Surat Al-Mursalat Ayat 27

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَجَعَلْنَا فِيهَا رَوَٰسِىَ شَٰمِخَٰتٍ وَأَسْقَيْنَٰكُم مَّآءً فُرَاتًا

Arab-Latin: Wa ja'alnā fīhā rawāsiya syāmikhātiw wa asqainākum mā`an furātā

Artinya: Dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar?

« Al-Mursalat 26Al-Mursalat 28 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Terkait Surat Al-Mursalat Ayat 27

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mursalat Ayat 27 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan mendalam dari ayat ini. Diketemukan pelbagai penjabaran dari berbagai mufassir terkait kandungan surat Al-Mursalat ayat 27, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25-27. Bukankah Kami telah menjadikan bumi yang kalian hidup di atasnya, permukaanya dihuni oleh makhluk hidup yang tidak terhitung, sedangkan perutnya menyimpan makhluk mati yang tidak terhitung juga? Kami juga menciptakan gunung-gunung yang kokoh dan menjulang tinggi agar bumi tidak guncang dan Kami memberi kalian minum air yang tawar dan nikmat?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

27. Dan Kami jadikan di bumi itu gunung-gunung yang teguh guna mencegah bumi bergoncang dan gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri kalian -wahai manusia- minuman dari air yang segar. Maka Żat Yang menciptakan hal itu tidaklah sulit bagi-Nya untuk membangkitkan kalian.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

27. وَأَسْقَيْنٰكُم مَّآءً فُرَاتًا (dan Kami beri minum kamu dengan air tawar?)
Yakni ait yang tawar. Dan ini semua adalah hal yang lebih mengherankan daripada kebangkitan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

27. Kami telah menjadikan gunung-gunung tinggi di atas bumi, dan Kami memberi kalian minum dari air tawar. Ini semua adalah suatu yang lebih menakjubkan jika dibandingkan membangkitkan yang telah mati


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dan Kami jadikan padanya gunung-gunung} gunung-gunung yang meneguhkan {yang tinggi} yang tinggi {dan Kami memberi minum kalian dengan air tawar} tawar


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mursalat ayat 27: 25-27. Kemudian Allah berhujjah dengan kejadian yang akan terjadi di hari kebangkitan dengan bukti-bukti yang lain, Allah berkata : Bukankah kami yang menjadikan bumi ini, yang kalian hidup di atasnya, sebagaimana seorang ibu yang mengandung anak di perutnya. Kalian dibiarkan hidup berkumpul di atas tanahnya dan mati di dalam kubur (tanahnya). Sebagian ahli tafsir kontemporer berkata : Maksud dari ayat ini adalah gravitasi bumi, maka maknanya adalah : Bukankah kami yang menjadikan gravitasi bumi bagi kalian agar kalian dapat hidup di atasnya (di atas bumi), kemudian kalian mati tergeletak di dalam kubur menjadi mayat-mayat. Kemudian Allah berkata : Kami jadikan di bumi gunung-gunung yang tertancap di kedalaman bumi dan puncaknya menjulang tinggi, (semua itu) sebagai pasak bagi bumi agar kalian tidak bergoncang. Dan kami alirkan air tawar yang mengalir yang mudah untuk diminum bagi siapapun yang meminumnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Agar bumi tidak mengguncang penghuninya, maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengokohkannya dengan gunung-gunung yang teguh.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mursalat Ayat 27

27-28. Dan di samping nikmat di atas kami juga jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi lagi kokoh, sehingga menjadikan bumi tetap stabil, dan kami beri minum kamu dengan air tawar' celakalah pada hari itu, bagi mereka yang mendustakan kebenaran


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjelasan dari para ulama tafsir mengenai isi dan arti surat Al-Mursalat ayat 27 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah bagi kita. Dukung dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Tersering Dikaji

Baca banyak topik yang tersering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Anbiya, An-Nur 31, Ali ‘Imran 185, Al-Mukminun 1-11, Al-Baqarah 165, Al-‘Ashr 2. Ada juga An-Nur, Az-Zalzalah 7, Al-Isra 24, An-Nisa 1, Al-‘Ankabut 45, Al-Ahzab 59.

  1. Al-Anbiya
  2. An-Nur 31
  3. Ali ‘Imran 185
  4. Al-Mukminun 1-11
  5. Al-Baqarah 165
  6. Al-‘Ashr 2
  7. An-Nur
  8. Az-Zalzalah 7
  9. Al-Isra 24
  10. An-Nisa 1
  11. Al-‘Ankabut 45
  12. Al-Ahzab 59

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: