Daftar Isi > An-Najm > An-Najm 58

Surat An-Najm Ayat 58

لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ ٱللَّهِ كَاشِفَةٌ

Arab-Latin: Laisa lahā min dụnillāhi kāsyifah

Artinya: Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah.

« An-Najm 57An-Najm 59 »

GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat An-Najm Ayat 58 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat An-Najm Ayat 58 dengan text arab, latin dan artinya. Terdapat berbagai penafsiran dari berbagai mufassirin terkait isi surat An-Najm ayat 58, antara lain sebagaimana termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

57-58. Hari Kiamat sudah dekat, waktunya tidak lama lagi, tidak ada seorang pun yang dapat menolaknya selain Allah. Dan tidak ada yang mengetahui waktunya kecuali Allah semata.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

58. Tidak ada penahan yang bisa menahannya dan tidak ada yang tahu kejadiannya selain Allah.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

58. لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللهِ كَاشِفَةٌ (Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah)
Yakni tidak ada yang mampu menghilangkan kengerian hari kiamat selain Allah.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

58-59. Tidak ada yang mampu mencegah kejadiannya. Apakah Al-Quran ini mengejutkan keingkaran dan pendustaan kalian padanya.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Tidak ada yang akan dapat mengungkapkan selain Allah} orang yang bisa menolak dan menyingkap pengetahuan tentang itu selain Dia


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

58. “Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah,” yaitu ketika kiamat datang dan siksaan yang dijanjikan tiba. Kemudian Allah mengancam mereka yang mengingkari risalah Nabi Muhammad dan mendustakan al-Quran seraya berfirman,


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Najm ayat 58: 56-58. Ketahuilah wahai manusia bahwasanya Muhammad ﷺ adalah utusan yang diutus Allah sebagaimana diutusnya Nabi yang mereka semua Allah kirimkan untuk manusia. Allah menjelaskan bahwa zaman telah tiba masanya (kiamat), dan tidak ada yang menahannya selain Allah, sebagaimana tidak mengetahui waktu terjadinya satupun di antar manusia.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Najm Ayat 58

57-58. Di antara peringatan nabi Muhammad adalah kepastian akan datangnya hari kiamat yang semakin hari semakin dekat. Sesuatu yang dekat, yaitu hari kiamat, kedatangannya telah makin mendekat dan tidak ada seorang pun yang akan dapat mengungkapkan kapan hari itu tiba, selain Allah yang telah menetapkannya sejak zaman azali. 59-60. Wahai kaum kafir, bila kiamat memang akan datang, maka apakah kamu masih merasa heran terhadap pemberitaan ini, lalu menolak kebenarannya' dan tidak hanya menolaknya, kamu bahkan terus menertawakan berita ini dan tidak menangis sebagaimana orang yang sepenuhnya percaya dan takut karena merasa belum cukup bekal untuk menghadapi hari itu.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah bermacam penjabaran dari berbagai ahli tafsir mengenai kandungan dan arti surat An-Najm ayat 58 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi ummat. Support syi'ar kami dengan memberi hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.