Daftar Isi > Al-Mu'min > Al-Mu’min 54

Surat Al-Mu’min Ayat 54

هُدًى وَذِكْرَىٰ لِأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ

Arab-Latin: Hudaw wa żikrā li`ulil-albāb

Artinya: Untuk menjadi petunjuk dan peringatan bagi orang-orang yang berfikir.

« Al-Mu'min 53Al-Mu'min 55 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Mu’min Ayat 54 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’min Ayat 54 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasikan kumpulan penjelasan dari para mufassirun berkaitan kandungan surat Al-Mu’min ayat 54, misalnya sebagaimana berikut:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

53-54. Sungguh Kami telah memberi Musa Taurat dan mukjizat-mukjizat yang bisa menunjukkan kepada Kebenaran dan Kami menjadikan Bani Israil mewarisi Taurat dari satu generasi ke generasi berikutnya, Taurat itu membimbing ke jalan yang lurus dan nasihat bagi orang-orang yang memiliki akal yang lurus.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

54. Sebagai hidayah ke jalan yang benar, sebagai peringatan bagi orang-orang yang memiliki akal yang lurus.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

54. هُدًى وَذِكْرَىٰ لِأُو۟لِى الْأَلْبٰبِ (untuk menjadi petunjuk dan peringatan bagi orang-orang yang berfikir)
Yakni petunjuk dan peringatan bagi orang-orang yang memiliki akal yang sehat.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

54. Sebagai petunjuk, pembimbing, pengingat dan pelajaran bagi orang-orang yang berakal sehat.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{sebagai petunjuk dan peringatan} peringatan {bagi orang-orang yang berakal sehat} bagi orang-orang yang memiliki akal sehat


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

53-54. setelah Allah menjelaskan apa yang terjadi terhadap nabi Musa dan fir’aun dan akhir kesudahan pengikut fir’aun dan pasukannya, kemudian menjelaskan keputusan umum yang menyeluruh untuknya dan juga untuk para penghuni neraka, maka disini Allah menjelaskan bahwa Dia menguraikan kepada nabi Musa “petunjuk” yaitu, mukijat-mukjizat dan ilmu yang dijadikan petunjuk oleh orang-orang yang mendapat petunjuk, “dan kami wariskan al-kitab kepada bani israil,” maksudnya, kami menjadikannya saling diwarisi di antara mereka dari generasi-kegenarasi, yaitu kitab taurat. Kitab tersebut berisikan petunjuk, yang pada dasarnya adalah ilmu tentang hukum-hukum syar’I dan lain-lain, dan juga anjuran kepada kebajikan dan ancaman dai kejahatan. Hal itu tidak dimiliki oleh setiap orang, ia hanya “bagi orang-oang yang berpikir,”


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mu’min ayat 54: (Untuk menjadi petunjuk) sebagai petunjuk (dan peringatan bagi orang-orang yang berpikir) sebagai peringatan buat orang-orang yang berakal.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Merekalah yang dapat mengambil petunjuk darinya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’min Ayat 54

Kitab taurat itu diberikan untuk menjadi petunjuk dalam menempuh jalan supaya tidak tersesat dan juga sebagai peringatan bagi orang-orang yang berpikiran sehat dan mau menerima kebenaran. 55. Demikian pula yang terjadi terhadap nabi Muhammad. Beliau telah dianugerahi kitab serta dijanjikan akan beroleh kemenangan menghadapi orang-orang musyrik mekah. 'maka tetaplah tabah dan bersabarlah kamu, wahai nabi Muhammad, sesungguhnya janji Allah tentang akan beroleh kemenangan itu adalah janji yang benar, dan oleh sebab itu, mohonlah ampun untuk dosamu dan ajaklah para pengikutmu melakukannya serta bertasbihlah menyucikan Allah dari segala bentuk ketidakwajaran seraya memuji keagungan dan kebesaran tuhanmu pada waktu petang dan pagi.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian kumpulan penjabaran dari kalangan mufassirin berkaitan isi dan arti surat Al-Mu’min ayat 54 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita semua. Support usaha kami dengan mencantumkan backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.


Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: