Quran Surat Al-Mu’min Ayat 81

وَيُرِيكُمْ ءَايَٰتِهِۦ فَأَىَّ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ تُنكِرُونَ

Arab-Latin: Wa yurīkum āyātihī fa ayya āyātillāhi tungkirụn

Terjemah Arti: Dan Dia memperlihatkan kepada kamu tanda-tanda (kekuasaan-Nya); maka tanda-tanda (kekuasaan) Allah yang manakah yang kamu ingkari?

Tafsir Quran Surat Al-Mu’min Ayat 81

Allah juga memperlihatkan kepada kalian bukti-buktiNya yang banyak dan jelas yang menunjukkan Kuasa dan pengaturanNya atas makhlukNya. Lalu tanda kebesaran Allah yang manakah yang kalian ingkari dan tidak kalian akui?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

81. Allah -Subḥānahu- memperlihatkan ayat-ayat-Nya yang menunjukkan kekuasaan dan keesaan-Nya. Ayat Allah yang mana yang tidak kalian akui sesudah tampak bagi kalian bahwa ia adalah ayat-ayat Allah?

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

81. وَيُرِيكُمْ ءَايٰتِهِۦ (Dan Dia memperlihatkan kepada kamu tanda-tanda (kekuasaan-Nya))
Yakni tanda-tanda yang menunjukkan kesempurnaan kuasa-Nya dan keesaan-Nya.

فَأَىَّ ءَايٰتِ اللهِ تُنكِرُونَ(maka tanda-tanda (kekuasaan) Allah yang manakah yang kamu ingkari?)
Sebab ayat-ayat itu sangat jelas dan tidak akan dipungkiri oleh orang yang memiliki mata hati yang sehat jika ia jujur dalam menilai.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

81. Allah menunjukkan kalian dalil-dalil yang menunjukkan pada kesempurnaan dan keesaanNya serta banyaknya rahmatNya. Lalu dalil mana yang akan kalian ingkari? Sesungguhnya karena saking jelasnya, dalil itu tidak bisa diingkari

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

(Dan Dia memperlihatkan kepada kalian tanda-tanda-Nya; maka tanda-tanda Allah yang manakah) yakni tanda-tanda yang menunjukkan kepada keesaan-Nya (yang kalian ingkari?) Istifham atau kata tanya di sini mengandung makna cemoohan. Disebutkan lafal Ayyun dalam bentuk Mudzakkar adalah lebih terkenal daripada bentuk Ta'nitsnya.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Yang menunjukkan keesaan-Nya, nama-nama-Nya dan sifat-Nya. Ini termasuk nikmat terbesar, dimana Dia memperlihatkan ayat-ayat-Nya kepada hamba-hamba-Nya baik yang ada dalam diri mereka dan yang ada di ufuk, serta menyebut nikmat-nikmat-Nya agar mereka mengenal-Nya, mensyukuri-Nya dan mengingat-Nya.

Yakni ayat yang mana di antara ayat-ayat-Nya yang tidak kamu akui, karena telah tetap dalam hatimu bahwa semua ayat dan nikmat berasal dari-Nya, sehingga tidak ada tempat untuk mengingkari dan tidak tempat untuk berpaling, bahkan hal itu mengharuskan orang yang berakal mengerahkan kesungguhannya untuk berusaha menaati-Nya, berkhidmat kepada-Nya serta menyibukkan diri dengan beribadah kepada-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dan dia telah memperlihatkan tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan-Nya kepadamu. Lalu tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah yang mana lagi yang kamu ingkari'' melalui ayat ini diharapkan manusia menyadari keberadaan Allah sebagai tuhan satu-satunya yang layak dipertuhankan, disembah, dan dimintai pertolongan-Nya. 82. Adalah benar bahwa tanda-tanda kebesaran Allah itu terdapat dalam fenomena alam yang terkembang. Namun demikian, tanda-tanda kebesaran Allah itu juga ada dalam sejarah peradaban umat manusia. Ayat-ayat berikut mengajak manusia untuk mengembara di permukaan bumi menyaksikan jejak sejarah dari umat terdahulu yang berpaling dari jalan kebenaran. Allah berfirman, 'maka apakah mereka orang-orang musyrik mekah dan generasi mana saja yang membaca firman Allah ini, tidak mengadakan perjalanan dan mengembara di bumi, lalu mereka memperhatikan dengan mata kepala dan mata hati, bagaimana kesudahan orang-orang terdahulu yang hidup sebelum mereka. Mereka umat terdahulu itu lebih banyak hasil pembangunannya dan juga lebih hebat kekuatannya serta lebih banyak peninggalan-peninggalan peradabannya di bumi. Maka, ketahuilah bahwa seluruh apa yang mereka usahakan itu tidak dapat menolong mereka sedikit pun dari kehancuran yang menimpa mereka.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Lainnya: Al-Mu’min Ayat 82 Arab-Latin, Al-Mu’min Ayat 83 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Mu’min Ayat 84, Terjemahan Tafsir Al-Mu’min Ayat 85, Isi Kandungan Fussilat Ayat 1, Makna Fussilat Ayat 2

Terkait: « | »

Kategori: 040. Al-Mu'min