Surat Al-Qamar Ayat 45

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

سَيُهْزَمُ ٱلْجَمْعُ وَيُوَلُّونَ ٱلدُّبُرَ

Arab-Latin: Sayuhzamul-jam'u wa yuwallụnad-dubur

Artinya: Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang.

« Al-Qamar 44Al-Qamar 46 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Qamar Ayat 45

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 45 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan kumpulan penjabaran dari kalangan mufassirun terkait kandungan surat Al-Qamar ayat 45, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Orang-orang kafir Makkah itu akan kalah oleh orang-orang yang beriman, mereka akan melarikan diri dan memberikan punggung mereka kepada orang-orang beriman. Dan ini telah terjadi dalam Perang Badar.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

45. Kesatuan orang-orang kafir itu akan dikalahkan dan mereka melarikan diri di hadapan orang-orang yang beriman. Dan ini telah terjadi pada perang Badar.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45. سَيُهْزَمُ الْجَمْعُ (Golongan itu pasti akan dikalahkan)
Yakni golongan orang-orang kafir Makkah, atau orang-orang Arab secara umum.

وَيُوَلُّونَ الدُّبُرَ (dan mereka akan mundur ke belakang)
Dan Allah telah menjadikan mereka kalah pada perang Badar dan lari ke belakang, para pemimpin kemusyrikan dan kekafiran terbunuh pada perang tersebut. Walhamdulillah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

45. Pasukan Quraisy yang kuat itu akan ditaklukan sehingga mereka lari karena dikalahkan. Dan Allah telah menaklukkan mereka saat perang Badar. Saat perang Badar, orang-orang Musyrik berkata: {Kami semua akan menang} lalu turunlah ayat: {Sayuhzamul jam’u wa yuwalluunad dubura}


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Golongan itu pasti akan dikalahkan} golongan kafir Mekkah dihadapan golongan orang mukmin {dan mereka berbalik ke belakang} mereka melarikan diri dalam keadaan dikalahkan, hal itu terjadi pada hari perang Badar


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

45. Allah berfirman seraya menjelaskan kelemahan mereka dan mereka akan dikalahkan, “Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang” dan terjadilah seperti yang diberitakan Allah. Allah mengalahkan golongan mereka yang lebih besar dalam peristiwa Badar. Para centeng dan pembesar mereka terbunuh dan mereka pun takluk. Allah memberikan kemenangan untuk Agama, Nabi dan golonganNya yang beriman.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 41-46
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang Fir'aun dan kaumnya, bahwa sesungguhnya telah datang kepada mereka utusan Allah, yaitu nabi Musa dan saudara laki-lakinya, yaitu nabi Harun dengan membawa kabar gembira jika mereka beriman, dan peringatan jika mereka kafir. Allah menguatkan keduanya dengan mukjizat-mukjizat yang agung dan berbagai macam bukti yang membenarkan kerasulan keduanya. Tetapi mereka semua mendustakannya, maka Allah menghukum mereka dengan hukuman dari Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa, yaitu Allah SWT membinasakan mereka sehingga tidak ada seorangpun dari mereka yang tersisa dan tidak pula jejak-jejak mereka. Kemudian Allah SWT berfirman: (Apakah orang-orang kafirmu) wahai orang-orang musyrik dari kalangan orang-orang kafir Quraisy (lebih baik daripada mereka itu) yaitu daripada orang-orang yang telah disebutkan di antara orang-orang yang telah dibinasakan karena mereka mendustakan para rasul dan kafir kepada kitab-kitab Allah. Apakah kalian lebih baik daripada mereka? (atau apakah kamu telah mempunyai jaminan kebebasan (dari azab) dalam kitab-kitab yang dahulu?) yaitu, apakah kalian mempunyai kebebasan dari Allah bahwa kalian tidak akan mendapatkan azab dan pembalasan?
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang mereka (Atau apakah mereka mengatakan, "Kami adalah satu golongan yang bersatu yang pasti menang” (44) yaitu, mereka meyakini bahwa sebagian dari mereka dapat saling menolong satu sama lain, dan bahwa persatuan mereka dapat melindungi mereka dari orang yang hendak berbuat jahat terhadap mereka. Maka Allah SWT berfirman: (Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang (45)) yaitu persatuan mereka akan tercerai-berai dan mereka dikalahkan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 45: 44-45. Allah mengabarkan mereka orang-orang kafir karena sebab keangkuhan mereka, mereka berkata : Kami semua berada dalam satu kelompok, kami akan saling menolong satu sama lain bagi siapa yang memusuhi kami. Allah mencerai beraikan mereka, dan Allah mengabarkan bahwa seluruh musyrik Mekkah akan ditaklukkan dan dipukul mundur di hadapan kaum muslimin, dan ini adalah apa yang terjadi di perang badar. Sungguh sempurna petolongan Allah atas islam; Dipukul mundur seluruh musuh dan terbunuh dedengkot mereka seperti Abu Jahl dan yang semisal dengannya, dengan ditawan tujuh puluh orang dari mereka, inilah keadaan orang-orang kafir dan keangkuhannya, celaka mereka semua.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman menerangkan kelemahan mereka dan bahwa mereka akan kalah.

Ternyata demikian. Mereka kalah dalam perang Badar, tokoh-tokoh mereka mati dalam perang itu, sedangkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabatanya memperoleh kemenangan. Di samping itu, mereka mempunyai waktu yang telah dijanjikan, yaitu hari Kiamat sebagaimana firman Allah Ta’ala di ayat 46, “Bahkan hari Kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan hari Kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 45

45-46. Allah menegasikan keyakinan kaum kafir itu. Golongan itu pasti akan dikalahkan oleh kaum yang beriman dan mereka akan mundur ke belakang sambil berlari pontang-panting. Kekalahan mereka di dunia bukan akhir segalanya karena di akhirat mereka juga akan menerima azab atas kekafirannya. Bahkan, hari kiamat itulah hari paling sulit yang dijanjikan oleh Allah kepada mereka, dan hari kiamat itu lebih dahsyat daripada semua bencana dunia dan lebih pahit karena siksa itu berlanjut tanpa akhir


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penafsiran dari beragam mufassir terhadap makna dan arti surat Al-Qamar ayat 45 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita bersama. Sokong usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dikaji

Telaah banyak halaman yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Ar-Rahman, Al-Kautsar, Al-Mulk, Ayat Kursi, Al-Kahfi, Do’a Sholat Dhuha. Termasuk Asmaul Husna, Al-Waqi’ah, Al-Ikhlas, Yasin, Al-Baqarah, Shad 54.

  1. Ar-Rahman
  2. Al-Kautsar
  3. Al-Mulk
  4. Ayat Kursi
  5. Al-Kahfi
  6. Do’a Sholat Dhuha
  7. Asmaul Husna
  8. Al-Waqi’ah
  9. Al-Ikhlas
  10. Yasin
  11. Al-Baqarah
  12. Shad 54

Pencarian: arti surat al maidah ayat 48, yusuf ayat 4, surah al quraisy, al insyirah ayat 5, surat yusuf untuk ibu hamil ayat 1-16

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: