Daftar Isi > Al-Qamar > Al-Qamar 27

Surat Al-Qamar Ayat 27

إِنَّا مُرْسِلُوا۟ ٱلنَّاقَةِ فِتْنَةً لَّهُمْ فَٱرْتَقِبْهُمْ وَٱصْطَبِرْ

Arab-Latin: Innā mursilun-nāqati fitnatal lahum fartaqib-hum waṣṭabir

Artinya: Sesungguhnya Kami akan mengirimkan unta betina sebagai cobaan bagi mereka, maka tunggulah (tindakan) mereka dan bersabarlah.

« Al-Qamar 26Al-Qamar 28 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Qamar Ayat 27

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 27 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Didapatkan bermacam penjabaran dari kalangan ahli ilmu terkait isi surat Al-Qamar ayat 27, antara lain sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya Kami mengeluarkan seekor unta betina yang mereka minta dari batu sebagai ujian bagi mereka. Maka lihatlah (wahai Shaleh) azab yang menimpa mereka dan bersabarlah dalam berdakwah kepada mereka dan (dalam menghadapi) gangguan mereka terhadapmu.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

27. Sesungguhnya Kami telah mengeluarkan unta betina dari batu dan membangkitkannya sebagai ujian bagi mereka, maka tunggulah -wahai Ṣāleḥ- dan perhatikanlah apa yang akan mereka perbuat dengan unta betina itu dan apa yang akan terjadi pada mereka, dan bersabarlah menghadapi gangguan mereka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

27. إِنَّا مُرْسِلُوا۟ النَّاقَةِ (Sesungguhnya Kami akan mengirimkan unta betina)
Yakni Kami mengeluarkan unta betina itu dari batu sebagaimana yang mereka minta.

فِتْنَةً لَّهُمْ(sebagai cobaan bagi mereka)
Yakni sebagai ujian bagi mereka.

فَارْتَقِبْهُمْ(maka tunggulah (tindakan) mereka)
Yakni tunggu apa yang akan mereka lakukan.

وَاصْطَبِر(dan bersabarlah)
Bersabarlah atas gangguan yang kamu dapatkan dari mereka.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

27. Sesungguhnya kami mengutus dan mengeluarkan unta sebagai mana yang mereka inginkan sebagai bentuk ujian terhadap mereka. Tunggulah mereka dan bersabarlah atas sakit yang diberikan oleh mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya Kami akan mengirimkan} mengeluarkan {unta betina sebagai ujian bagi mereka} ujian bagi mereka {maka tunggulah mereka} maka tunggulah apa yang akan mereka lakukan terhadapnya dan apa yang akan menimpa mereka wahai Shalih {dan bersabarlah} dan bersabarlah atas hal menyakitkan dari mereka kepadamu


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

27. Tidak ada salahnya jika mereka disiksa oleh Allah ketika tindakan mereka yang melampaui batas itu semakin menjadi-jadi. Maka Allah mengirimkan unta yang merupakan binatang ternak terbesar kepada mereka sebagai salah satu tanda kekuasaan Allah dan sebagai nikmat untuk mereka, di mana mereka memeras susu yang mencukupi mereka semua, “sebagai cobaan bagi mereka.” Artinya, sebagai ujian dari Allah untuk mereka, “maka tunggulah (tindakan) mereka dan bersabarlah,” artinya, bersabarlah dalalm menyeru mereka dan tunggulah apakah mereka mau beriman atau tetap kufur?


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 27: Allah mengabarkan bahwasanya Dia akan menguji mereka dengan mengeluarkan unta betina kepada mereka, dan unta tersebut akan menjadi cobaan bagi mereka. Allah memerintah Shalih agar bersabar dalam berdakwah kepada mereka, dan dari celaan mereka dan agar menunggu, apakah mereka akan beriman atau malah kufur, kemudia Shalih menunggu apa yang akan mereka perbuat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Di samping sebagai mukjizat Nabi Shalih dan nikmat untuk mereka, dimana mereka dapat memerah susunya yang mencukupi mereka semua.

Yakni tunggulah apa yang mereka lakukan, atau tunggulah apa yang menimpa mereka, atau tunggulah apakah mereka beriman atau kafir.

Terhadap gangguan mereka dan tetap teruslah berdakwah.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 27

Sesungguhnya kami akan menciptakan dan mengirimkan seekor unta betina sebagai mukjizat yang membuktikan kebenaran nabi saleh dan sebagai cobaan bagi mereka, apakah mereka beriman atau tidak. Maka sesudah kami kirimkan unta itu, tunggulah tindakan mereka kepadanya dan bersabarlah menanti tindakan kami terhadap mereka. 28. Wahai nabi saleh, dan beritahukanlah kepada mereka, yaitu kaum samud, bahwa air sumur yang menjadi sumber minum mereka itu dibagi di antara mereka dengan unta betina itu; setiap orang berhak mendapat giliran minum dan hanya bisa mengambil jatah sesuai giliran tersebut.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah aneka ragam penafsiran dari beragam pakar tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-Qamar ayat 27 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita. Bantu syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: