Surat Asy-Syura Ayat 31

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمَآ أَنتُم بِمُعْجِزِينَ فِى ٱلْأَرْضِ ۖ وَمَا لَكُم مِّن دُونِ ٱللَّهِ مِن وَلِىٍّ وَلَا نَصِيرٍ

Arab-Latin: Wa mā antum bimu'jizīna fil-arḍ, wa mā lakum min dụnillāhi miw waliyyiw wa lā naṣīr

Artinya: Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah.

« Asy-Syura 30Asy-Syura 32 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Mengenai Surat Asy-Syura Ayat 31

Paragraf di atas merupakan Surat Asy-Syura Ayat 31 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah penting dari ayat ini. Tersedia kumpulan penjabaran dari beragam ahli ilmu mengenai isi surat Asy-Syura ayat 31, misalnya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kalian (wahai umat manusia) tidak dapat melemahkan kuasa Allah atas kalian dan tidak pula mampu menghindarinya. kalian tidak memiliiki penolong selain Allah yang mengurusi urusan-urusan kalian, yang bisa menyampaikan manfaat kepada kalian dan tiada pula pembantu bagi kalian selain Allah yang dapat menolak kemudaratan dari kalian.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

31. Hai para hamba, kalian di bumi tidak akan melemahkan Allah, dan kalian tidak akan dapat lari dari-Nya. kalian tidak memiliki penolong selain Allah yang dapat mengatur urusan kalian, dan menjauhkan kalian dari sesuatu yang dapat menyakiti kalian.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

31. Dan tidaklah kalian mampu untuk menyelamatkan diri dari Rabb kalian jika Dia ingin menghukum kalian, dan tidaklah kalian mempunyai pelindung yang mampu melindungi urusan kalian selain Dia, tidak pula kalian mempunyai penolong yang mampu mengangkat siksa dari diri kalian jika Allah menghendaki untuk menyiksa kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

30. وَمَآ أَصٰبَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ (Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri)
Yakni musibah-musibah yang menimpa kalian apapun itu adalah balasan bagi kalian atas kemaksiatan yang telah kalian lakukan.

وَيَعْفُوا۟ عَن كَثِيرٍ (dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu))
Yakni memaafkan banyak kemaksiatan yang dilakukan oleh hamba-hamba-Nya, maka Allah tidak tercela disebabkan telah menurunkan musibah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

31. Wahai manusia, kalian tidak bisa menghalangi Tuhan untuk menghukum kalian. Maka larilah dariNya di bumi, namun kalian tetap berada dalam genggamanNya. Kalian tidak memiliki pembimbing, pelindung, dan penolong yang mencegah azab yang akan menimpa kalian selain Allah


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kalian tidak dapat melepaskan diri di bumi} melepaskan diri dari Allah dengan lari di bumi {dan kalian tidak mempunyai pelindung atau penolong pun selain Allah


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

31. penangguhan hukuman-hukuman bukanlah karena Allah mengabaikan dan bukan pula karena Allah tidak mampu, sebab “kamu tidak dapat mengalahkan di muka bumi,” maksudnya, (kalian tidak mungkin) mengalahkan kuasa Allah terhadap kalian, melainkan kalianlah yang lemah, tidak berdaya di muka bumi ini, kalian tidak bisa menghindar dari apa yang dilakukan Allah terhadap kalian,”dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung pun selain Allah,” yang bisa melindungi kalian, sehingga kalian mendapat keuntungan-keuntugan darinya “dan tidak pula seorang penolong,” yang dapat menolak marahabaya dari kalian.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 29-31
Firman Allah SWT: (Dan di antara tanda-tanda-Nya) yang menunjukkan atas kebesaran dan kekuasaanNya yang agung serta pengaruhNya yang mengalahkan segalanya (ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang Dia sebarkan pada keduanya) yaitu Dia memenuhi langit dan bumi (berupa makhluk yang melata) Hal ini mencakup malaikat, manusia, jin, dan semua hewan yang beragam bentuk, warna, bahasa, watak, dan jenisnya. Allah SWT telah menyebarkan mereka di seluruh kawasan langit dan bumi (Dan Dia) yaitu dengan semua itu (Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya) yaitu pada hari kiamat, Dia mengumpulkan semuanya dari yang pertama hingga yang terakhir dan semua makhluk di suatu lapangan. Dia membuat mereka mendengar penyeru dan membuat mereka bisa melihat. lalu Allah memutuskan hukum di antara mereka dengan hukumNya yang Maha Adil dan Maha Benar.
Firman Allah: (Dan apa saja musibah yang menimpa kamu, maka disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri) yaitu bagaimanapun kalian ditimpa musibah, wahai manusia, sesungguhnya itu hanyalah karena keburukan yang kalian sudah kalian lakukan (Dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)) yaitu, keburukan-keburukan, maka Dia tidak membalas kalian atas hal itu, bahkan Dia memaafkannya. (Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu makhluk yang melata pun) (Surah Fathir: 45)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Asy-Syura ayat 31: (Dan kalian tidak dapat) hai orang-orang musyrik (melepaskan diri) melarikan diri dari azab Allah (di muka bumi) maksudnya, kalian tidak akan dapat meloloskan diri dan menghindar dari azab-Nya itu (dan kalian tidak memperoleh selain Allah) (seorang pelindung pun dan tidak pula seorang penolong) yang dapat menolak azab Allah dari kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Wahai kaum musyrik.

Yani kamu tidak dapat melemahkan kekuasaan Allah terhadapmu, bahkan kamu semua adalah lemah, dan kamu tidak dapat menolak apa yang Allah tetapkan untukmu.

Sehingga kamu memperoleh manfaat.

Yang menghindarkan bahaya darimu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Asy-Syura Ayat 31

Dan meskipun kamu memiliki kekuatan yang sangat besar, kamu tidak akan dapat melepaskan diri dari siksaan Allah, jika Allah menurunkannya untuk kalian di bumi, dan kamu tidak akan pernah memperoleh pelindung yang dapat melindungi kamu dari azab itu atau penolong yang dapat menolong kamu dari bahaya apa pun yang akan menimpamu selain Allah. 32. Dan di antara tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal yang beraneka macam yang berlayar di laut dengan aneka muatan dan penumpang di dalamnya, bagaikan gunung-gunung yang menjulang tinggi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penjabaran dari banyak mufassirin terkait kandungan dan arti surat Asy-Syura ayat 31 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Support usaha kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Terbanyak Dibaca

Kami memiliki ratusan topik yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: An-Najm 39-42, Al-‘Ashr 3, Ar-Rahman 33, Al-Ahzab 43, Al-Baqarah 282, Al-Baqarah 261. Termasuk Ali Imran 26-27, Al-Hujurat 11, Al-Anbiya 19, Al-Qalam, Al-Baqarah 285, Ar-Ra’d 31.

  1. An-Najm 39-42
  2. Al-‘Ashr 3
  3. Ar-Rahman 33
  4. Al-Ahzab 43
  5. Al-Baqarah 282
  6. Al-Baqarah 261
  7. Ali Imran 26-27
  8. Al-Hujurat 11
  9. Al-Anbiya 19
  10. Al-Qalam
  11. Al-Baqarah 285
  12. Ar-Ra’d 31

Pencarian: surah zukhruf, surah mumtahanah, hadits fitnah lebih kejam dari membunuh, ayat tentang zina pacaran, annas artinya adalah

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: