Surat An-Najm Ayat 25

فَلِلَّهِ ٱلْءَاخِرَةُ وَٱلْأُولَىٰ

Arab-Latin: Fa lillāhil-ākhiratu wal-ụlā

Terjemah Arti: (Tidak), maka hanya bagi Allah kehidupan akhirat dan kehidupan dunia.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat An-Najm Ayat 25

Didapatkan kumpulan penafsiran dari banyak ahli ilmu mengenai kandungan surat An-Najm ayat 25, di antaranya seperti di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

24-25. Manusia tidak mendapat apa yang diangan-angankannya, yaitu syafaat dari tuhan-tuhan batil atau lainnya yang diinginkan oleh hawa nafsunya. Hanya milik Allah-lah urusan dunia dan akhirat.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

25. Tidak, mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, karena hanya milik Allah sajalah Akhirat dan dunia. Dia memberikan dari keduanya apa yang dikehendaki-Nya dan menahan dari keduanya apa yang dikehendaki-Nya.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

25. فَلِلّٰهِ الْاٰخِرَةُ وَالْأُولَىٰ (maka hanya bagi Allah kehidupan akhirat dan kehidupan dunia)
Yakni berhala-berhala mereka tidak dapat ikut campur dalam urusan dunia maupun akhirat mereka.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

25. Allahlah Dzat yang Maha Merajai Akhirat dan dunia, Dzat yang Maha Bijaksana dalam mengatur keduanya. Tidak ada satupun berhala atau semacamnya yang memiliki kekuasaan atas perkara dunia dan akhirat


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

24-25. Meski demikian, mereka tetap berangan-angan dan menipu diri mereka sendiri. Karena itulah Allah mengingkari dugaan mereka yang mengira angan-angan itu akan dicapai, mereka berdusta dalam hal ini, Allah berfirman, “Atau apakah manusia akan mendapat segala yang dicita-citakanNya? (Tidak), maka hanya bagi Allah kehidupan akhirat dan kehidupan dunia.” Allah memberikan sebagian jatah dunia dan akhirat pada orang yang dikehendaki dan mencegahnya dari orang yang dikehendaki. Tidak berdasarkan angan-angan dan hawa nafsu mereka.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Najm ayat 25: 24-25. Apakah manusia yang kafir menyangkan bahwa mereka akan mendapatkan angan-angan dan segala sesuatu yang mereka inginkan ?! Dengan hanya angan-angan belaka ?! Dan di antara angan-angan orang musyrik bahwa mereka menyangkan bahwa tuhan-tuhan mereka yang bathil akan memberikan sesuatu kepada mereka. Sekali-kali tidak, karena segala sesuatunya hanyalah ada di tangan Allah semata. Allah memiliki urusan akhirat yang lebih utama, Allah mencintai manusia sesuai keinginan-Nya, dengan rahmat dan karunia-Nya, dan menahan segala sesuatu sesuai kehendak-Nya dengan hikmat dan sifat adil.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dia akan memberikan sesuai yang Dia kehendaki dan akan menghalangi sesuai yang Dia kehendaki. Keadaannya tidak mengikuti apa yang mereka angan-angankan itu dan tidak mengikuti keinginan mereka. Hal itu, karena tidak ada yang terjadi di dunia dan akhirat kecuali apa yang dikehendaki-Nya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Najm Ayat 25

24-25. Kaum musyrik mestinya menerima petunjuk Allah dan mendapatkan keselamatan atau apakah manusia yang musyrik itu akan mendapat segala yang dicita-citakannya, yaitu yang terkait dengan harta, kedudukan, dan kesenangan hidup? Tidak! Mereka hanya makhluk yang telah ditetapkan oleh Allah, maka sesungguhnya milik Allahlah kehidupan akhirat yang abadi dan kehidupan dunia yang fana.26. Berapa banyak manusia dengan kemampuan luar biasa nyatanya tidak dapat menggapai keinginannya, dan berapa banyak pula malaikat yang suci dan berkedudukan mulia di langit, tetapi syafa'at dan pertolongan mereka sedikit pun tidak berguna bagi makhluk lain, kecuali apabila Allah Yang Mahakuasa telah mengizinkan mereka untuk memberi syafa'at bagi siapa yang Dia kehendaki dan Dia ridai karena amal saleh dan keta'atannya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah beragam penjabaran dari kalangan ulama tafsir mengenai isi surat An-Najm ayat 25, semoga bermanfaat untuk kita bersama. Sokong syi'ar kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: An-Najm Ayat 26 Arab-Latin, An-Najm Ayat 27 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti An-Najm Ayat 28, Terjemahan Tafsir An-Najm Ayat 29, Isi Kandungan An-Najm Ayat 30, Makna An-Najm Ayat 31

Terkait: « | »

Kategori: 053. An-Najm

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates