Surat Al-Qalam Ayat 40

سَلْهُمْ أَيُّهُمْ بِذَٰلِكَ زَعِيمٌ

Terjemah Arti: Tanyakanlah kepada mereka: "Siapakah di antara mereka yang bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil itu?"

TAFSIR AYAT

40. Tanyakanlah kepada mereka wahai Rasulallah sebagai bentuk teguran dan celaan. Apakah mereka dapat memberikan jaminan dengan hukum tersebut, yaitu dengan memberikan pahala akhirat bagi orang-orang muslim

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Maka tanayakan wahai Nabi Allah kepada mereka orang-orang musyrik : Siapakah yang bertanggung jawab dan tetap dengan tanggung jawabnya atas keputusannya ini saat dikumpulkannya pada hari kiamat ?

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Yaitu bahwa mereka di akhirat diberikan yang lebih baik daripada kaum mukmin. Jelas, bahwa mereka tidak memiliki orang yang siap bertanggung jawab terhadap keputusan ini.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

40-41. Apa yang dinyatakan di atas pun jelas tidak ada. Kalau begitu tanyakanlah, wahai nabi Muhammad, kepada mereka, 'siapakah di antara mereka yang bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil itu''atau apakah mungkin mereka mempunyai sekutu-sekutu' kalau begitu hendaklah mereka mendatangkan sekutu-sekutunya jika mereka orang-orang yang benar dalam ucapan mereka bahwa mereka akan memperoleh sama bahkan lebih dari perolehan kaum muslim

Tafsir Ringkas Kemenag