Surat Al-Muzzammil Ayat 14

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุชูŽุฑู’ุฌููู ูฑู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽูฑู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ู ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽุชู ูฑู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ู ูƒูŽุซููŠุจู‹ุง ู…ู‘ูŽู‡ููŠู„ู‹ุง

Arab-Latin: Yauma tarjuful-arแธu wal-jibฤlu wa kฤnatil-jibฤlu kaแนกฤซbam mahฤซlฤ

Artinya: Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang berterbangan.

ยซ Al-Muzzammil 13 โœต Al-Muzzammil 15 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Terkait Dengan Surat Al-Muzzammil Ayat 14

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Muzzammil Ayat 14 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah penting dari ayat ini. Tersedia aneka ragam penjabaran dari beragam pakar tafsir terhadap kandungan surat Al-Muzzammil ayat 14, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

14. Pada hari bumi dan gunung-gunung bergetar dan berguncang hingga gunung-gunung hancur menjadi tumpukan pasir yang beterbangan padahal sebelumnya keras dan kuat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

14. Azab ini akan datang kepada mereka di hari ketika bumi diguncangkan dan gunung-gunung saling dihantamkan sehingga berubah menjadi pasir yang berhamburan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. Siksa itu menimpa orang-orang yang mendustakan pada hari di mana bumi dan gunung bergoncang. Saat itu gunung-gunung menjadi butiran pasir yang mengalir beterbangan dikarenakan dahsyatnya hari itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุชูŽุฑู’ุฌููู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ู (Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan)
Yakni bergoncang bersama orang-orang yang ada di atasnya.
Dan makna (ุงู„ุฑุฌูุฉ) yakni gempa bumi yang dahsyat.

ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽุชู ุงู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ู ูƒูŽุซููŠุจู‹ุง ู…ูŽู‘ู‡ููŠู„ู‹ุง(dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang berterbangan)
Yakni menjadi pasir yang mengalir akibat goncangan yang dahsyat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

14. Hari dimana bumi dan gunung-gunung diguncangkan ketika terdengar tiupan sangkakala pertama. Kemudian gunung-gunung menjadi kumpulan pasir yang membuat kaki-kaki masuk ke dalamnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada hari (ketika) bumi dan gunung-gunung berguncang keras} berguncang {dan gunung-gunung itu menjadi seperti pasir} pasir {yang tercurah} jatuh berserakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14. Hal itu akan terjadi โ€œpada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan,โ€ karena huru-hara dahsyat, โ€œdan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan pasir yang beterbangan,โ€ yakni seperti pasir berhamburan kemudian terhempas setelah itu sehingga menjadi seperti debu yang berserakan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Muzzammil ayat 14: 11-14. Allah berkata dengan mengancam : Tinggalkan wahai Nabi Allah atas mereka orang-orang yang mendustakan ayat-Ku, yaitu mereka yang mengingkari agama Allah, orang-orang berharta, kaya dan penuh kemewahan; Biarkan mereka di atas kebathilannya dalaam waktu yang sebentar; Mereka akan diadzab dan dihisab di sisi Ku. Dan agar mereka (para pendusta) paham, bahwasanya mereka di sisi Kami pada hari kiamat di ikat dengan beban yang di letakkan di kedua kaki mereka sebagai penghinaan bagi mereka. Dan di sisi kami ada neraka yang keras yang apinya menyala-nyala yang mereka akan dilemparkan ke dalamnya. Dan di sisi kami juga ada makanan yang tidak mengenyangkan dan menyenangkan; Bahkan akan menyangkut (ketika dimakan) di tenggorkan karena sebab kejelekannya dan keburukannya. Seperti zaqum dan makanan berduri, dan di sisi kami pula terdapat adzab yang pedih dan menyakitkan. Adzab ini akan diberikan pada hari kiamat bagi orang-orang kafir dan para pengingkar dakwah. Hari dimana gunung, bumi bergoncang dan gempa serta bergerak. Dan gunung menjadi tumpukan pasir yang berterbangan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang sebelumnya kokoh, kuat dan keras.

Setelah itu dilumatkan menjadi debu yang berhamburan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Muzzammil Ayat 14

Ingatlah siksa yang diancamkan itu pasti akan terjadi yaitu pada hari ketika bumi dan gunung-gunung berguncang keras ketika itu bumi menjadi datar, dan menjadilah gunung-gunung itu seperti onggokan pasir yang dicurahkan yang tampak ringan, padahal sebelumnya adalah sesuatu yang berat lagi kokoh. 15-16. Setelah dijelaskan ancaman siksa akhirat yang akan diterima bagi para pendurhaka, ayat ini mengingatkan manusia tentang siksa dunia. Sesungguhnya kami telah mengutus seorang rasul, Muhammad kepada kamu, wahai penduduk mekah, bahkan juga seluruh manusia, yang menjadi saksi terhadapmu menyangkut sikap dan perbuatan kamu, sebagaimana kami telah mengutus seorang rasul yaitu musa, kepada fir'aun. Namun fir'aun mendurhakai rasul yang kami utus itu, maka kami siksa dia dengan siksaan yang berat. Maka jika kamu wahai penduduk mekah mendurhakai nabi Muhammad, kami dapat menyiksa kamu seperti yang dialami oleh fir'aun.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjelasan dari berbagai ulama tafsir terkait isi dan arti surat Al-Muzzammil ayat 14 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk ummat. Support usaha kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dibaca

Tersedia ratusan halaman yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah 7, Ali ‘Imran 185, Al-‘Ashr 2, Al-Anbiya, Al-Isra 24, Al-Ahzab 59. Termasuk An-Nur, Al-‘Ankabut 45, Al-Baqarah 165, Al-Mukminun 1-11, An-Nisa 1, An-Nur 31.

  1. Az-Zalzalah 7
  2. Ali ‘Imran 185
  3. Al-‘Ashr 2
  4. Al-Anbiya
  5. Al-Isra 24
  6. Al-Ahzab 59
  7. An-Nur
  8. Al-‘Ankabut 45
  9. Al-Baqarah 165
  10. Al-Mukminun 1-11
  11. An-Nisa 1
  12. An-Nur 31

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: