Surat Al-Qamar Ayat 44

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَمْ يَقُولُونَ نَحْنُ جَمِيعٌ مُّنتَصِرٌ

Arab-Latin: Am yaqụlụna naḥnu jamī'um muntaṣir

Artinya: Atau apakah mereka mengatakan: "Kami adalah satu golongan yang bersatu yang pasti menang".

« Al-Qamar 43Al-Qamar 45 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Terkait Surat Al-Qamar Ayat 44

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 44 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan mendalam dari ayat ini. Terdapat aneka ragam penjabaran dari beragam ulama mengenai isi surat Al-Qamar ayat 44, antara lain sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bahkan apakah orang-orang kafir Makkah itu berani berkata, “Kami adalah orang-orang yang berakal dan bersikap tegas, kami bersatu, kami adalah kelompok yang menang, siapa yang ingin menimpakan keburukan kepada kami pasti tidak akan sanggup melakukannya?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

44. Bahkan apakah orang-orang kafir dari penduduk Makkah itu berkata, “Kami adalah golongan bersatu yang pasti menang menghadapi orang-orang yang ingin berbuat jahat terhadap kami dan ingin memecah belah kesatuan kami.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

44. أَمْ يَقُولُونَ نَحْنُ جَمِيعٌ مُّنتَصِرٌ (Atau apakah mereka mengatakan: “Kami adalah satu golongan yang bersatu yang pasti menang”)
Yakni pasukan yang tidak mungkin dilawan karena jumlah dan kekuatannya yang besar; atau kami adalah golongan yang tidak mungkin terkalahkan oleh musuh.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

44. Ataukan mereka seolah-olah berkata: “kami adalah kelompok yang bersatu dan akan menang atas musuh-musuh kami, karena jumlah dan kekuatan kami banyak”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Atau apakah mereka mengatakan,“Kami adalah golongan yang pasti menang”} Kami adalah golongan yang bersatu melawan orang yang melawan kami dan kami pasti akan mengalahkan musuh-musuh kami


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

44. Tidak tersisa apa pun pada mereka selain kekuatan yang mereka jadikan penolong, maka Allah memberitahukan bahwa mereka berkata, “Kami adalah satu golongan yang bersatu yang pasti menang.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 41-46
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang Fir'aun dan kaumnya, bahwa sesungguhnya telah datang kepada mereka utusan Allah, yaitu nabi Musa dan saudara laki-lakinya, yaitu nabi Harun dengan membawa kabar gembira jika mereka beriman, dan peringatan jika mereka kafir. Allah menguatkan keduanya dengan mukjizat-mukjizat yang agung dan berbagai macam bukti yang membenarkan kerasulan keduanya. Tetapi mereka semua mendustakannya, maka Allah menghukum mereka dengan hukuman dari Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa, yaitu Allah SWT membinasakan mereka sehingga tidak ada seorangpun dari mereka yang tersisa dan tidak pula jejak-jejak mereka. Kemudian Allah SWT berfirman: (Apakah orang-orang kafirmu) wahai orang-orang musyrik dari kalangan orang-orang kafir Quraisy (lebih baik daripada mereka itu) yaitu daripada orang-orang yang telah disebutkan di antara orang-orang yang telah dibinasakan karena mereka mendustakan para rasul dan kafir kepada kitab-kitab Allah. Apakah kalian lebih baik daripada mereka? (atau apakah kamu telah mempunyai jaminan kebebasan (dari azab) dalam kitab-kitab yang dahulu?) yaitu, apakah kalian mempunyai kebebasan dari Allah bahwa kalian tidak akan mendapatkan azab dan pembalasan?
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang mereka (Atau apakah mereka mengatakan, "Kami adalah satu golongan yang bersatu yang pasti menang” (44) yaitu, mereka meyakini bahwa sebagian dari mereka dapat saling menolong satu sama lain, dan bahwa persatuan mereka dapat melindungi mereka dari orang yang hendak berbuat jahat terhadap mereka. Maka Allah SWT berfirman: (Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang (45)) yaitu persatuan mereka akan tercerai-berai dan mereka dikalahkan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 44: 44-45. Allah mengabarkan mereka orang-orang kafir karena sebab keangkuhan mereka, mereka berkata : Kami semua berada dalam satu kelompok, kami akan saling menolong satu sama lain bagi siapa yang memusuhi kami. Allah mencerai beraikan mereka, dan Allah mengabarkan bahwa seluruh musyrik Mekkah akan ditaklukkan dan dipukul mundur di hadapan kaum muslimin, dan ini adalah apa yang terjadi di perang badar. Sungguh sempurna petolongan Allah atas islam; Dipukul mundur seluruh musuh dan terbunuh dedengkot mereka seperti Abu Jahl dan yang semisal dengannya, dengan ditawan tujuh puluh orang dari mereka, inilah keadaan orang-orang kafir dan keangkuhannya, celaka mereka semua.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 44

Peringatan itu tidak diperhatikan oleh kaum musyrik mekah. Atau mereka mengatakan dengan penuh kesombongan, 'kami ini golongan yang sangat kompak dan selalu bersatu. Kami adalah golongan yang pasti menang dalam menghadapi siapa saja. '45-46. Allah menegasikan keyakinan kaum kafir itu. Golongan itu pasti akan dikalahkan oleh kaum yang beriman dan mereka akan mundur ke belakang sambil berlari pontang-panting. Kekalahan mereka di dunia bukan akhir segalanya karena di akhirat mereka juga akan menerima azab atas kekafirannya. Bahkan, hari kiamat itulah hari paling sulit yang dijanjikan oleh Allah kepada mereka, dan hari kiamat itu lebih dahsyat daripada semua bencana dunia dan lebih pahit karena siksa itu berlanjut tanpa akhir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penafsiran dari banyak ahli ilmu mengenai kandungan dan arti surat Al-Qamar ayat 44 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi ummat. Sokong perjuangan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dikaji

Nikmati berbagai materi yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Yusuf 87, An-Nahl 97, Luqman 12, At-Taubah 103, Al-Kautsar 2. Termasuk An-Nahl, Az-Zalzalah 7-8, At-Talaq 3, Al-Baqarah 156, Ali ‘Imran 173, Al-Baqarah 255.

  1. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  2. Yusuf 87
  3. An-Nahl 97
  4. Luqman 12
  5. At-Taubah 103
  6. Al-Kautsar 2
  7. An-Nahl
  8. Az-Zalzalah 7-8
  9. At-Talaq 3
  10. Al-Baqarah 156
  11. Ali ‘Imran 173
  12. Al-Baqarah 255

Pencarian: asmaul husnah, dalil tentang jujur dan artinya, alquran ada berapa juz, terjemahan surat yasin ayat 82, surat al baqarah tulisan latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: