Surat An-Najm Ayat 58

لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ ٱللَّهِ كَاشِفَةٌ

Arab-Latin: Laisa lahā min dụnillāhi kāsyifah

Artinya: Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah.

« An-Najm 57An-Najm 59 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Terkait Dengan Surat An-Najm Ayat 58

Paragraf di atas merupakan Surat An-Najm Ayat 58 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan kandungan menarik dari ayat ini. Ditemukan kumpulan penjelasan dari beragam pakar tafsir mengenai makna surat An-Najm ayat 58, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

57-58. Hari Kiamat sudah dekat, waktunya tidak lama lagi, tidak ada seorang pun yang dapat menolaknya selain Allah. Dan tidak ada yang mengetahui waktunya kecuali Allah semata.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

58. Tidak ada penahan yang bisa menahannya dan tidak ada yang tahu kejadiannya selain Allah.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

58. لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللهِ كَاشِفَةٌ (Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah)
Yakni tidak ada yang mampu menghilangkan kengerian hari kiamat selain Allah.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

58-59. Tidak ada yang mampu mencegah kejadiannya. Apakah Al-Quran ini mengejutkan keingkaran dan pendustaan kalian padanya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Tidak ada yang akan dapat mengungkapkan selain Allah} orang yang bisa menolak dan menyingkap pengetahuan tentang itu selain Dia


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

58. “Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah,” yaitu ketika kiamat datang dan siksaan yang dijanjikan tiba. Kemudian Allah mengancam mereka yang mengingkari risalah Nabi Muhammad dan mendustakan al-Quran seraya berfirman,


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 56-62
(Orang ini adalah seorang pemberi peringatan) yaitu nabi Muhammad SAW (di antara pemberi-pemberi peringatan yang telah terdahulu) yaitu salah seorang dari mereka, dia diutus sebagaimana mereka diutus, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Katakanlah, "Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul) (Surah Al-Ahqaf: 9)
(Telah dekat terjadinya hari kiamat (57)) yaitu hampir tiba masanya hari kiamat terjadi (Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah (58)) yaitu, jadi tidak ada yang dapat menolaknya selain Allah, dan tidak ada yang dapat mengetahui waktunya kecuali Dia Kemudian Allah SWT berfirman, seraya membantah orang-orang musyrik karena mereka mendengar Al-Qur'an, tetapi berpaling darinya dan meremehkannya (kamu merasa heran) jika pemberitahuan itu benar (dan kamu menertawakan) karena memperolok-olokkan dan mengejek Al-Qur'an (dan tidak menangis?) Sebagaimana yang dilakukan orang-orang yang meyakininya, sebagaimana Allah memberitahukan tentang mereka (Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk (109)) (Surah Al-Isra’)
Firman Allah SWT: (Sedangkan kamu melengahkan (nya) (61)) Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia bekata bahwa makna yang dimaksud adalah menyanyi. Ini menurut dialek orang-orang Yaman. Dikatakan “asmid lana” yaitu menyanyilah untuk kami. Demikian juga dikatakan Ikrimah. Dalam riwayat lain tentang firmanNya: (Sedangkan kamu melengahkan (nya)) yaitu berpaling darinya Kemudian Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada para hambaNya untuk bersujud dan beribadah kepadaNya, mengikuti RasulNya dan mengesakan Tuhan dengan keikhlasan. (Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia) (62)) yaitu tunduklah dan ikhlaslah kepadaNya, serta esakanlah Dia.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Najm ayat 58: 56-58. Ketahuilah wahai manusia bahwasanya Muhammad ﷺ adalah utusan yang diutus Allah sebagaimana diutusnya Nabi yang mereka semua Allah kirimkan untuk manusia. Allah menjelaskan bahwa zaman telah tiba masanya (kiamat), dan tidak ada yang menahannya selain Allah, sebagaimana tidak mengetahui waktu terjadinya satupun di antar manusia.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Najm Ayat 58

57-58. Di antara peringatan nabi Muhammad adalah kepastian akan datangnya hari kiamat yang semakin hari semakin dekat. Sesuatu yang dekat, yaitu hari kiamat, kedatangannya telah makin mendekat dan tidak ada seorang pun yang akan dapat mengungkapkan kapan hari itu tiba, selain Allah yang telah menetapkannya sejak zaman azali. 59-60. Wahai kaum kafir, bila kiamat memang akan datang, maka apakah kamu masih merasa heran terhadap pemberitaan ini, lalu menolak kebenarannya' dan tidak hanya menolaknya, kamu bahkan terus menertawakan berita ini dan tidak menangis sebagaimana orang yang sepenuhnya percaya dan takut karena merasa belum cukup bekal untuk menghadapi hari itu.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penafsiran dari beragam mufassir terkait makna dan arti surat An-Najm ayat 58 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi ummat. Bantulah usaha kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dikaji

Telaah ratusan topik yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, An-Nahl, At-Taubah 103, Az-Zalzalah 7-8, Al-Baqarah 156, An-Nahl 97. Ada pula Al-Kautsar 2, Yusuf 87, Al-Baqarah 255, Luqman 12, Ali ‘Imran 173, At-Talaq 3.

  1. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  2. An-Nahl
  3. At-Taubah 103
  4. Az-Zalzalah 7-8
  5. Al-Baqarah 156
  6. An-Nahl 97
  7. Al-Kautsar 2
  8. Yusuf 87
  9. Al-Baqarah 255
  10. Luqman 12
  11. Ali ‘Imran 173
  12. At-Talaq 3

Pencarian: arti surat al-maidah ayat 2, surah al fatihah dengan artinya, annaba annaba, al nahl ayat 114, al mursalat artinya

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: