Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Insan Ayat 27

إِنَّ هَٰؤُلَاءِ يُحِبُّونَ الْعَاجِلَةَ وَيَذَرُونَ وَرَاءَهُمْ يَوْمًا ثَقِيلًا

Arab-Latin: Inna hā`ulā`i yuḥibbụnal-'ājilata wa yażarụna warā`ahum yauman ṡaqīlā

Terjemah Arti: Sesungguhnya mereka (orang kafir) menyukai kehidupan dunia dan mereka tidak memperdulikan kesudahan mereka, pada hari yang berat (hari akhirat).

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

27. Sesungguhnya orang-orang musyrik itu mencintai dunia dan menyibukkan diri dengannya, mencampakkan usaha untuk meraih akhirat di balik punggung mereka, dan melalaikan apa yang menjadi sebab keselamatan mereka pada hari yang kesulitannya besar.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

27. Sesungguhnya orang kafir itu mencintai dunia, dan justru mengabaikan hari yang penuh dengan bencana besar yaitu hari kiamat. Mereka tidak menyiapkan diri atau bekal dengan iman dan amal shaleh

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah menjelaskan kepada Nabi-Nya ﷺ, bahwa mereka orang-orang musyrik sangat mencintai dunia dan mengutamakannya di atas kepentingan akhirat, dan mereka berpaling meninggalkan amalan untuk hari kiamat, dan dengan apa yang membuat mereka selamat dari hari kiamat yang memiliki urusan yang besar dan dahsyat.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

27. Allah berfirman, “Sesungguhnya mereka (orang kafir),” yakni orang-orang yang mendustakanmu wahai Rasul setelah tanda-tanda kebesaran Allah jelas bagi mereka dan setelah mereka diberi kabar gembira dan ancaman meski demikian hal itu tidak berguna bagi mereka sama sekali bahkan mereka tetap mengutamakan, “kehidupan dunia,” dan merasa tenang padanya, “dan mereka tidak memperdulikan,” yakni tidak beramal dan mengacuhkan, “kesudahan mereka,” yakni di hadapan mereka, “pada hari yang berat (Hari Akhirat),” yaitu Hari Kiamat yang ukurannya selama lima puluh ribu tahun dari hari-hari yang biasa kalian hitung. Allah berfirman, “mereka datang dengan cepat kepada penyeru itu. Orang-orang kafir berkata: "Ini adalah hari yang berat" - Al-Qamar: 8 –
Seolah-olah mereka hanya diciptakan untuk hidup di dunia dan menetap di atasnya.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Meskipun engkau telah membacakan ayat-ayat Allah kepada mereka, mendorong dan menakut-nakuti, namun ayat-ayat itu tetap saja tidak bermanfaat bagi mereka, karena mereka lebih mengutamakan dunia dan merasa tenteram dengannya serta tidak mau beramal untuk menghadapi hari yang sangat berat, yaitu hari Kiamat seakan-akan mereka tidak diciptakan kecuali untuk dunia dan tinggal di sana.

Dengan tidak beramal untuk menghadapinya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Di antara alasan utama mengapa manusia menolak dakwah karena sesungguhnya mereka, orang kafir, itu mencintai kehidupan dunia yang memang kasat mata dan cepat diraih, meskipun juga cepat musnahnya, dan meninggalkan hari yang berat yaitu hari akhirat di belakangnya. 28. Ayat ini mengingatkan manusia akan kuasa Allah dalam menciptakan makhluk dari ketiadaan. Kami telah menciptakan mereka bukan ciptaan yang sembarangan dan juga menguatkan persendian tubuh mereka padahal tadinya hanyalah air mani yang begitu lemah dan hina. Tetapi, jika kami menghendaki untuk membinasakan mereka itupun mudah, dan kemudian kami dapat mengganti dengan yang serupa mereka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Insan Ayat 28 Arab-Latin, Surat Al-Insan Ayat 29 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Insan Ayat 30, Terjemahan Tafsir Surat Al-Insan Ayat 31, Isi Kandungan Surat Al-Mursalat Ayat 1, Makna Surat Al-Mursalat Ayat 2

Category: Surat Al-Insan

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Al Insan Ayat 27