Surat Al-Mursalat Ayat 23

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَقَدَرْنَا فَنِعْمَ ٱلْقَٰدِرُونَ

Arab-Latin: Fa qadarnā fa ni'mal-qādirụn

Artinya: Lalu Kami tentukan (bentuknya), maka Kami-lah sebaik-baik yang menentukan.

« Al-Mursalat 22Al-Mursalat 24 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Surat Al-Mursalat Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mursalat Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan penting dari ayat ini. Didapatkan berbagai penjabaran dari kalangan mufassir berkaitan isi surat Al-Mursalat ayat 23, misalnya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

20-23. Bukankah Kami telah menciptakan kalian (wahai orang-orang kafir) dari air yang lemah dan hina, yaitu sperma, lalu Kami meletakkan air ini pada tempat yang terjaga kokoh, yaitu rahim ibu hingga waktu yang ditentukan yang diketahui oleh Allah? Lalu Kami mampu menciptakan dan membentuknya serta mengeluarkannya. Maka sebaik-baik pihak yang kuasa adalah Kami.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Lalu Kami tentukan sifat anak yang dilahirkan, kemampuannya, warna kulitnya dan lain-lain, dan sebaik-baik yang menentukan segala sesuatu adalah Kami.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. فَقَدَرْنَا فَنِعْمَ الْقٰدِرُونَ (lalu Kami tentukan (bentuknya), maka Kami-lah sebaik-baik yang menentukan)
Yakni Kami tentukan anggota tubuh dan sifat-sifatnya; dan pada setiap fase pertumbuhannya memiliki sifat tersendiri sesuai kehendak Kami. Maka sebaik-baik yang menentukan adalah Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Lalu Kami tentukan bentuknya. Kami-lah sebaik-baik yang menentukan. Qaddar dan qaddara at taqdir al muhakkam bermakna sama


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{lalu Kami menentukan} lalu Kami menentukan penciptaan, bentuk, dan keluarnya {maka (Kamilah) sebaik-baik yang menentukan} yang menentukan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

20-24. Maksudnya, bukankah Kami telah menciptakan kalian wahai anak cucu Adam, “dari air yang hina,” yaitu amat hina dina yang keluar di antara tulang sulbi dengan tulang rusuk hingga Allah meletakannya “dalam tempat yang kokoh (rahim),” yakni didalam rahim. Di tempat itu air mani menetap dan tumbuh, “sampai waktu yang ditentukan,” dan saat yang telah ditetapkan, “lalu Kami tentukan (bentuknya),” yakni Kami tentukan dan atur janin itu didalam kegelapan-kegelapan dan Kami rubah dari nutfah menjadi segumpal darah kemudian menjadi segumpal daging hingga Allah menjadikannya jasad dan meniupkan ruh padanya. Di antara mereka ada yang meninggal sebelum itu. “Maka Kami-lah sebaik-baik yang menentukan,” yakni DzatNya yang Suci dengan hal itu karena ketentuanNya sejalan dengan kebijaksanaanNya dan sesuai dengan pujian. “Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan,” setelah jelas bagi mereka tanda-tanda kebesaran Allah dan setelah Allah memperlihatkan berbagai pelajaran dan penjelasan-penjelasan kepada mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 16-28
Allah SWT berfirman: (Bukankah Kami telah membinasakan orang-orang yang dahulu (16)) yaitu yang mendustakan para rasul dan menentang apa yang disampaikan kepada mereka (Lalu Kami iringkan (azab Kami terhadap) mereka dengan (mengazab) orang-orang yang datang kemudian (17)) yaitu dari kalangan orang-orang yang serupa dengan mereka. Oleh karena itu Allah berfirman (Demikianlah Kami berbuat terhadap orang-orang yang berdosa (18) Kecelakaan besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan (19)) Pendapat itu dikatakan Ibnu Jarir
Kemudian Allah SWT berfirman seraya menyebutkan karuniaNya kepada makhlukNya dengan berhujjah dengan penciptaan pertama yang menunjukkan kepada kebangkitan kembali (Bukankah Kami menciptakan kamu dari air yang hina? (20)) yaitu, lemah dan hina jika dibandingkan dengan kekuasaan Tuhan Yang Maha Pencipta, sebagaimana yang telah disebutkan dalam surah Yasin dalam hadits Basyar bin Jahsy,”Wahai anak Adam, apakah yang menghalangiKu dari berbuat terhadapmu, padahal Akn telah menciptakanmu dari sesuatu seperti ini? (Kemudian Kami letakkan dia dalam tempat yang kokoh (rahim) (21)) yaitu, Kami mengumpulkan dia dalam rahim, yaitu tempat bagi air mani laki-laki dan perempuan, dan memang rahim dijadikan untuk itu dan dapat memelihara air mani yang ada di dalamnya.
Firman Allah: (sampai waktu yang ditentukan (22)) yaitu sampai masa tertentu. enam bulan, atau sembilan bulan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (lalu Kami tentukan (bentuknya), maka Kamilah sebaik-baik yang menentukan (23) Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan (24))
Kemudian Allah SWT berfirman: (Bukankah Kami menjadikan bumi (tempat) berkumpul (25) orang-orang hidup dan orang-orang mati (26)) Ibnu Abbas berkata bahwa (kifatan) adalah penyimpanan. Mujahid berkata bahwa mayat dikubur sehingga tidak terlihat. Asy-Sya'bi berkata bahwa bagian dalamnya untuk orang-orang mati kalian, sedangkan bagian luarnya untuk orang-orang hidup kalian.
(dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi) yaitu gunung-gunung untuk meneguhkan bumi agar tidak berguncang dan bergetar (dan Kami memberimu minum air yang tawar?) yaitu, tawar dan enak diminum dari langit atau dari mata air yang memancar dari bumi
(Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan (28)) yaitu bagi orang yang merenungkan makhluk ini yang menunjukkan kepada keagungan Penciptanya, kemudian setelah itu dia tetap mendustakanNya dan mengingkariNya


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mursalat ayat 23: 20-23. Allah memberikan nikmat atas makhluknya dengan menjadikannya wujud hidup di dunia. Allah berkata : Bukankah Kami yang menciptakan kalian wahai manusia dan jin, dari air yang lemah dan hina, yaitu air mani laki-laki ? Dan dengan kuasa Kami, Kami jadikan air mani ini bertempat di tempat yang terjaga, yaitu rahim yang ada di tubuh wanita yang terjaga dari empat penjuru. Kemudian menetap air ini di dalam rahim perempuan sampai waktu yang ditentukan sesuai ilmu Allah. Kemudian Allah memuji dzat-Nya karena Allah yang memiliki segala sesuatunya dengan berkata : Sesungguhnya Kami yang menyusun makhluk ini yang terdapat di dalam rahim perempuan dengan sebaik-baik rupa dan keadaannya, maka nikmat atas sesuatu yang Allah takdirkan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni Kami tentukan dan Kami atur janin itu dalam kegelapan-kegelapan, dan Kami ubah dari mani menjadi segumpal darah, lalu menjadi segumpal daging sampai Allah Subhaanahu wa Ta'aala jadikan sebagai jasad, lalu ditipukan ruh kepadanya, dan di antara mereka ada yang mati sebelum itu.

Karena ketentuan-Nya sejalan dengan hikmah dan berhak mendapatkan pujian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mursalat Ayat 23

23-24. Lalu kami tentukan bentuknya serta masa kelahirannya, maka kamilah sebaik-baik yang menentukan bentuk setiap makhluk. Celakalah pada hari itu, bagi mereka yang mendustakan kebenaran


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari banyak mufassirun berkaitan makna dan arti surat Al-Mursalat ayat 23 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita. Bantulah usaha kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Tersering Dilihat

Telaah ratusan materi yang tersering dilihat, seperti surat/ayat: An-Nur 31, Al-‘Ankabut 45, Az-Zalzalah 7, Al-Anbiya, Al-Mukminun 1-11, An-Nur. Termasuk Al-Baqarah 165, Al-‘Ashr 2, Ali ‘Imran 185, An-Nisa 1, Al-Ahzab 59, Al-Isra 24.

  1. An-Nur 31
  2. Al-‘Ankabut 45
  3. Az-Zalzalah 7
  4. Al-Anbiya
  5. Al-Mukminun 1-11
  6. An-Nur
  7. Al-Baqarah 165
  8. Al-‘Ashr 2
  9. Ali ‘Imran 185
  10. An-Nisa 1
  11. Al-Ahzab 59
  12. Al-Isra 24

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: