Surat Al-Hujurat Ayat 1

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىِ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ lā tuqaddimụ baina yadayillāhi wa rasụlihī wattaqullāh, innallāha samī'un 'alīm

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

« Al-Fath 29Al-Hujurat 2 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Berkaitan Surat Al-Hujurat Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hujurat Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam kandungan penting dari ayat ini. Ada aneka ragam penjabaran dari banyak mufassirun terkait isi surat Al-Hujurat ayat 1, antara lain sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya, janganlah kalian memutuskan sebuah perkara mendahului Allah dan RasulNya dalam syariat agama kalian, karena dengan itu kalian terjatuh kedalam tindakan membuat bid’ah. Takutlah kalian kepada Allah dalam perkataan dan perbuatan kalian, jangan sampai menyelisihi Allah dan RasulNya. Sesungguhnya Allah Maha mendengar perkataan-perkataan kalian, Maha mengetahui niat dan perbuatan kalian. Ini merupakan peringatan kepada orang-orang beriman agar tidak melakukan bid’ah dalam agama, atau membuat syariat dalam agama yang tidak Allah izinkan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1-2. Allah memberi petunjuk bagi orang-orang beriman dalam adab berbicara dengan Nabi Muhammad; Allah melarang mereka terburu-buru dalam segala hal ketika berada di hadapan beliau, dan melarang mereka memutuskan perkara agama tanpa ada perintah dari Allah dan Rasulullah, serta memerintahkan mereka untuk bertakwa kepada Allah dengan mentaati perintah dan larangan-Nya. Allah Maha Mendengar segala perkataan dan Maha Mengetahui segala keadaan dan perbuatan.

Allah juga melarang mereka meninggikan suara ketika berbicara dengan Rasulullah melebihi suara beliau, dan melarang mereka mengeraskan suara ketika memanggil beliau seperti kebiasaan mereka memanggil sesama mereka sendiri, maka hendaklah mereka memanggil Rasulullah dengan cara yang sesuai dengan derajat kenabiannya, agar amalan mereka tidak terhapus sedangkan mereka tidak menyadarinya.

Ibnu ‘Asyur berkata: Dengan larangan ini Allah memerintahkan untuk merendahkan suara ketika di hadapan Rasulullah, karena yang dimaksud dari larangan ini bukanlah agar mereka diam tanpa berbicara ketika di hadapannya. (at-Tahrir wa at-Tanwir 26/183).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengikuti apa yang disyariatkan! Janganlah kalian mendahului Allah dan Rasul-Nya dengan ucapan atau perbuatan, dan bertakwalah kepada Allah dengan menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar segala ucapan kalian dan Maha Mengetahui segala perbuatan kalian, tidak ada sedikitpun dari perbuatan kalian yang luput dari-Nya, dan Dia akan membalas kalian karenanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىِ اللهِ وَرَسُولِهِۦ ۖ (Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya)
Yakni janganlah kalian memutuskan suatu perkara tanpa menyertakan Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kalian terburu-buru melakukan itu sedangkan Rasulullah bersama kalian.

وَاتَّقُوا۟ اللهَ ۚ (dan bertakwalah kepada Allah)
Dalam setiap urusan kalian.

إِنَّ اللهَ سَمِيعٌ(Sesungguhnya Allah Maha Mendengar)
Segala suara.

عَلِيمٌ (lagi Maha Mengetahui)
Segala hal.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

1. Wahai orang-orang yang beriman dengan Allah dan rasulNya jangan memutuskan hukum untuk masalah kalian sebelum Allah dan rasulNya menentukan hukum hal itu. Takutlah kepada Allah dalam segala urusan kalian dengan mengerjakan apa yang diperintahNy dan meninggalkan apa yang dilarangNya. Sesungguhnya Allah itu Maha Mendengar ucapan-ucapan kalian dan Maha Mengetahui tindakan-tindakan kalian. Imam Bukhari dan lainnya dari Abdullah bin Zubair berkata: “Seseorang dari Bani Tamim ingin bertemu nabi SAW, lalu Abu Bakar berkata: “Perintahkanlah Al-Qa’qa’ bin Ma’bad” dan Umar berkata:”Jangan tapi perintahlah Aqra’ bin Habis”. Kemudian Abu Bakar berkata: “Kamu hanya ingin berbeda denganku”, lalu Umar berkata: “Aku tidak bermaksud berbeda denganmu” kemudian keduanya saling berdebat sampai-sampai mereka meninggikan suaranya, kemudian Allah menurunkan surah ini”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah mendahului Allah dan RasulNya} janganlah mendahului di depan Allah dan RasulNya dalam perkataan maupun perbuatan {dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1. Allah memerintahkan hamba-hambaNya yang beriman sesuai dengan tuntutan keimanan terhadap Allah dan RasulNya dengan menjalankan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya serta harus berjalan di belakang perintah-perintah Allah dan mengikuti Sunnah Rasulullah dalam semua urusan mereka, agar tidak mendahului Allah dan RasulNya, tidak mengatakan sesuatu pun hingga Allah dan Rasulullah menyatakan, dan tidak memerintah apapun hingga Allah dan rasulullah memerintah. Inilah hakikat etika wajib terhadap Allah dan RasulNya dan itulah alamat kebahagiaan dan keberuntungan seorang hamba. Jika etika tersebut tidak dimiliki oleh seorang hamba, maka dia tidak akan mendapatkan kebahagiaan abadi dan kenikmatan kekal.
Dalam hal ini terdapat larangan keras untuk mendahului perkataan Rasulullah sebelum beliau mengucapkan. Manakala Sunnah Rasululllah telah jelas, maka ia wajib diikuti dan harus didahulukan atas yang lainnya, tidak peduli siapa pun orangnya.
Kemudian Allah memerintahkan untuk takwa secara umum, yaitu sebagaimana yang dikatakan oleh Thalq bin Habib yang berkata, “Takwa itu adalah bahwa anda mengerjakan ketaatn kepada Allah di atas dasar cahaya dari Allah dimana anda hanya berharap pahala balasan Allah, dan bahwa anda meninggalkan kemaksiatan kepada Allah berdasarkan cahaya dari Allah di mana anda takut kepada azabNya.
Dan Firman Allah “Sesungguhnya Allah Maha Mendengar,” yakni, semua jenis suara dan dalam semua waktu sekalipun dalam tempat dana rah yang sama. “lagi Maha Mengetahui,” yakni apa-apa yang zahir dan apa-apa yang bersifat batin, yang telah berlalu maupun yang akan datang, yang wajib secara aqli dan juga yang mustahil dan mubah secara aqli.
Dalam penyebutan dua nama Allah yang mulia ini setelah didahului dengan larangan mendahului Allah dan RasulNya, kemudian perintah untuk bertakwa kepadaNya, Allah mendorong untuk melaksanakan perintah-perintah yang baik tersebut dan juga adab-adab yang bagus, serta ancaman dari lawannya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Melalui ayat-ayat ini Allah SWT mengajarkan etika kepada para hambaNya yang beriman dalam bermuamalah dengan Rasulullah SAW berupa menghormati, memuliakan, dan mengagungkan beliau SAW, maka Allah SWT berfirman: (Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya,1 dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui (1)) yaitu, janganlah kalian tergesa-gesa dalam segala sesuatu di hadapannya, yakni sebelum beliau, bahkan hendaknya kalian mengikuti beliau dalam segala urusan.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya) yaitu janganlah mengatakan hal yang bertentangan dengan kitab Allah dan sunnah.
Mujahid berkata,"Janganlah meminta fatwa kepada Rasulullah SAW tentang suatu perkara, sebelum Allah SWT menyelesaikannya melalui lisannya"
Firman Allah SWT: (Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara Nabi) Ini merupakan etika lainnya dimana Allah mendidik hamba-hambaNya yang beriman agar mereka tidak meninggikan suaranya di hadapan Nabi SAW lebih tinggi daripada suara beliau.
Para ulama berkata bahwa makruh meninggikan suara di hadapan kuburan Nabi SAW sebagaimana hal itu dimakruhkan saat beliau SAW masih hidup. Karena sesungguhnya beliau SAW tetap dimuliakan, baik semasa hidup maupun sesudah wafatnya untuk selamanya. Kemudian Allah SWT melarang orang-orang mukmin berbicara kepada beliau dengan suara keras sebagaimana seseorang berbicara dengan temannya, bahkan dia harus bersikap tenang, menghormati, dan memuliakan beliau saat berbicara. Oleh karena itu Allah berfirman: (dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebagian kamu terhadap sebagian yang lain) Sebagaimana Allah berfirman: (Janganlah kamu jadikan panggilan Rasul di antara kamu seperti panggilan sebagian kamu kepada sebagian (yang lain)) (Surah An-Nur: 63)
Firman Allah: (supaya tidak hapus (pahala) amalanmu, sedangkan kamu tidak menyadari) yaitu sesungguhnya Kami melarang kalian meninggikan suara di hadapan Nabi SAW karena dikhawatirkan beliau akan marah, sehingga Allah juga marah karena kemarahan beliau. Sehingga amal baik orang yang membuatnya marah akan dihapus, dan dia tidak menyadarinya.
Kemudian Allah SWT menganjurkan kepada orang-orang mukmin agar merendahkan suaranya di hadapan Nabi SAW dan Allah mendorong, membimbing, dan menganjurkan mereka untuk melakukannya. Jadi Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya orang-orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah, mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa) yaitu paling tulus dalam melakukannya dan menjadikannya sebagai ahli dan tempat untuk takwa (Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Hujurat ayat 1: Surat ini dimulai dengan petunjuk bagi orang-orang yang beriman untuk memuliakan nabi dengan sebenar-benar pemuliaan karena kedudukan beliau; di mana surat ini dimulai dengan seruan kecintaan agar mereka menjadi orang-orang yang beriman, Allah berkata: Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, janganlah kalian mengerjakan urusan yang tidak diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya, yaitu dari urusan agama dan janganlah kalian mengawali urusan agama tanpa izin dari Allah, berkata Ibnu Abbas: janganlah kalian yaitu ucapan maupun perbuatan kalian mendahului ucapan Allah atau Rasul Nya beserta perbuatannya. Maka jika telah sampai suatu dalil maka wajib orang-orang mukmin tidak mendahulukan pendapat di atas pendapat Nabi. Kemudian Allah memerintahkan hambanya yang beriman untuk takut kepada Allah dalam ucapan mereka, perbuatan dan seluruh keadaan mereka; Karena Allah mendengar apa yang mereka ucapkan, mengetahui gerak-gerik mereka dari perbuatan mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Imam Bukhari meriwayatkan dengan sanadnya yang sampai kepada Ibnu Abi Mulaikah, bahwa Abdullah bin Az Zubair memberitahukan mereka, bahwa ada rombongan orang dari Bani Tamim datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu Abu Bakar berkata, “Angkatlah Qa’qa’ bin Ma’bad bin Zurarah.” Lalu Umar berkata, “Bahkan, angkatlah Aqra’ bin Habis.” Abu Bakar berkata, “Engkau tidak menginginkan selain menyelisihiku.” Umar menjawab, “Aku tidak bermaksud menyelisihimu.” Maka keduanya berbantah-bantahan sampai suaranya keras, kemudian turunlah tentang hal itu ayat, “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya…dst.”

Syaikh As Sa’diy menerangkan, “Ayat ini mengandung adab terhadap Allah Ta’ala dan adab terhadap Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, membesarkan Beliau, menghormatinya dan memuliakannya. Maka Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya yang mukmin sesuatu yang menjadi konsekwensi beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, yaitu mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, dan agar mereka berjalan di belakang perintah Allah sambil mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam semua urusan mereka. Demikian pula agar mereka tidak mendahului Allah dan Rasul-Nya, tidak berkata sampai Beliau berkata, dan tidak memerintahkan sampai Beliau memerintahkan. Inilah hakikat adab yang wajib terhadap Allah dan Rasul-Nya, dan ini merupakan tanda kebahagiaan seorang hamba dan keberuntungannya, dan jika hilang, maka hilanglah kebahagiaan yang abadi dan kenikmatan yang kekal. Dalam ayat ini terdapat larangan yang keras mendahulukan ucapan selain Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam di atas ucapan Beliau. Oleh karena itu, kapan saja jelas sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, maka wajib diikuti dan didahulukan di atas yang lainnya siapa pun dia. Selanjutnya Allah memerintahkan untuk bertakwa kepada-Nya secara umum, yaitu sebagaimana yang dikatakan Thalq bin Habib (tentang takwa), “Kamu mengerjakan ketaatan kepada Allah di atas cahaya dari Allah dan kamu mengharapkan pahala Allah. Demikian pula kamu menjauhi durhaka kepada Allah di atas cahaya dari Allah sambil takut kepada siksaan Allah.”

Maksudnya orang-orang mukmin tidak boleh menetapkan sesuatu hukum, sebelum ada ketetapan dari Allah dan Rasul-Nya.

Yakni semua suara dengan berbagai bahasa.

Baik yang tampak maupun yang tersembunyi, yang berlalu maupun yang baru, yang mesti, mustahil maupun yang mungkin. Disebutkan kedua nama ini “Samii’un ‘Aliim” setelah larangan mendahului Allah dan Rasul-Nya serta perintah bertakwa kepada-Nya adalah untuk mendorong mengerjakan perkara-perkara yang baik, adab yang indah serta menakut-nakuti agar tidak mendurhakai.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hujurat Ayat 1

Pada permulaan surah al-hujur't ini Allah mengajarkan akhlak kepada kaum muslim ketika berhubungan dengan Allah dan rasul-Nya. Wahai orang-orang yang beriman! janganlah kamu mendahului Allah dan rasul-Nya, yakni jangan kamu tergesa-gesa dalam memutuskan suatu perkara sebelum mendapat keputusan Allah dan rasul-Nya, dan bertakwalah kepada Allah dengan melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Sungguh, Allah maha mendengar ucapan kamu, maha mengetahui segala gerak-gerik dan perbuatan kamu. Dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada kaum muslim agar ja-ngan mendahului Allah dan rasul-Nya dalam menetapkan hukum keagamaan atau persoalan duniawi yang menyangkut kehidupan me-reka. Hal ini bertujuan agar keputusan mereka tidak menyalahi syariat islam sehingga menimbulkan kemurkaan Allah. 2. Ayat ini menekankan tata krama yang harus dipatuhi oleh kaum muslim ketika berbicara dengan rasulullah. Wahai orang-orang yang ber-iman! janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara nabi pada saat terjadi percakapan antara kamu dengan beliau, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya suara sebagian kamu terhadap yang lain. Janganlah kamu memanggilnya de-ngan namanya, tetapi panggilah beliau dengan panggilan yang disertai penghormatan dan pengagungan. Apabila kamu tidak berlaku hormat kepada nabi, dikhawatirkan nanti, pahala segala amalmu bisa terhapus sedangkan kamu tidak menyadari.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penjabaran dari para ulama terhadap kandungan dan arti surat Al-Hujurat ayat 1 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita semua. Dukung perjuangan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dikaji

Kaji berbagai topik yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 261, Ar-Rahman 33, Al-Baqarah 285, Al-Anbiya 19, Al-‘Ashr 3, Al-Baqarah 282. Serta Ali Imran 26-27, Al-Ahzab 43, Al-Hujurat 11, An-Najm 39-42, Ar-Ra’d 31, Al-Qalam.

  1. Al-Baqarah 261
  2. Ar-Rahman 33
  3. Al-Baqarah 285
  4. Al-Anbiya 19
  5. Al-‘Ashr 3
  6. Al-Baqarah 282
  7. Ali Imran 26-27
  8. Al-Ahzab 43
  9. Al-Hujurat 11
  10. An-Najm 39-42
  11. Ar-Ra’d 31
  12. Al-Qalam

Pencarian: arti surah al maun ayat 6, watlu alaihim naba, kitabun marqum, tafsir al anfal ayat 2, surat al imran ayat 14 latin dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: