Surat Al-Mursalat Ayat 16

أَلَمْ نُهْلِكِ الْأَوَّلِينَ

Arab Latin: A lam nuhlikil-awwalīn

Terjemahan Arti: Bukankah Kami telah membinasakan orang-orang yang dahulu?

TERJEMAH TAFSIR

16-18. Bukankah Kami telah membinasakan umat-umat yang telah berlalu karena mereka mendustakan para rasul, seperti kaum Nuh, Ad dan Tsamud? Kemudian Kami menyusulkan orang-orang yang datang kemudian yang berbuat seperti yang mereka perbuat, yaitu mendustakan dan mendurhakai para rasul. Pembinasaan seperti ini yang telah Kami timpakan kepada orang-orang tersebut, Kami juga akan menimpakannya kepada orang-orang kafir Makkah, karena mereka juga mendustakan Rasul.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

16. Bukankah umat terdahulu sudah Kami binasakan, sebab mendustakan para rasul? Seperti kaum Nuh, Tsamud dan ‘Ad

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

16-17. Kemudian Allah menujukan perkataannya kepada orang-orang musyrik yang mendustakan hari kebangkitan, Allah berkata : Bukankah kami telah membinasakan atas kaum yang terdahulu, yang mereka mendustakan Rasu-Rasul mereka, seperti kaum Nuh, Ad dan Tsamud. Kami juga akan menyertakan kaum yang belakangan dimana mereka mengikuti jalan orang-orang sebelum mereka dalam pendustaan dan maksiat.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Karena mereka mendustakan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

16-17. Dahsyatnya kiamat yang dilukiskan pada ayat di atas mungkin belum bisa menyadarkan para pendurhaka, kini ditunjukkan kuasa Allah yang lebih konkrit. Bukankah telah kami binasakan generasi orang-orang yang dahulu karena keingkaran mereka' lalu kami juga akan susulkan azab kami terhadap orang-orang yang datang kemudian seperti terhadap kamu wahai kaum musyrik mekah, dan juga generasi pembangkang yang datang setelah kamu

Tafsir Ringkas Kemenag