Surat An-Najm Ayat 56

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هَٰذَا نَذِيرٌ مِّنَ ٱلنُّذُرِ ٱلْأُولَىٰٓ

Arab-Latin: Hāżā nażīrum minan-nużuril-ụlā

Artinya: Ini (Muhammad) adalah seorang pemberi peringatan di antara pemberi-pemberi peringatan yang terdahulu.

« An-Najm 55An-Najm 57 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Terkait Dengan Surat An-Najm Ayat 56

Paragraf di atas merupakan Surat An-Najm Ayat 56 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah berharga dari ayat ini. Didapati beragam penjabaran dari beragam mufassirun terhadap kandungan surat An-Najm ayat 56, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

56. Ini, Muhammad adalah pemberi peringatan dengan kebenaran yang dengannya para nabi sebelumnya juga memberikan peringatan, dan dia bukan rasul pertama.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

56-58. Al-Qur’an yang didatangkan Nabi Muhammad ini merupakan peringatan bagi kalian agar kalian tidak tertimpa apa yang telah menimpa umat-umat yang mendustakan para rasul dari Tuhan mereka. Telah dekat waktu kedatangan hari kiamat, tidak ada yang dapat mencegahnya kecuali Allah Semata.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

56. Ini adalah seorang Rasul yang diutus kepada kalian dari jenis rasul-rasul yang terdahulu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. هٰذَا نَذِيرٌ مِّنَ النُّذُرِ الْأُولَىٰٓ (Ini (Muhammad) adalah seorang pemberi peringatan di antara pemberi-pemberi peringatan yang terdahulu)
Yakni Muhammad ini adalah seorang Rasul yang diutus kepada kalian sebagaimana para rasul sebelumnya, dia memberi kalian peringatakan seperti para rasul itu memperingatkan kaum mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56. Al-Quran dan Rasul ini adalah pengingat azab Allah sebagaimana rasul-rasul sebelumnya. Sesungguhnya dia memperingatkan kalian sebagaimana rasul-rasul sebelumnya memberi peringatan pada kaumnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Ini adalah salah seorang pemberi peringatan di antara para pemberi peringatan yang terdahulu} Nabi Muhammad ini adalah rasul di antara para rasul yang terdahulu sebelumnya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

56. “Ini (Muhammad) adalah seorang pemberi peringatan di antara pemberi-pemberi peringatan yang telah terdahulu.” Artinya, rasul dari kaum Quraisy marga Hasyim, Muhammad bin Abdullah ini bukan rasul pertama, tapi sebelumnya telah ada para rasul. Mereka sama menyerukan dakwah yang diserukan oleh Muhammad bin Abdullah, lantas mengapa kalian mengingkari risalah yang dibawanya? Bukankah Muhammad bin Abdullah telah datang membawa al-Quran yang tidakl terdapat kebatilan di depan dan di belakangnya, diturunkan dari Allah Yang Mahabijaksana bdan Terpuji? Bukankah Allah telah membinasakan orang yang mendustakan rasul-rasul sebelumnya? Lantas apa kiranya yang bisa menghalangi siksaan untuk orang-orang yang mendustakan Nabi Muhammad, pemimpin para rasul, imam orang-orang yang bertakwa, dan pemimpin penghuni syurga yang wajahnya bercahaya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 56-62
(Orang ini adalah seorang pemberi peringatan) yaitu nabi Muhammad SAW (di antara pemberi-pemberi peringatan yang telah terdahulu) yaitu salah seorang dari mereka, dia diutus sebagaimana mereka diutus, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Katakanlah, "Aku bukanlah rasul yang pertama di antara rasul-rasul) (Surah Al-Ahqaf: 9)
(Telah dekat terjadinya hari kiamat (57)) yaitu hampir tiba masanya hari kiamat terjadi (Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah (58)) yaitu, jadi tidak ada yang dapat menolaknya selain Allah, dan tidak ada yang dapat mengetahui waktunya kecuali Dia Kemudian Allah SWT berfirman, seraya membantah orang-orang musyrik karena mereka mendengar Al-Qur'an, tetapi berpaling darinya dan meremehkannya (kamu merasa heran) jika pemberitahuan itu benar (dan kamu menertawakan) karena memperolok-olokkan dan mengejek Al-Qur'an (dan tidak menangis?) Sebagaimana yang dilakukan orang-orang yang meyakininya, sebagaimana Allah memberitahukan tentang mereka (Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk (109)) (Surah Al-Isra’)
Firman Allah SWT: (Sedangkan kamu melengahkan (nya) (61)) Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia bekata bahwa makna yang dimaksud adalah menyanyi. Ini menurut dialek orang-orang Yaman. Dikatakan “asmid lana” yaitu menyanyilah untuk kami. Demikian juga dikatakan Ikrimah. Dalam riwayat lain tentang firmanNya: (Sedangkan kamu melengahkan (nya)) yaitu berpaling darinya Kemudian Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada para hambaNya untuk bersujud dan beribadah kepadaNya, mengikuti RasulNya dan mengesakan Tuhan dengan keikhlasan. (Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia) (62)) yaitu tunduklah dan ikhlaslah kepadaNya, serta esakanlah Dia.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Najm ayat 56: 56-58. Ketahuilah wahai manusia bahwasanya Muhammad ﷺ adalah utusan yang diutus Allah sebagaimana diutusnya Nabi yang mereka semua Allah kirimkan untuk manusia. Allah menjelaskan bahwa zaman telah tiba masanya (kiamat), dan tidak ada yang menahannya selain Allah, sebagaimana tidak mengetahui waktu terjadinya satupun di antar manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bukanlah rasul yang baru, bahkan sebelumnya telah didahului oleh rasul-rasul, dimana dakwah mereka sama seperti yang didakwahkan Beliau. Oleh karena itu, atas dasar apa kamu mengingkari risalahnya dan menolak dakwahnya? Bukankah akhlaknya adalah akhlak yang paling mulia dan bukankah seruannya adalah seruan kepada setiap kebaikan dan larangan terhadap semua keburukan? Bukankah dia telah datang membawa Al Qur’an yang tidak dimasuki kebatilan baik dari depan maupun belakang? Bukankah Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah membinasakan orang-orang yang mendustakan para rasul yang diutus sebelumnya? Dengan demikian, apa yang menghalangi azab turun menimpa orang-orang yang mendustakan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam pemimpin para rasul dan imam orang-orang yang bertakwa?


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Najm Ayat 56

Wahai manusia, nabi Muhammad ini adalah salah seorang pemberi peringatan yang diamanati untuk mengingatkan kamu dan ia termasuk di antara para pemberi peringatan yang telah terdahulu. 57-58. Di antara peringatan nabi Muhammad adalah kepastian akan datangnya hari kiamat yang semakin hari semakin dekat. Sesuatu yang dekat, yaitu hari kiamat, kedatangannya telah makin mendekat dan tidak ada seorang pun yang akan dapat mengungkapkan kapan hari itu tiba, selain Allah yang telah menetapkannya sejak zaman azali.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari para mufassirun berkaitan isi dan arti surat An-Najm ayat 56 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Dukunglah dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Banyak Dikunjungi

Kami memiliki ratusan topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: An-Nahl, At-Talaq 3, Al-Baqarah 255, Al-Kautsar 2, Yusuf 87, Az-Zalzalah 7-8. Ada juga Ali ‘Imran 173, An-Nahl 97, Luqman 12, Al-Baqarah 156, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 103.

  1. An-Nahl
  2. At-Talaq 3
  3. Al-Baqarah 255
  4. Al-Kautsar 2
  5. Yusuf 87
  6. Az-Zalzalah 7-8
  7. Ali ‘Imran 173
  8. An-Nahl 97
  9. Luqman 12
  10. Al-Baqarah 156
  11. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  12. At-Taubah 103

Pencarian: surah al-kafirun beserta artinya, arti surat al zalzalah ayat 1, surat al maidah ayat 3 artinya, surah al jin untuk membuka mata batin, quran surat al infitar

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: