Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Az-Zariyat Ayat 34

مُسَوَّمَةً عِنْدَ رَبِّكَ لِلْمُسْرِفِينَ

Arab-Latin: Musawwamatan 'inda rabbika lil-musrifīn

Terjemah Arti: Yang ditandai di sisi Tuhanmu untuk membinasakan orang-orang yang melampaui batas".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

31-34. Ibrahim berkata kepada para malaikat Allah, “Apa urusan kalian dana pa tugas yang kalian bawa?” mereka menjawab, “Sesungguhnya Allah mengutus kami kepada suatu kaum yang berbuat jahat dengan kekafiran mereka kepada Allah. kami akan menghancurkan mereka dengan tanah liat yang membatu yang ditandai dari Tuhanmu untuk orang-orang yang melebihi batas dalam kedurjanaan dan kedurhakaan itu.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

34.     Yang telah ditandai di sisi Rabbmu -wahai Ibrahim- dikirimkan kepada orang-orang yang melanggar hukum-hukum Allah dan yang melampaui batas dalam kekafiran dan perbuatan maksiat.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

34. مُّسَوَّمَةً (yang ditandai)
Yakni ditandai dengan tanda-tanda yang dikenal. Terdapat pendapat mengatakan bahwa mereka diberi garis hitam dan merah.

عِندَ رَبِّكَ لِلْمُسْرِفِينَ (di sisi Tuhanmu untuk membinasakan orang-orang yang melampaui batas)
Yakni terus menerus dalam kesesatan dan keterlaluan dalam melakukan perbuatan keji.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

34. Diberi tanda di sisi Tuhanmu dengan tanda-tanda yang mengindikasikan azab itu. Tanda yang dikhususkan untuk orang-orang yang perbuatan kejinya melampaui batas

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

33-34. Kemudian para malaikat berkata : Kepentingan kami adalah diutus karena kebodohan mereka dan menimpakan kepada mereka kebinasaan dengan merajam (melampari) batu-batuan dari tanah. Batu ini adalah sebagai pelajaran agar mereka mengenal tanda-tanda kebinasaan mereka, karena sebab kesyirikan dan melanggar ketetapan Allah dengan mengerjakan sesuatu yang menjijikkan, maksiat dan dosa.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

33-34. “Agar kami timpakan kepada mereka batu-batu dari tanah (yang keras), yang ditandai di sisi Rabbmu untuk (membinasakan) orang-orang yang melampaui batas,” yakni, masing-masing batu diberi tanda berupa nama orang yang ditimpakan padanya, karena mereka telah berlebih-lebihan dan melampaui batas, kemudian Ibrahim mendebat tamunya tentang kaum tentang kaum Nabi Luth agar Allah menolak azab mereka, dikatakan kepadanya,
“Hai Ibrahim, tinggalkanlah soal jawab ini, sesungguhnya telah datang ketetapan Tuhanmu, dan sesungguhnya mereka itu akan didatangi azab yang tidak dapat ditolak.”
-Hud:76-

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Batu-batu itu diberi tanda dengan nama orang yang akan dibinasakan. Maka Ibrahim ‘alaihis salam berbicara dengan mereka (para tamu itu) tentang kaum Luth, semoga saja Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengangkat azab dari mereka, lalu mereka meminta Ibrahim ‘alaihis salam agar tidak melanjutkan pembicaraan tentang itu karena keputusan Allah telah datang, dan bahwa mereka akan ditimpa azab yang tidak dapat ditolak.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


32-34. Mendapat pertanyaan dari nabi ibrahim, mereka menjawab, 'sesungguhnya kami diutus kepada kaum nabi lut yang sebagian anggotanya adalah orang yang berdosa dan terang-terangan tanpa malu berbuat homoseksual. Kami datang agar kami menimpa mereka yang berdosa dengan batu-batu dari tanah yang keras, yang sudah ditandai dari tuhanmu yang dipersiapkan untuk membinasakan orang-orang yang melampaui batas ajaran-ajaran Allah. '35-36. Allah mengkhususkan azabnya kepada mereka yang melampaui batas, sehingga orang-orang yang telah beriman tidak akan merasakan azab tersebut. Sebelum azab Allah datang, para malaikat memperingatkan mereka, lalu kami, yakni Allah dan subjek lain yang berperan dalam penyelamatan ini, keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di dalamnya, yakni di negeri kaum lut, itu agar mereka selamat dari bencana yang segera tiba. Maka para malaikat yang kami utus tidak mendapati di dalamnya, yaitu di negeri tersebut, kecuali sebuah rumah saja dari orang-orang muslim yang beriman dan mengikuti ajaran nabi lut.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Az-Zariyat Ayat 35 Arab-Latin, Surat Az-Zariyat Ayat 36 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zariyat Ayat 37, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zariyat Ayat 38, Isi Kandungan Surat Az-Zariyat Ayat 39, Makna Surat Az-Zariyat Ayat 40

Category: Surat Az-Zariyat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Q.s Adzariyat Ayat 34