Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Az-Zariyat Ayat 59

فَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا ذَنُوبًا مِثْلَ ذَنُوبِ أَصْحَابِهِمْ فَلَا يَسْتَعْجِلُونِ

Arab-Latin: Fa inna lillażīna ẓalamụ żanụbam miṡla żanụbi aṣ-ḥābihim fa lā yasta'jilụn

Terjemah Arti: Maka sesungguhnya untuk orang-orang zalim ada bagian (siksa) seperti bahagian teman mereka (dahulu); maka janganlah mereka meminta kepada-Ku untuk menyegerakannya.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya orang-orang yang berbuat zhalim dengan pendustaan mereka terhadap rasulullah Muhammad akan mendapatkan bagian dari azab Allah yang akan turun kepada mereka seperti bagian orang-orang yang seperti mereka yang telah mendahului mereka, maka mereka jangan meminta disegerakan azab, sebab ia pasti datang kepada mereka, tidak bisa tidak.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

59. Sesungguhnya orang-orang yang menganiaya diri mereka sendiri dengan mendustakanmu -wahai Rasul- akan mendapatkan bagian dari siksa sebagaimana bagian yang diterima oleh kawan-kawan mereka terdahulu. Siksa itu mempunyai waktu yang sudah ditentukan, maka janganlah mereka meminta kepada-Ku agar siksa mereka disegerakan sebelum masanya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

59. فَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ ذَنُوبًا مِّثْلَ ذَنُوبِ أَصْحٰبِهِمْ (Maka sesungguhnya untuk orang-orang zalim ada bagian (siksa) seperti bahagian teman mereka (dahulu))
Yakni bagian azab seperti bagian orang-orang kafir terdahulu.
Makna (الذنوب) secara bahasa yakni ember yang besar.

فَلَا يَسْتَعْجِلُونِ(maka janganlah mereka meminta kepada-Ku untuk menyegerakannya)
Yakni janganlah mereka meminta-Ku untuk menyegerakan azab bagi mereka, sebab bagian azab mereka pasti mereka dapatkan.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

59. Sesungguhnya bagi orang-orang yang menzalimi diri mereka sendiri dengan kekufuran dan kemaksiatan dari golongan penduduk Mekah dan lainnya itu suatu azab, sebagaimana nasib yang diterima kawan-kawan mereka, yaitu umat-umat terdahulu yang telah dihancurkan sebelumnya. Mereka tidak segera ditimpa azab sebagai bentuk ejekan bahwa sesunggunya azab itu akan diberikan di akhir. Sesungguhnya azab itu pasti datang dan bukan sesuatu yang mustahil.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ketahuilah wahai manusia bahwa mereka yang dzalim pada diri-diri mereka sendiri dengan berbuat kesyirikan dan maksiat, dan mendustakan Muhammad ﷺ akan ditimpakan adzab dari adzab yang ditimpakan kaum sebelum mereka yang kafir. Tidaklah terburu-buru ditimpakan adzab kepada mereka, karena adzab itu akan datang tanpa keraguaan akan hal itu.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

59. “Maka sesungguhnya untuk orang-orang zhalim,” karena mendustakan Nabi Muhammad, mendustakan azab dan siksaan, “ada bagian,” yakni bagian dan andil seperti yang dilakukan oleh teman-teman mereka dari kalangan orang-orang zhalim dan pendusta itu, “maka janganlah mereka meminta kepadaKu menyegerakannya.” Yakni, segera meminta diturunkannya azab, karena sunnatullah terhadap seluruh umat itu sama. Semua orang yang mendustakan dan terus menerus mendustakan tanpa bertaubat dan kembali kepada Allah, maka pasti akan tertimpa azab meski azab itu ditunda sementara waktu.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Dan mendustakan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Dari kalangan orang-orang yang zalim dan mendustakan.

Yakni karena sunnatullah yang berlaku pada semua umat adalah sama, yaitu bahwa setiap orang yang mendustakan dan tetap terus di atasnya tanpa bertobat dan kembali kepada-Nya, maka ia akan ditimpa azab meskipun ditunda sampai waktu tertentu. Oleh karena itulah, pada ayat selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengancam mereka dengan hari Kiamat.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dengan ajaran yang disampaikan para rasul, Allah menegaskan bahwa siapa saja yang ingkar kepada-Nya maka sungguh mereka diancam dengan azab yang pedih. Karena itu, untuk orang-orang yang zalim dan tidak taat pada tuntunan-Nya pasti akan ada bagian azab seperti bagian teman-teman mereka dari generasi terdahulu yang selalu ingkar; maka janganlah mereka yang durhaka itu meminta kepada-ku untuk menyegerakan azab yang merupakan hukuman-Nya. 60. Bila azab Allah datang, maka celakalah orang-orang yang kafir dan mendurhakai-Nya pada hari pembalasan yang telah dijanjikan kepada mereka. Pada saat itu tidak seorang pun dapat menghindarkan diri dari balasan perbuatannya dan tidak ada pula yang dapat menyelamatkannya dari azab tersebut.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Az-Zariyat Ayat 60 Arab-Latin, Surat At-Tur Ayat 1 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat At-Tur Ayat 2, Terjemahan Tafsir Surat At-Tur Ayat 3, Isi Kandungan Surat At-Tur Ayat 4, Makna Surat At-Tur Ayat 5

Category: Surat Az-Zariyat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Tafsir Surah Az Zariyat Surat Al-hujrot Dan Surat Addariat Beserta Artinya