Surat Al-Qalam Ayat 16

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

سَنَسِمُهُۥ عَلَى ٱلْخُرْطُومِ

Arab-Latin: Sanasimuhụ 'alal-khurṭụm

Artinya: Kelak akan Kami beri tanda dia di belalai(nya).

« Al-Qalam 15Al-Qalam 17 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Dengan Surat Al-Qalam Ayat 16

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qalam Ayat 16 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah berharga dari ayat ini. Diketemukan variasi penafsiran dari para mufassirin mengenai kandungan surat Al-Qalam ayat 16, sebagiannya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

16. Kami akan membuat tanda pada hidungnya yang menempel padanya dan tidak terpisah darinya sebagai hukuman baginya, agar hal itu mempermalukannya di depan orang-orang.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

16. Orang yang memiliki sifat-sifat tersebut akan mendapat siksaan pada hari kiamat dengan siksaan yang menghinakan, karena dia akan ditampakkan kepada seluruh makhluk dalam keadaan yang hina yang dapat terlihat di hidung atau mukanya, agar terlihat keburukannya.

Ayat-ayat ini bersifat umum, mencakup setiap orang yang memiliki sifat-sifat tersebut, baik itu orang-orang yang ada di masa lalu atau saat ini.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

16. Kami akan menaruh tanda yang menjelakkan di atas hidungnya dan melekat padanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

16. سَنَسِمُهُۥ عَلَى الْخُرْطُومِ (Kelak akan Kami beri tanda dia di belalai(nya))
Yakni Kami akan memberi warna hitam pada hidungnya, yaitu ia akan dihitamkan wajahnya dengan api sebelum di masukkan ke dalam neraka; sehingga pada hidungnya terdapat tanda, sehingga itu menjadi aib yang tidak dapat hilang darinya, namun itu akan menjadi tanda khusus baginya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Menyatakan dengan menandai pada belalainya -yaitu hidung- untuk rasa malu dan terhina yang besar. Karena ciri pada wajah adalah rasa malu dan penghinaan, lalu bagaimana dengan posisi yang lebih terhormat dari dia?!


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

16. Kami anak menjadikan untuknya suatu tanda. Tanda di atas hidungnya sehingga dia menjadi berbeda dengan orang yang hidup di sekitarnya. Kemudian terpotonglah hidung Walid bin Mughirah oleh tebasan pedang saat perang Badar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Kami akan memberinya tanda} Kami akan memberi tanda yang tidak bisa terlepas darinya {pada belalainya} hidungnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

16. Kemudian Allah mengancam orang yang sifat-sifatnya sesuai dengan yang disebutkan Allah di atas akan diberi tanda “di belalai (nya),” di dalam siksaan, di mana Allah akan menyiksanya secara nyata hingga menjadi tanda pada sesuatu yang paling berat baginya, yaitu wajahnya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qalam ayat 16: Allah mengabarkan bahwasanya ia dengan segala sifatnya ini yang buruk akan menjadikan kekafirannya memiliki tanda di hidungnya yang terhinakan dengannya selama kehidupannya, dan telah ia dapatkan secara sempurna di perang Badr.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengancam orang yang seperti itu sifatnya, bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menandai hidungnya untuk diazab dengan azab yang tampak jelas.

Yang dimaksud dengan ‘belalai’ di sini ialah hidung. Dipakai kata belalai di sini sebagai penghinaan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qalam Ayat 16

14-16. Di antara faktor yang menyebabkan orang tersebut berperangai buruk adalah karena dia merasa diri sebagai pemilik harta yang banyak, kaya dan juga memiliki banyak anak. Namun dia mengingkari ajaran Allah, maka apabila ayat-ayat kami dibacakan kepadanya, dia berkata, 'lni adalah dongeng-dongeng orang dahulu. ' sungguh buruk sifat orang ini! kelak dia akan kami beri tanda pada belalai yaitu hidung-Nya, diberikan tanda tersebut sebagai bentuk penghinaan kepadanya. 17-18. Apa yang dialami oleh para pengingkar ayat-ayat Allah yaitu kaum musyrik mekah itu memiliki kesamaan dengan kisah sekelompok pemilik kebun yang juga angkuh lagi kikir. Sungguh, kami telah menguji mereka, yaitu orang musyrik mekah, sebagaimana kami telah menguji pemilik-pemilik kebun, ketika dua dari tiga di antara mereka itu bersumpah pasti akan memetik hasilnya pada pagi hari, agar fakir miskin tidak melihatnya, tetapi mereka tidak menyisihkan dengan mengucapkan, 'lnsya Allah'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjelasan dari beragam pakar tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Qalam ayat 16 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita. Bantulah dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dibaca

Tersedia berbagai materi yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-A’la, Al-Kafirun, Al-Qadr, Al-Falaq, Yusuf 28, Al-Fatihah. Ada pula Al-Hujurat 13, Seribu Dinar, An-Naba, Al-Isra 32, Do’a Setelah Adzan, Adh-Dhuha.

  1. Al-A’la
  2. Al-Kafirun
  3. Al-Qadr
  4. Al-Falaq
  5. Yusuf 28
  6. Al-Fatihah
  7. Al-Hujurat 13
  8. Seribu Dinar
  9. An-Naba
  10. Al-Isra 32
  11. Do’a Setelah Adzan
  12. Adh-Dhuha

Pencarian: tulisan arab inalilahi wainalilahi rojiun, surah al qiyamah, al baqarah 62, az zumar 53, al baqarah ayat 183 latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: