Surat At-Tur Ayat 45

فَذَرْهُمْ حَتَّىٰ يُلَٰقُوا۟ يَوْمَهُمُ ٱلَّذِى فِيهِ يُصْعَقُونَ

Arab-Latin: Fażar-hum ḥattā yulāqụ yaumahumullażī fīhi yuṣ'aqụn

Artinya: Maka biarkanlah mereka hingga mereka menemui hari (yang dijanjikan kepada) mereka yang pada hari itu mereka dibinasakan,

« At-Tur 44At-Tur 46 »

Kandungan Berharga Terkait Dengan Surat At-Tur Ayat 45

Paragraf di atas merupakan Surat At-Tur Ayat 45 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan berharga dari ayat ini. Tersedia berbagai penjelasan dari banyak mufassirun berkaitan makna surat At-Tur ayat 45, di antaranya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Tinggalkanlah (wahai Rasul) orang-orang musyrik itu hingga mereka bertemu dengan hari yang pada saat itu mereka dibinasakan, yaitu Hari Kiamat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

45. Maka tinggalkan mereka -wahai Rasul- dalam kebandelan dan pengingkaran mereka sehingga mereka menemui hari saat mereka disiksa, yaitu hari Kiamat.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45. فَذَرْهُمْ حَتَّىٰ يُلٰقُوا۟ يَوْمَهُمُ الَّذِى فِيهِ يُصْعَقُونَ (Maka biarkanlah mereka hingga mereka menemui hari
(yang dijanjikan kepada) mereka yang pada hari itu mereka dibinasakan)
Yakni hari kematian mereka atau hari kiamat.
Makna (الصعقة) yakni kematian yang cepat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

45. Tinggalkanlah mereka wahai Rasulallah dalam kesesatan mereka, sampai mereka mati atau terbunuh dalam peperangan. Ash-Sha’iqu adalah mati karena terbunuh atau dibinasakan dengan cepat


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Biarkanlah mereka} biarkanlah mereka {sehingga mereka menemui hari mereka dimana pada hari itu mereka dibinasakan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

45. Mereka itu tidak memiliki penawar apa pun selain azab dan siksaan, karena itulah Allah berfirman, “Maka biarkanlah mereka hingga mereka menemui hari (yang dijanjikan kepada) mereka yang pada hari itu mereka dibinasakan,” yaitu pada Hari Kiamat, pada hari di mana mereka ditimpa azab yang pedihnya tidak terukur dan tergambarkan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Tur ayat 45: Allah memerintahkan Rasul-Nya ﷺ agar meninggalkan mereka orang-orang musyrik untuk menyeru mereka dan mengurusi mereka, dan agar tidak tersibukkan dengan mereka. Dimana Nabi telah dakwahkan namun mereka tetap di atas kekafiran, sehingga datang hari yang mereka celaka di hari tersebut, dan kemudian mereka akan dibalas pada hari itu atas keburukan mereka, itulah hari kiamat. Ini adalah hiburan bagi Nabi ﷺ, dan bukan maksudnya terdapat larangan untuk mengingatkan dan berdakwah kepada mereka, akan tetapi Allah melarang untuk bersedih atas perlakuan mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu hari Kiamat, dimana pada hari itu mereka ditimpa azab yang besar.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Tur Ayat 45

Karena mereka meremehkan hal itu, maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya, wahai nabi Muhammad, hingga mereka menemui hari jatuhnya ancaman yang dijanjikan kepada mereka. Pada hari itu, hari kiamat, mereka pasti dibinasakan sebagai balasan atas keingkaran mereka. 46. Balasan itu datang pada hari ketika tipu daya yang mereka upayakan tidak berguna sedikit pun bagi mereka, dan pada hari itu mereka juga tidak akan diberi pertolongan.


Itulah kumpulan penjabaran dari banyak pakar tafsir terhadap kandungan dan arti surat At-Tur ayat 45 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita bersama. Dukunglah perjuangan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dicari

Baca ratusan halaman yang banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 255, An-Nahl, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Yusuf 87, At-Talaq 3, Al-Baqarah 156. Ada pula Az-Zalzalah 7-8, Al-Kautsar 2, Luqman 12, At-Taubah 103, An-Nahl 97, Ali ‘Imran 173.

  1. Al-Baqarah 255
  2. An-Nahl
  3. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  4. Yusuf 87
  5. At-Talaq 3
  6. Al-Baqarah 156
  7. Az-Zalzalah 7-8
  8. Al-Kautsar 2
  9. Luqman 12
  10. At-Taubah 103
  11. An-Nahl 97
  12. Ali ‘Imran 173

Pencarian: al zalzalah ayat 4, doa assyifa, abasa ayat, surat al-ashr artinya, surat al-maun dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: