Surat At-Taghabun Ayat 2

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هُوَ ٱلَّذِى خَلَقَكُمْ فَمِنكُمْ كَافِرٌ وَمِنكُم مُّؤْمِنٌ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Arab-Latin: Huwallażī khalaqakum fa mingkum kāfiruw wa mingkum mu`min, wallāhu bimā ta'malụna baṣīr

Artinya: Dialah yang menciptakan kamu maka di antara kamu ada yang kafir dan di antaramu ada yang mukmin. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

« At-Taghabun 1At-Taghabun 3 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Berkaitan Surat At-Taghabun Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taghabun Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan mendalam dari ayat ini. Didapati bermacam penjelasan dari berbagai mufassir berkaitan makna surat At-Taghabun ayat 2, antara lain sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2. Allah yang menciptakan kalian dari ketiadaan, lalu sebagian dari kalian mengingkari ketuhanan-Nya, dan sebagian dari kalian membenarkanNya serta mengamalkan syariatNya. Allah Maha Melihat amal-amal kalian, tidak ada sesuatu pun darinya yang samar bagiNya, dan Dia akan membalas kalian atasnya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

2-3. Hai manusia, Allah-lah yang menciptakan kalian; akan tetapi sebagian dari kalian mengingkari hal itu, dan sebagian lain mengimaninya dan mengakui keesaan-Nya. Allah Maha Melihat segala kebaikan atau keburukan yang kalian perbuat, tidak ada yang tersembunyi dari-Nya.

Allah menciptakan tujuh langit dan bumi dengan penuh hikmah dan tujuan yang jelas; dan menciptakan kalian dalam bentuk yang terbaik. Kepada-Nya tempat kembali pada hari kiamat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Dia lah yang menciptakan kalian -wahai manusia-, lalu di antara kalian ada yang kafir terhadap-Nya, lalu tempat kembalinya adalah Neraka, dan di antara kalian ada yang beriman kepada-Nya, lalu tempat kembalinya adalah Surga. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan, tidak ada sedikitpun dari perbuatan kalian yang luput dari-Nya, dan Dia akan membalas kalian atas perbuatan tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

2. هُوَ الَّذِى خَلَقَكُمْ فَمِنكُمْ كَافِرٌ وَمِنكُم مُّؤْمِنٌ ۚ (Dialah yang menciptakan kamu maka di antara kamu ada yang kafir dan di antaramu ada yang mukmin)
Yakni Allah menciptakan orang kafir, namun kekafirannya adalah perbuatan yang dilakukannya; dan menciptakan orang beriman dan keimanannya adalah perpuatan yang dia lakukan. Maka orang kafir menjadi kafir karena pilihannya, begitu pula orang beriman menjadi beriman karena pilihannya, dan keduanya atas izin Allah; dan kalian tidak dapat menghendaki (menempuh suatu jalan) kecuali jika dikehendaki Allah Tuhan semesta Alam.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2. Dialah Allah dan hanya Dialah yang menciptakan kalian wahai manusia. Di antara kalian ada orang kafir yang mengingkariNya dan ada juga yang membenarkanNya. Allah adalah Dzat yang Maha Melihat lagi Maha Mengetahui semua amal perbuatan kalian. Tidak ada satupun yang tersembunyi dariNya dan Dia akan membalas kalian sesuai perbuatan kalian.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dialah yang menciptakan kalian, lalu di antara kalian ada yang kafir dan ada yang mukmin. Allah Maha Melihat apa yang kalian kerjakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

2. Allah menyebutkan bahwa Dia menciptakan manusia. Di antara mereka ada yang dijadikan sebagai orang Mukmin dan kafir. Keimanan dan kekafiran mereka seluruhnya berdasarkan Qadha dan Qadar Allah. Dia-lah yang menghendaki hal itu dari mereka dengan memberikan kemampuan dan kemauan yang memungkinkan mereka melakukan apa pun yang mereka kehendaki, berupa perintah dan larangan. “Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-4
Surah ini merupakan akhir surah Musabbihat. Telah disebutkan bahwa semua makhluk bertasbih kepada Pencipta dan Dzat yang Merajai mereka. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (hanya Allah-lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua puji-pujian) yaitu hanya Dialah Dzat yang mengatur semua makhluk dan terpuji dalam semua yang Dia ciptakan dan tetapkan.
Firman Allah: (dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu) yaitu apa pun yang Dia kehendaki pasti ada, tanpa ada yang menolak atau menghalangiNya, dan apa saja yang tidak Dia kehendaki pasti tidak terjadi.
Firman Allah: (Dialah yang menciptakan kamu, maka di antara kamu ada yang kafir dan ada yang beriman) yaitu Dialah Dzat yang Maha menciptakan kalian dalam gambaran seperti ini karena Dia menghendaki kalian seperti itu, maka pasti ada orang yang beriman dan yang kafir. Dia Maha Melihat siapa saja yang berhak mendapat petunjuk dan siapa saja yang berhak mendapat kesesatan. Dia Maha Menyaksikan semua amal perbuatan para hambaNya, dan Dia akan membalas mereka atas semuanya itu dengan pembalasan yang sempurna. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) benar) yaitu dengan adil dan bijaksana (Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu) yaitu Dia menjadikan indah bentuk kalian, sebagaimana firmanNya SWT: (Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah (6) Yang telah menciptakan kamu, lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang (7) dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu? (8)) (Surah Al-Infithar) dan (Allah-lah yang menjadikan bumi bagi kamu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentuk kamu, lalu membaguskan rupamu serta memberi rezeki dengan sebagian yang baik-baik) (Surah Ghafir: 64). Firman Allah: (dan hanya kepada-Nyalah kembali (mu)) yaitu dipulangkan dan dikembalikan.
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang pengetahuanNya meliputi semua makhlukNya yang ada di langit, bumi dan semua jiwa. Maka Allah SWT berfirman: (Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati (4))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Taghabun ayat 2: Allah menjelaskan bahwa Dialah yang menjadikan kalian dan memberikan kepada kalian kemampuan untuk beramal, dan menjadikan padamu kemampuan untuk memilih; Dan di antara kalian ada yang memili kafir, dan tidak mensyukuri nikmat Allah yang diberikan, dan menolak untuk taat dan ibadah kepada-Nya. Dan juga di antara kalian ada yang memilih beriman; Bersyukur atas nikmat Allah yang diberikan, dan beramal dengan apa yang diperintahkan dan juga munjauhi larangan-Nya dan Allah yang memiliki karunia; Dimana kalian mampu untuk memilih keduanya; Setiap manusia berhak memilih apa yang dia inginkan. Kemudian Allah menjelaskan bahwa nampak amalan-amalan kalian yang iman dan kufur, dan Allah akan menjaga setiap hak dari hamba-Nya, dan akan dibalas sesuai dengan amalannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taghabun Ayat 2

Dialah yang menciptakan kamu dalam bentuk yang sebaik-baiknya, lalu di antara kamu ada yang kafir, karena mengikuti hawa nafsu; dan di antara kamu juga ada yang mukmin, karena Allah memberikan petunjuk dan manusia menggunakan akal dan nuraninya. Dan Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan sehingga tidak satu pun perbuatan manusia yang tidak diketahui-Nya. 3. Dia menciptakan langit tujuh lapis dan menciptakan bumi tujuh lapis dengan tujuan yang benar sehingga tidak sia-sia, dia membentuk rupamu dengan tujuan yang baik untuk kemaslahatan kamu, lalu memperbagus rupamu supaya kamu bersyukur dan kepada-Nya tempat kembali dengan dikumpulkan di mahsyar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah berbagai penjabaran dari para mufassirun berkaitan makna dan arti surat At-Taghabun ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi ummat. Sokong syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dikaji

Tersedia berbagai topik yang cukup sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Jatsiyah, Al-Anfal, Al-Jumu’ah 10, Al-Insyirah 6, Thaha, An-Nur 26. Termasuk Ali ‘Imran 110, Al-Baqarah 168, Al-Baqarah 152, Al-Ahzab 56, An-Nisa 29, An-Nisa 146.

  1. Al-Jatsiyah
  2. Al-Anfal
  3. Al-Jumu’ah 10
  4. Al-Insyirah 6
  5. Thaha
  6. An-Nur 26
  7. Ali ‘Imran 110
  8. Al-Baqarah 168
  9. Al-Baqarah 152
  10. Al-Ahzab 56
  11. An-Nisa 29
  12. An-Nisa 146

Pencarian: iqro surat apa, surat ke 20 dalam al quran, al kafirun arti, arti an naas, ayat surat al waqiah

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: