Surat Al-Mu’min Ayat 63

كَذَٰلِكَ يُؤْفَكُ ٱلَّذِينَ كَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ يَجْحَدُونَ

Arab-Latin: Każālika yu`fakullażīna kānụ bi`āyātillāhi yaj-ḥadụn

Terjemah Arti: Seperti demikianlah dipalingkan orang-orang yang selalu mengingkari ayat-ayat Allah.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 63

Didapatkan beragam penafsiran dari beragam pakar tafsir terkait makna surat Al-Mu’min ayat 63, antara lain sebagaimana tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebagaimana kalian (wahai orang-orang kafir Quraisy) mendustakan kebenaran dan berpaling darinya kepada kebatilan, maka seperti itu pula orang-orang yang mengingkari hujjah-hujjah Allah juga dipalingkan dari kebenaran dan keimanan.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

63. Sebagaimana Allah memalingkan mereka dari iman dan ibadah kepada Allah, maka Dia memalingkan siapa yang mengingkari ayat-ayat-Nya yang menunjukkan keesaan-Nya di setiap zaman dan tempat, maka dia tidak terbimbing kepada kebenaran dan tidak tertuntun kepada jalan yang lurus.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

63. Keberpalingan dari kebenaran menuju kebatilan inilah yang menyesatkan seluruh orang yang mendustakan ayat-ayat Allah.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

63. كَذٰلِكَ يُؤْفَكُ الَّذِينَ كَانُوا۟ بِـَٔايٰتِ اللهِ يَجْحَدُونَ (Seperti demikianlah dipalingkan orang-orang yang selalu mengingkari ayat-ayat Allah)
Yakni demikianlah dipalingkan orang-orang yang mengingkari ayat-ayat Allah dan keesaan-Nya dan dipalingkan dari jalan yang lurus.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

63. Seperti itulah kesesatan dan penyimpangan mereka dari menyembah Allah menjadi menyembah berhala. Setiap orang yan menyangkal ayat-ayat dan mukjizat Allah itu dipalingkan. Dia mengingkari keesaan Allah dengan enggan mengikuti jalan yang lurus


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

63. “Seperti demikianlah dipalingkan orang-orang yang selalu mengingkari ayat-ayat Allah”. Yakni, sebagai hukuman atas kekafiran mereka terhadap ayat-ayat Allah dan atas sikap zhalim merreka terhadap rosul-rosulNya, maka mereka dipalingkan dari tauhid dan keikhlasan, sebagaimana difirmankanNya,
“Dan apabila diturunkan suatu surat, maka di antara mereka (orang-orang munafik) ada yang berkata: "Siapakah di antara kamu yang bertambah imannya dengan (turunnya) surat ini?" Adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini menambah imannya, sedang mereka merasa gembira.” (At-Taubah : 127)


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mu’min ayat 63: (Seperti demikianlah dipalingkan) artinya sebagaimana mereka dipalingkan, maka dipalingkan pula (orang-orang yang terhadap ayat-ayat Allah) yakni mukjizat-mukjizat-Nya (mereka ingkar.)


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dari tauhid dan ikhlas sebagai hukuman karena mengingkari ayat-ayat Allah dan melampaui batas terhadap rasul-rasul-Nya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’min Ayat 63

Demikianlah caranya bagaimana orang-orang durhaka yang selalu mengingkari ayat-ayat Allah dipalingkan disebabkan oleh keangkuhan dan kesombongan mereka. 64. Masih dalam kaitan keniscayaan bahwa Allah memang layak untuk disembah, Allah kemudian menegaskannya kembali dalam ayat ini. Allah-lah tuhan yang maha esa dan mahakuasa yang menjadikan bumi pada dasarnya untukmu, wahai manusia, sebagai tempat menetap yang layak untuk kehidupan, dan menjadikan langit sebagai atap tanpa tiang, dan membentukmu dengan bentuk yang sebaik-baiknya lalu memperin-dah rupamu serta memberimu rezeki dari yang baik-baik serta bermanfaat. Demikianlah Allah menciptakan semua itu bagi manusia, dialah yang menjadi tuhanmu, mahasuci Allah, tuhan seluruh alam.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beberapa penjabaran dari banyak mufassirun mengenai makna surat Al-Mu’min ayat 63, semoga berfaidah untuk kita bersama. Bantu perjuangan kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Al-Mu’min Ayat 64 Arab-Latin, Al-Mu’min Ayat 65 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Mu’min Ayat 66, Terjemahan Tafsir Al-Mu’min Ayat 67, Isi Kandungan Al-Mu’min Ayat 68, Makna Al-Mu’min Ayat 69

Terkait: « | »

Kategori: 040. Al-Mu'min

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates