamu apa neraka huthomah itu ?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Humazah ayat 5: Allah berkata kepada Nabi-Nya Muhammad ๏ทบ : Apakah engkau tahu wahai Nabi Allah, akan hakikat neraka ini ?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kalimat ini untuk memperbesar perkaranya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Humazah Ayat 5

Dan tahukah kamu apakah neraka hutamah itu' demikian pertanyaan Allah guna menarik perhatian serius manusia terhadap apa yang disampaikan-Nya. 6. Hutamah ialah api azab Allah yang dinyalakan, .


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari banyak ahli ilmu berkaitan kandungan dan arti surat Al-Humazah ayat 5 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita. Bantu perjuangan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dikaji

Terdapat berbagai materi yang tersering dikaji, seperti surat/ayat: Alhamdulillah, Al-Fil, Al-Baqarah 183, Al-Ma’un, Al-Bayyinah, Yusuf 4. Ada juga Ali ‘Imran 159, Al-Fath, Inna Lillahi, Al-Insyirah, Al-‘Alaq, At-Tin.

  1. Alhamdulillah
  2. Al-Fil
  3. Al-Baqarah 183
  4. Al-Ma’un
  5. Al-Bayyinah
  6. Yusuf 4
  7. Ali ‘Imran 159
  8. Al-Fath
  9. Inna Lillahi
  10. Al-Insyirah
  11. Al-‘Alaq
  12. At-Tin

Pencarian: surat at taubah ayat 36, surat yunus ayat 10, al qalam ayat 1, al imran ayat 200, al imran ayat 7

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: