Daftar Isi > Al-'Adiyat > Al-‘Adiyat 10

Surat Al-‘Adiyat Ayat 10

وَحُصِّلَ مَا فِى ٱلصُّدُورِ

Arab-Latin: Wa huṣṣila mā fiṣ-ṣudụr

Artinya: Dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada,

« Al-'Adiyat 9Al-'Adiyat 11 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-‘Adiyat Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat Al-‘Adiyat Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Didapatkan variasi penjabaran dari banyak ulama mengenai kandungan surat Al-‘Adiyat ayat 10, antara lain sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan mengeluarkan apa yang tersimpan dalam hati berupa kebaikan atau keburukan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

10. Dan ditampakkan serta diperjelas segala niat, keyakinan dan lainnya yang ada di dalam hati.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

10. وَحُصِّلَ مَا فِى الصُّدُورِ (dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada)
Yakni dipisahkan antara kebaikan dan keburukan yang ada di dalamnya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

9-10
Kesesuaian antara dua ayat ini adalah bahwasanya dibangkitkannya apa yang ada didalam kubur dari jasad-jasad manusia dari perut bumi, dan ditampakkannya apa-apa yang ada didalam dada manusia, adalah keduanya bermakna menyembunyikan, dan menutupi atau menyimpan, dikeluarkannya apa yang ada didalam kubur yakni apa yang simpan oleh bumi, dan ditampakkannya apa yang ada didalam dada yakni apa yang disimpan oleh dada manusia.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

9-11. Apakah dia tidak mengerti jika dihamburkan dan dikeluarkan sesuatu dari bumi yaitu jasad-jasad orang mati. Ketika mereka dibangkitkan kemudian diperlihatkan dan dikumpulkan sesuatu yang tersembunyi dibalik dadanya berupa kebaikan dan keburukan atau niat baik dan niat buruk. Sesungguhnya Tuhan mereka Maha Mengetahui tentang mereka.Tidak ada yang dapat mereka sembunyikan, dan Dia membalas semua amal perbuatan mereka pada hari itu (kiamat)


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan ditampakkan} ditampakkan {apa yang ada di dalam dada


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

9-10. karena itu Allah berfirman memberi anjuran bagi manusia agar takut akan hari yang diancamkan tersebut, “Maka apabila dia tidak mengetahui,” yakni apakah manusia yang terpedaya itu tidak mengetahui, “apabila dibangkitkan apa yang ada di dalam kubur,” yakni Allah akan mengeluarkan manusia dari kubur untuk dikumpulkan dan dibangkitkan, “dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada,” artinya, apa yang ada di dalam dada akan menjadi nampak nyata berupa simpanan-simpanan kebaikan dan keburukan, sehingga rahasia menjadi nampak terang dan yang batin menjadi nyata, serta nampak di hadapan para manusia sebagai akibat perbuatan-perbuatan mereka.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Dan akan ditampakkan segala apa yang tersimpan dalam dada berupa niat dan maksud, baik itu hal kebaikan maupun keburukan, didunia tidak satupun mengetahui isi hati orang lain kecuali dia dan tuhannya, dan selainnya tidak seorang pun mampu mengetahuinya, akan tetapi ketika kiamat itu datang semua yang tersembunyai dalam dada manusia akan nampak, Allah - عز وجل - berfirman : { يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ } ( Pada hari dinampakkan segala rahasia ) [ At-Thariq : 9 ] , segala sesuatu aygn dirahasiakan akan nampak pada hari itu.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ " dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada," Maknanya: Apa-apa yang ada dalam hati-hati berupa niat-niat dan perbuatan-perbuatan hati seperti tawakal, harapan dan kecemasan, rasa takut dan harapan juga yang semisalnya. Dan di sini Allah 'Azza Wa Jalla menjadikan dasar patokan apa yang ada di dalam hati, sebagaiman Allah Ta'ala berfirman: يَوْمَ تُبْلَى السَّرَائِرُ (9) فَمَا لَهُ مِنْ قُوَّةٍ وَلَا نَاصِرٍ " Pada hari dinampakkan segala rahasia, maka sekali-kali tidak ada bagi manusia itu suatu kekuatan pun dan tidak (pula) seorang penolong."(QS. At-Thariq: 9-10) Karena ia berinteraksi dengan manusia secara lahiriyah saja, sampai pun orang munafik dia berinteraksi seperti layaknya muslim sesungguhnya. Tetapi di akhirat kelak, amalan tergantung apa yang ada di hati.
Oleh karenanya wajib bagi kita memperhatikan hati-hati kita sebelum segalanya, sebelum amalan-amalan kita. Karena hatilah yang menjadi porosnya, amalah hatilah yang akan menjadi penentu balasan di hari kiamat, oleh karenanya Allah berfirman: وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ " dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada,"

Keserasian (kaitan) antara ke dua ayat (yaitu ayat 9 dan 10) adalah bahwa dibangkitkan apa-apa yang ada di kubur adalah keluarnya jasad-jasad dari perut bumi, dan dimunculkannya apa-apa yang ada di dada adalah mengeluarkan apa-apa yang ada di dada dari apa-apa yang disembunyikan oleh dada-dada. Maka kebangkitan adalah keluarnya apa-apa yang ada dalam kubur yang disembunyikan oleh bumi dan dan ini (ayat berikutnya menjelaskan) keluarnya apa-apa yang tersebunyi dalam dada, sehingga (dengan uraian ini) keserasian antara kedua ayat ini jelas.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-‘Adiyat ayat 10: 9-10. Allah menegur mereka manusia yang tidak berterima kasih (kepada Allah) dengan berkata : Tidakkah orang bodoh lagi keras kepala dan ingkar akan nikmat Allah ini mengetahui, bahwa akibat dan adzabnya menunggunya di hari kiamat; Dimana kubur terombang-ambing dan tercerai berai apa yang ada di dalamnya yaitu mayit ? Dan Allah menampakkan apa yang ada dalam dada-dada mereka dan tersingkap apa yang dari kebaikan dan keburukan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Seperti kekufuran dan keimanan, niat yang buruk dan niat yang baik.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-‘Adiyat Ayat 10

Dan tidakkah mereka mengetahui nasibnya bila apa yang tersimpan di dalam dada dilahirkan, baik itu keimanan maupun kekafiran' kelakuan seseorang adalah cerminan isi hatinya. Buruknya perilaku seseorang merupakan pertanda buruknya hati orang tersebut, demikian sebaliknya. 11. Sungguh, tuhan mereka pada hari itu mahateliti terhadap keadaan mereka. Allah mencatat dengan rinci dan detail apa yang dilakukan manusia. Dengan bukti itu Allah akan menghisab dan memberi balasan yang sesuai kepada mereka.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah bermacam penjelasan dari beragam ulama berkaitan kandungan dan arti surat Al-‘Adiyat ayat 10 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita semua. Dukung usaha kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: