Surat Ad-Dukhan Ayat 30

وَلَقَدْ نَجَّيْنَا بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ مِنَ ٱلْعَذَابِ ٱلْمُهِينِ

Arab-Latin: Wa laqad najjainā banī isrā`īla minal-'ażābil-muhīn

Terjemah Arti: Dan sesungguhnya telah Kami selamatkan Bani Israil dari siksa yang menghinakan,

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 30

Ada beraneka penjelasan dari kalangan pakar tafsir mengenai makna surat Ad-Dukhan ayat 30, misalnya seperti termaktub:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sungguh Kami telah menyelamatkan Bani Israil dari azab yang menghinakan mereka dengan dibunuhnya anak-anak lelaki mereka dan dibiarkannya hidup anak-anak perempuan mereka.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

30. Dan sesungguhnya Kami telah menyelamatkan Bani Israil dari siksa yang menghinakan, yaitu tatkala Fir'aun dan kaumnya membunuh anak-anak lelaki mereka dan membiarkan hidup anak-anak perempuan mereka.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

30-33. Sungguh Kami telah menyelamatkan Bani Israil dari siksaan Fir’aun yang menghinakan. Fir’aun termasuk orang angkuh yang sangat zalim dan kafir.

Sungguh Kami telah memilih Bani Israil -berdasarkan ilmu Kami- di antara manusia lain pada zaman mereka, dan Kami telah memberi mereka berbagai bukti keesaan Allah dan banyak mukjizat sebagai ujian yang jelas bagi mereka.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

30. وَلَقَدْ نَجَّيْنَا بَنِىٓ إِسْرٰٓءِيلَ مِنَ الْعَذَابِ الْمُهِينِ (Dan sesungguhnya telah Kami selamatkan Bani Israil dari siksa yang menghinakan)
Yakni Kami bebaskan mereka dengan kebinasaan musuh mereka dari perbudakan, pembunuhan anak laki-laki, dan pembebanan pekerjaan yang sangat berat.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Kami benar-benar membersihkan Bani Israil dari kehinaan, perbudakan dan membunuh anak-anak, dari sebab kefasikan musuh-musuh mereka.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

30-31. selanjutnya Allah memberikan karunia pada Bani Israil seraya berfirman, “Dan sungguh telah Kami selamatkan Bani Israil dari siksaan yang menghinakan,” yang pernah mereka alami, “dari (azab) Firaun,” karena Firaun menyembelih anak laki-laki mereka dan membiarkan wanita hidup. “Sesungguhnya dia adalah orang yang sombong,” yaitu bersikap tinggi hati di bumi tanpa hak, dan “salah seorang dari orang-orang yang melampaui batas,” yang melanggar hukum-hukum Allah dan berani menerjang larangan-laranganNya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 30: (Dan sesungguhnya telah Kami selamatkan Bani Israel dari siksa yang menghinakan) yakni dari pembunuhan Firaun terhadap anak-anak laki-laki mereka dan perbudakannya terhadap anak-anak perempuan mereka.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberikan nikmat kepada Bani Israil.

Yaitu pembunuhan anak laki-laki dan menjadikan kaum wanita sebagai pelayan.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 30

30-31. Dan dengan penenggelaman fir'aun dan bala tentaranya sesungguhnya telah kami selamatkan bani israil dengan kekuasaan kami dari siksaan yang menghinakan, dari siksaan fir'aun dan bala tentaranya. Sesungguhnya dia itu orang yang sombong terhadap Allah dan manusia, serta termasuk orang-orang yang melampaui batas, yaitu berlebihan dalam melakukan kejahatan dan perbuatan dosa


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah beraneka penjelasan dari beragam ahli tafsir mengenai isi surat Ad-Dukhan ayat 30, moga-moga membawa manfaat bagi kita bersama. Support kemajuan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Ad-Dukhan Ayat 31 Arab-Latin, Ad-Dukhan Ayat 32 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Ad-Dukhan Ayat 33, Terjemahan Tafsir Ad-Dukhan Ayat 34, Isi Kandungan Ad-Dukhan Ayat 35, Makna Ad-Dukhan Ayat 36

Terkait: « | »

Kategori: 044. Ad-Dukhan

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates