Surat Al-Qalam Ayat 39

أَمْ لَكُمْ أَيْمَانٌ عَلَيْنَا بَالِغَةٌ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ۙ إِنَّ لَكُمْ لَمَا تَحْكُمُونَ

Terjemah Arti: Atau apakah kamu memperoleh janji yang diperkuat dengan sumpah dari Kami, yang tetap berlaku sampai hari kiamat; sesungguhnya kamu benar-benar dapat mengambil keputusan (sekehendakmu)?

TAFSIR AYAT

39. Ataukah kalian memiliki janji-janji kuat yang dapat diyakini, seperti masuk surga. Apakah kalian menentukan hukum ini sesuai kehendak kalian?!

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Atau kalian (diharuskan) mengambil janji dan kalian harus tepati dan imani (yang kami tidak akan ubah sampai hari kiamat), dan bagi kalian apakah dapat memilih atas apa yang kalian inginkan ?!!

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Dalil aqli tidak ada demikian juga dalil naqli pun juga tidak ada, maka ayat ini membuka kemungkinan lain atas sikap kaum musyrik itu, sekaligus untuk dinafikan, atau apakah kamu memperoleh janji-janji yang diperkuat dengan sumpah dari kami, yang tetap berlaku sampai hari kiamat. Bahwa kamu dapat mengambil keputusan sekehendakmu dan memperoleh apa yang kamu inginkan'40-41. Apa yang dinyatakan di atas pun jelas tidak ada. Kalau begitu tanyakanlah, wahai nabi Muhammad, kepada mereka, 'siapakah di antara mereka yang bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil itu''atau apakah mungkin mereka mempunyai sekutu-sekutu' kalau begitu hendaklah mereka mendatangkan sekutu-sekutunya jika mereka orang-orang yang benar dalam ucapan mereka bahwa mereka akan memperoleh sama bahkan lebih dari perolehan kaum muslim.

Tafsir Ringkas Kemenag