Quran Surat Al-Waqi’ah Ayat 8

فَأَصْحَٰبُ ٱلْمَيْمَنَةِ مَآ أَصْحَٰبُ ٱلْمَيْمَنَةِ

Arab-Latin: Fa aṣ-ḥābul-maimanati mā aṣ-ḥābul-maimanah

Terjemah Arti: Yaitu golongan kanan. Alangkah mulianya golongan kanan itu.

Tafsir Quran Surat Al-Waqi’ah Ayat 8

8-9. Ashabul Yamin (golongan kanan) pemilik kedudukan tinggi, betapa agung kedudukan mereka. Dan Ashabusy Syimal (golongan kiri), pemilik kedudukan rendah, betapa buruk keadaan mereka.

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8. Yaitu golongan kanan yang mengambil kitab catatan perbuatan mereka dengan tangan kanan, betapa tinggi dan agung kedudukan mereka.

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

8. فَأَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ مَآ أَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ (Yaitu golongan kanan. Alangkah mulianya golongan kanan itu)
Yakni orang-orang yang digiring menuju surga.
Yakni apa yang terjadi dengan keadaan mereka?

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

8. Golongan kanan yaitu orang-orang yang menerima buku-buku catatan mereka dengan tangan kanan mereka. Mereka adalah penduduk tempat-tempat yang tinggi atas kemenangan itu, mereka mendapatkan surga dan keridhaan Tuhan. {Maa} adalah isim istifham yang digunakan untuk memperingatkan tentang sesuatu yang terjadi, baik keadaannya baik maupun buruk.

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Allah menjelaskan bahwa golongan pertama, yaitu golongan kanan, yang mereka menerima catatan amalannya dengan tangan kanannya, dan kemudian diarahkan ke kanan menuju surga; Maka, urusan apalagi yang lebih besar dari urusan ini, dan urusan mana lagi yang lebih mulia ketimbang urusan ini ?!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

7-9. “Dan kamu” wahai para hamba “menjadi tiga golongan,” maksudnya, kalian terbagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan amalan baik dan buruk kalian. Kemudian Allah menyebutkan secara terperinci tentang keadaan tiga golongan tersebut dengan berfirman, “Yaitu golongan kanan, alangkah mulianya golongan kanan itu” sebagai bentuk pengagungan bagi kedudukan dan keadaan mereka. “Dan golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu,” dan ini menjelaskan betapa mengerikan keadaan mereka.

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ialah mereka yang menerima buku catatan amal dengan tangan kanan.

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

7-10. Dan pada saat kiamat itu kamu, wahai manusia, akan terbagi menjadi tiga golongan. Yaitu golongan kanan; mereka itulah orang yang beriman kepada Allah, melaksanakan perintah-Nya, dan menjauhi larangan-Nya. Alangkah mulianya golongan kanan itu karena mereka akan mendapat karunia yang dia janjikan. Dan yang kedua adalah golongan kiri, yaitu mereka yang ingkar dan berbuat kemaksiatan. Alangkah sengsaranya golongan kiri itu karena mereka akan mendapat hukuman akibat kemungkarannya. Dan yang ketiga adalah orang-orang yang paling dahulu beriman pada dakwah rasulullah. Karena itu, merekalah yang paling dulu masuk surga sebagai balasan atas keimanan dan ketaatannya

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 056. Al-Waqi'ah