Surat Al-Qalam Ayat 25

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَغَدَوْا۟ عَلَىٰ حَرْدٍ قَٰدِرِينَ

Arab-Latin: Wa gadau 'alā ḥarding qādirīn

Artinya: Dan berangkatlah mereka di pagi hari dengan niat menghalangi (orang-orang miskin) padahal mereka (menolongnya).

« Al-Qalam 24Al-Qalam 26 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Qalam Ayat 25

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 25 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai hikmah mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi pelbagai penjelasan dari kalangan ulama tafsir terkait isi surat Al-Qalam ayat 25, antara lain seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25. Mereka berangkat ke kebun mereka di pagi hari dengan tujuan tidak baik yaitu tidak memberikan sebagian hasil kebun kepada orang-orang miskin, mereka merasa sangat mampu melakukan apa yang hendak mereka lakukan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

25. Dan mereka berangkat pada pagi hari untuk menghalangi hasil kebun mereka dan menahannya dengan tekad kuat.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

25. وَغَدَوْا۟ عَلَىٰ حَرْدٍ (Dan berangkatlah mereka di pagi hari dengan niat menghalangi (orang-orang miskin))
Yakni mereka pergi ke kebun tanpa ada orang lain yang menyertai mereka.

قٰدِرِينَ(dengan penuh kuasa)
Yakni kuasa atas kebun itu bagi diri mereka sendiri.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

25. Mereka berjalan di waktu pagi (waktu antara shalat subuh sampai terbitnya matahari) untuk melaksanakan rencana (sebelumnya). Mereka beranggapan bahwa mereka adalah orang yang menguasai buah-buahan yang hitam itu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka berangkat pagi hari} mereka berangkat pada permulaan siang {dengan niat menghalangi} untuk menghalangi orang-orang miskin {Mereka mengira mampu} mereka meyakini itu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

25. “Dan berangkatlah mereka di pagi hari,” dalam kondisi keji, kasar, dan tidak berbelas kasih seperti ini, “dengan niat menghalangi (orang-orang miskin) padahal mereka mampu (menolongnya).” Yakni, mereka menahan hak Allah yang pasti mereka mampu lakukan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 25: Allah mengabarkan bahwa mereka pagi-pagi sekali di atas niatnya yang jelek ber-azzam, karena sebab sok kuasa mereka ber-azzam dengan sesuatu yang buruk.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ada pula yang mengartikan ‘dengan niat menghalangi orang miskin dan mereka kira bahwa mereka berkuasa penuh terhadapnya.’


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 25

25-27. Dan setelah semuanya siap termasuk segala peralatan yang dibutuhkan, maka berangkatlah mereka pada pagi hari dengan niat menghalangi orang-orang miskin mendapatkan pemberian hasil kebun mereka, padahal mereka mampu menolongnya. Maka betapa terkejutnya ketika mereka melihat kebun itu ternyata telah binasa, mereka pun berkata, 'sungguh, kita ini benar-benar orang-orang yang sesat dengan merencanakan sesuatu yang buruk, akhirnya rusaklah kebun kita, bahkan kita tidak memperoleh apa pun. '25-27


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari beragam ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Qalam ayat 25 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita semua. Sokonglah usaha kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Sering Dikunjungi

Telaah ratusan topik yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Jumu’ah 10, Al-Anfal, Al-Baqarah 168, An-Nisa 29, An-Nur 26, Al-Insyirah 6. Serta An-Nisa 146, Al-Jatsiyah, Thaha, Al-Ahzab 56, Al-Baqarah 152, Ali ‘Imran 110.

  1. Al-Jumu’ah 10
  2. Al-Anfal
  3. Al-Baqarah 168
  4. An-Nisa 29
  5. An-Nur 26
  6. Al-Insyirah 6
  7. An-Nisa 146
  8. Al-Jatsiyah
  9. Thaha
  10. Al-Ahzab 56
  11. Al-Baqarah 152
  12. Ali ‘Imran 110

Pencarian: surat al anfal ayat 72 dan artinya, surat al fathir ayat 24, 5 ayat al-qur'an tentang aqidah, surah albaqarah ayat 165, qs.az zumar ayat 53

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: