Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Qalam Ayat 23

فَانْطَلَقُوا وَهُمْ يَتَخَافَتُونَ

Arab-Latin: Fanṭalaqụ wa hum yatakhāfatụn

Terjemah Arti: Maka pergilah mereka saling berbisik-bisik.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

23-24. Maka mereka berangkat dengan segera, mereka merahasiakan pembicaraan di antara mereka, “Jangan membiarkan siapa pun dari orang-orang yang membutuhkan masuk ke kebun kalian.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

23. Lalu mereka berjalan menuju kebun mereka dengan cepat, sebagian dari mereka berkata kepada sebagian yang lain dengan suara yang rendah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Kemudian mereka pergi menuju kebun mereka. Mereka berjalan dalam kelompok dan saling berbisik-bisik sehingga tidak ada satupun yang dapat mendengar (apa yang mereka bicarakan)

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

23-24. Maka keluarlah mereka menuju kebunnya, dan mereka saling berucap dengan suara yang lirih, agar mereka saling mengetahui. Mereka saling mengatakan : Jangan kalian biarkan masuk ke dalam kebun ini (pada hari ini), tidak satupun bagi kalian membiarkan masuk ke dalamnya orang faqir dan miskin.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

23-24. “Maka pergilah mereka,” menuju perkebunan, “mereka saling berbisik-bisikan,” di antara mereka seraya menahan hak Allah dengan mengatakan, “Pada hari ini janganlah ada seorang miskin pun yang masuk ke dalam kebunmu.” Maksudnya, pergilah sesegera mungkin sebelum orang-orang berkeliaran. Mereka saling menasehati untuk menahan hak orang miskin dan saking Terlalu banyak dan pelitnya mereka hingga mereka mengutarakan pembicaraan itu secara berbisik-bisik agar tidak didengar oleh seorang pun, supaya berita itu tidak bocor pada orang-orang miskin.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Agar tidak terdengar oleh seorang pun yang nantinya akan memberitahukan kepada orang-orang fakir-miskin.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


21-24. Mereka belum mengetahui bahwa kebun sudah hancur. Sesuai dengan rencana mereka, lalu dengan penuh rahasia pada pagi hari mereka saling memanggil, 'pergilah pagi-pagi ke kebunmu jika kamu hendak memetik hasil sesuai dengan yang telah kita rencanakan. " maka mereka pun berangkat dengan diam-diam sambil berbisik-bisik dengan meng-ingatkan, 'pada hari ini jangan sampai ada seorang miskin pun masuk ke dalam kebunmu. ' khususnya pada saat sedang memetik hasilnya. Kalau sampai ada, itu akan merusak rencana

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Qalam Ayat 24 Arab-Latin, Surat Al-Qalam Ayat 25 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Qalam Ayat 26, Terjemahan Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 27, Isi Kandungan Surat Al-Qalam Ayat 28, Makna Surat Al-Qalam Ayat 29

Category: Surat Al-Qalam

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!