Surat Ar-Rahman Ayat 52

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فِيهِمَا مِن كُلِّ فَٰكِهَةٍ زَوْجَانِ

Arab-Latin: Fīhimā ming kulli fākihatin zaujān

Artinya: Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan.

« Ar-Rahman 51Ar-Rahman 53 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Surat Ar-Rahman Ayat 52

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rahman Ayat 52 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan kandungan penting dari ayat ini. Terdapat kumpulan penjelasan dari para ulama tafsir mengenai isi surat Ar-Rahman ayat 52, di antaranya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

52. Di dalam surga tersebut ada segala bentuk buah-buahan yang berpasangan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

52. Di dalam kedua Surga itu ada dua jenis dari setiap buah-buahan yang dinikmati.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

52. فِيهِمَا مِن كُلِّ فٰكِهَةٍ زَوْجَانِ (Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan)
Makna (الزوجان) yakni dua jenis.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52-53. Di dalamnya ada beragam buah-buahan yang dikategorikan menjadi dua yaitu yang basah dan kering. Maka nikmat Tuhan mana yang kalian dustakan?!


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Di dalam keduanya terdapat buah-buahan yang berpasang-pasangan} yang berpasangan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

52-55. “Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan” dari semua macam buah-buahan “yang berpasang-pasangan” yaitu memiliki dua macam, setiap macam buah-buahan tersebut memiliki kelezatan dan warna yang tidak ada pada macam buah-buahan yang lain.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 46-53
Ayat ini bersifat umum, sebagaimana yang dikatakan Ibnu Abbas dan lainnya. Allah SWT berfirman: (Dan bagi orang yang takut saat akan menghadap Tuhannya) yaitu di hadapan Allah SWT pada hari kiamat (dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya) (Surah An-Nazi'at: 40) Dia tidak mengikutkan hawa nafsunya dan tidak memilih kehidupan dunia, dan dia mengetahui bahwa akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Jadi dia menunaikan hal-hal yang difardhukan Allah dan menjauhi hal-hal yang diharamkan baginya, maka baginya pada hari kiamat di sisi Tuhannya ada dua surga. Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Bukhari dari Abu Bakr bin Abdullah bin Qais dari ayahnya bahwa Rasulallah SAW bersabda,”Dua surga yang semua wadah-wadahan dan segala sesuatunya dari perak, dan dua surga yang semua wadah-wadahan dan segala sesuatunya dari emas”
Kemudian Allah SWT menggambarkan sifat kedua surga itu, lalu Allah SWT berfirman: (kedua surga itu mempunyai aneka pepohonan dan buah-buahan)
Qatadah tentang firmanNya: (kedua surga itu mempunyai aneka pepohonan dan buah-buahan) yaitu keluasan, keutamaan, dan keistimewaannya yang melebihi lainnya.
(Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir (50)) yaitu yang mengalir untuk mengairi pohon-pohon dan dahan-dahan itu sehingga dapat membuahkan beragam buah-buahan (Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (51))
Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan (52)) yaitu dari segala macam buah-buahan yang mereka ketahui dan yang terbaik dari apa yang pernah mereka ketahui, serta kenikmatan lainnya yang belum pernah terlihat mata, terdengar telinga, dan terbesit dalam hati seorang manusiapun (Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (53))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rahman ayat 52: Pada kedua surga ini terdapat banyak beraneka macam buah-buahan yang berpasangan, setiap pasangan memiliki perbedaan dalam kelezatannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setiap jenisnya memiliki rasa dan warnanya masing-masing yang tidak dimiliki oleh jenis yang lain.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rahman Ayat 52

52-53. Selain itu, di dalam kedua surga itu terdapat aneka buah-buahan yang berpasang-pasangan. Maka, wahai manusia dan jin, nikmat tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan'52-53


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penafsiran dari para pakar tafsir mengenai makna dan arti surat Ar-Rahman ayat 52 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita bersama. Bantulah usaha kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dibaca

Ada ratusan halaman yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: An-Nahl, Ali ‘Imran 173, Al-Baqarah 255, An-Nahl 97, At-Taubah 103, At-Talaq 3. Termasuk Yusuf 87, Al-Baqarah 156, Al-Kautsar 2, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Luqman 12, Az-Zalzalah 7-8.

  1. An-Nahl
  2. Ali ‘Imran 173
  3. Al-Baqarah 255
  4. An-Nahl 97
  5. At-Taubah 103
  6. At-Talaq 3
  7. Yusuf 87
  8. Al-Baqarah 156
  9. Al-Kautsar 2
  10. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  11. Luqman 12
  12. Az-Zalzalah 7-8

Pencarian: qs an nisa 58, adz dzariyat ayat 55, surat an nur ayat 56, al imran 39, qs 24 ayat 26

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: