Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Qalam Ayat 24

أَنْ لَا يَدْخُلَنَّهَا الْيَوْمَ عَلَيْكُمْ مِسْكِينٌ

Arab-Latin: Al lā yadkhulannahal-yauma 'alaikum miskīn

Terjemah Arti: "Pada hari ini janganlah ada seorang miskinpun masuk ke dalam kebunmu".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

23-24. Maka mereka berangkat dengan segera, mereka merahasiakan pembicaraan di antara mereka, “Jangan membiarkan siapa pun dari orang-orang yang membutuhkan masuk ke kebun kalian.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

24. Sebagian berkata kepada sebagian yang lain, “Jangan sampai satu orang miskin pun masuk ke dalam kebun kalian pada hari ini.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

24. أَن لَّا يَدْخُلَنَّهَا الْيَوْمَ عَلَيْكُم مِّسْكِينٌ (Pada hari ini janganlah ada seorang miskinpun masuk ke dalam kebunmu”)
Mereka saling membisikkan ucapan ini, yaitu janganlah ada satupun orang miskin yang masuk kepada kalian ke dalam kebun ini, agar ia tidak meminta kepada kalian apa yang dulu diberikan ayah kalian kepada mereka.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

24. Pada hari itu, janganlah sekali-kali orang fakir miskin memasuki taman. (An) berfungsi untuk menjelaskan sesuatu yang masih samar-samar.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

23-24. Maka keluarlah mereka menuju kebunnya, dan mereka saling berucap dengan suara yang lirih, agar mereka saling mengetahui. Mereka saling mengatakan : Jangan kalian biarkan masuk ke dalam kebun ini (pada hari ini), tidak satupun bagi kalian membiarkan masuk ke dalamnya orang faqir dan miskin.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

23-24. “Maka pergilah mereka,” menuju perkebunan, “mereka saling berbisik-bisikan,” di antara mereka seraya menahan hak Allah dengan mengatakan, “Pada hari ini janganlah ada seorang miskin pun yang masuk ke dalam kebunmu.” Maksudnya, pergilah sesegera mungkin sebelum orang-orang berkeliaran. Mereka saling menasehati untuk menahan hak orang miskin dan saking Terlalu banyak dan pelitnya mereka hingga mereka mengutarakan pembicaraan itu secara berbisik-bisik agar tidak didengar oleh seorang pun, supaya berita itu tidak bocor pada orang-orang miskin.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Karena begitu bakhilnya mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


21-24. Mereka belum mengetahui bahwa kebun sudah hancur. Sesuai dengan rencana mereka, lalu dengan penuh rahasia pada pagi hari mereka saling memanggil, 'pergilah pagi-pagi ke kebunmu jika kamu hendak memetik hasil sesuai dengan yang telah kita rencanakan. " maka mereka pun berangkat dengan diam-diam sambil berbisik-bisik dengan meng-ingatkan, 'pada hari ini jangan sampai ada seorang miskin pun masuk ke dalam kebunmu. ' khususnya pada saat sedang memetik hasilnya. Kalau sampai ada, itu akan merusak rencana. 25-27. Dan setelah semuanya siap termasuk segala peralatan yang dibutuhkan, maka berangkatlah mereka pada pagi hari dengan niat menghalangi orang-orang miskin mendapatkan pemberian hasil kebun mereka, padahal mereka mampu menolongnya. Maka betapa terkejutnya ketika mereka melihat kebun itu ternyata telah binasa, mereka pun berkata, 'sungguh, kita ini benar-benar orang-orang yang sesat dengan merencanakan sesuatu yang buruk, akhirnya rusaklah kebun kita, bahkan kita tidak memperoleh apa pun. '.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Qalam Ayat 25 Arab-Latin, Surat Al-Qalam Ayat 26 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Qalam Ayat 27, Terjemahan Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 28, Isi Kandungan Surat Al-Qalam Ayat 29, Makna Surat Al-Qalam Ayat 30

Category: Surat Al-Qalam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!